Tanggal:17 June 2024

9 Cara Memainkan Gitar Bagi Pemula

Memainkan gitar memang membuuhkan teknik agar suara yang dihasilkan bisa tune dengan irama musik. Kamu bisa menggunakan gitar untuk memainkan berbagai musik, mulai dari death metal, musik klasik, pop punk, rock, dan genre lainnya. Kunci utama cara memainkan gitar untuk pemula adalah ketekunan dan ketelatenan.

Cara memainkan gitar bagi pemula bisa dimulai dari mengetahui bagaimana posisi gitar yang nyaman. Kemudian mencari tahu apa saja kunci gitar dan letak posisi kuncinya. Kamu juga perlu memahami bagaimana kunci gitar tersebut bisa mengalunkan nada yang indah dan enak didengar.

Untuk bisa memainkan gitar dengan baik, kamu perlu melakukan praktik yang lebih berani. Mulai dari memainkan lagu dengan kunci sederhana, hingga memainkan seluruh bagian lagu dengan baik. Kamu perlu sering melakukan latihan dan mengevaluasi sejauh mana kemampuan dalam bermain gitar. Nah, agar latihan yang kamu lakukan lebih efisien, kamu perlu memperhatikan cara memainkan gitar di bawah ini.

1. Temukan Posisi Paling Nyaman

Cara memainkan gitar bagi pemula bisa dimulai dari memperhatikan posisi gitar yang nyaman. Bagi pemula, kamu bisa memilih memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut, kemudian tahan badan gitar sambil memetik senar gitar.

Jika merasa kurang nyaman, kamu bisa mengganti posisi gitar. Temukan posisi ternyaman dalam memeluk gitar. Jika saat awal berlatih merasa tidak nyaman, ini akan membuatmu tidak fokus saat sedang berlatih memainkan gitar. Berikut adalah cara memainkan gitar bagi pemula dengan menentukan posisi yang nyaman:

  • Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahu.
  • Dekatkan badan ke perut dan dada. Kemudian pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri berbentu V, ibu jari di bagian belakang dan empat jari sisanya di depan.
  • Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kanan, kemudian coba untuk memetik gitar, mulai dengan ritme pelan hingga cepat secara sembarang untuk melatih keseimbangan.
  • Pertahankan posisi ini setiap lima menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Pada awal proses ini mungkin akan terasa menyakitkan, namun jika terbiasa tentunya akan menyenangkan.

2. Ketahui Nada Dasar

Seorang pemula perlu mengetahui bahwa senar gitar tidak bisa langsung menghasilkan suara gitar yang merdu ketika pertama kali dipasang. Kamu perlu mengetahui nada dasar yang seharusnya dihasilkan pada setiap senar pada gitar. Umumnya ada enam buah senar gitar yang masing-masing menghasilkan nada E, B, G, D, A, dan E.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan penyetelan senar gitar agar sesuai dengan nada dasar. Berikut ini adalah cara memainkan gitar bagi pemula dengan melakukan penyetelan senar gitar.

  • Kenali nada dasar yang harusnya dihasilkan oleh setiap senar. Ada enam buah senar gitar yang masing-masing menghasilkan nada E, B, G, D, A, dan E (dimulai dari senar paling bawah).
  • Atur tuner gitar (Putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan nada dasar. Kamu bisa mengencangkan senar gitar untuk nada tinggi, dan kendurkan senar untuk nada yang lebih rendah.
  • Kencang atau kendurnya senar akan berpengaruh terhadap nada yang dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang keluar bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya.
  • Untuk awalan, kamu bisa meminta bantuan temanmu yang mahir untuk mengajarkan bagaimana cara tuning yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi tuner yang di smartphone untuk membantumu melakukan penyetelan senar gitar.

Baca Juga | Sejarah Musik Pop di Indonesia, Siapa The King and Queen Pop of Indonesia?

3. Berlatih Menekan Fret Gitar

Fret adalah bagian dari alat musik gitar yang merupakan sebuah besi melintang pada fingerboard atau fretboard. Umumnya, fret terbuat dari bahan dasar logam. Untuk membunyikan sebuah nada, tekan jari di antara pembatas logam tersebut.

Memainkan fret kedua berarti kamu meletakkan jari pada senar di antara pembatas logam pertama dan kedua. Pastikan jari kamu lebih dekat dengan pembatas logam yang lebih rendah untuk menghindari suara berdengung. Tahan senarnya dengan kuat agar senar hanya bergetar di antara jari dan tangan yang memetik. Tekan senar hanya dengan ujung jari.

Setiap kamu berpindah dari satu fret ke fret lainnya, nada yang dihasilkan akan setengah lebih tinggi jika mengarah ke body gitar. Semakin mendekati kepala gitar, nada yang dihasilkan akan setengah lebih rendah. Berlatihlah memindahkan jari di sepanjang fretboard. Tekan setiap fret dan biasakan diri agar kamu bisa memainkan sebuah nada.

4. Pelajari Kunci atau Chord Gitar

Untuk dapat memainkan gitar, kamu perlu mengetahui kunci-kunci atau chord dasar dalam memetik gitar. Pengetahuan dasar ini wajib diketahui agar memudahkan proses belajar memainkan gitar untuk pemula. Kunci adalah kelompok setidaknya tiga nada yang berbunyi dalam sebuah harmoni. Ada dua jenis kunci dasar yang harus kamu pelajari untuk memulai memainkan gitar, yaitu kunci biasa dan kunci batang.

Kunci biasa bisa dimainkan dengan kombinasi senar yang ditekan serta dibuka (tidak ditekan) pada tiga fret pertama. Kunci-kunci penting yang utama adalah C Mayor, A Mayor, G Mayor, E Mayor, dan D Mayor. Setelah menguasai bentuk-bentuk kunci gitar ini, berlatihlah melakukan transisi secepat mungkin. Selain itu, kamu juga mempelajari posisi jari untuk setiap kunci biasa.

Baca Juga | Sejarah Alat Musik Gambus & Cara Memainkan

5. Belajar Memetik Gitar

Cara memainkan gitar bagi pemula yang selanjutnya adalah memetik senar gitar agar nada yang dimainkan terdengar indah dan merdu. Pada tahap ini, kamu perlu menggunakan lima jari secara nyaman. Letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah untuk senar nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Lakukan secara perlahan untuk bisa memetiknya dengan baik.

Bila kamu mempelajarinya secara rutin, perlahan kamu akan bisa lebih mudah menguasai bagaimana cara memainkan gitar dengan memetiknya dengan benar. Yang terpenting, kamu perlu hafal di mana letak atau posisi jari kamu pada senar.

6. Mempelajari Melodi

Bagi pemula yang sedang berlatih cara bermain gitar petikan untuk pemula, tahap ini merupakan bagian paling sulit. Pada tahap ini kamu perlu mulai belajar melodi dan membaca not. Berikut ini ada 3 langkah cara bermain gitar petikan untuk pemula yang bisa dilakukan:

1. Cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Tabulasi adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kamu dalam belajar melodi.

2. Pahami scale. Ini adalah cara untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu akan mudah menebak melodi pada lagu. Scale yang paling umum dan mudah dipahami adalah pentatonic scale.

3. Jika kamu sudah mengenali tabulasi dan scale, tahap terakhir adalah belajar berimprovisasi. Cara ini membutuhkan perasaan yang bagus, pendengaran, dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kamu bisa melatihnya dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Tahap ini memang lebih rumit dari cara sebelumnya. Proses terpenting dalam cara memainkan gitar bagi pemula bagian melodi adalah perasaan, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga kamu bisa menciptakan harmoni yang indah.

7. Rutin Bermain

Rutin belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar merupakan suatu hal penting yang perlu dilakukan untuk pemula. Pastikan kamu hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar.

Pilih dari yang termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Di tahap cara bermain gitar petikan untuk pemula ini, jangan asal genjreng saja. Usahakan bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Jika cara bermain gitar petikan untuk pemula sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.

Ulangi cara bermain gitar petikan untuk pemula tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika berhasil, jangan langsung terburu-buru memainkan lagu. Berlatihlah terus-menerus selama beberapa waktu agar semakin hafal letak kunci gitar dan jari semakin lihai dalam memainkannya.

8. Belajar Lagu Mudah

Agar tidak bosan ketika sedang praktik cara bermain gitar petikan untuk pemula, pilihlah satu lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Jika Anda kamu menguasai satu lagu, selanjutnya akan lebih mudah memahami dalam bermain gitar.

Mempelajari lagu pertama dalam proses belajar memainkan gitar adalah momen penting bagi gitaris pemula. Sangat menyenangkan untuk bermain bersama dengan lagu yang kamu gemari dan menginspirasi untuk terus belajar lebih banyak.

9. Berlatih Intonasi dan Irama

Pada tahap ini, kamu harus menggunakan perasaan. Tujuannya untuk mengetahui intonasi dan irama petikan gitar dengan tepat. Kunci terpenting ketika melatih intonasi dan irama adalah dengan menggunakan perasaan. Pastikan telinga terbiasa mendengar sebuah irama. Jika berhasil, mulailah untuk mengikuti irama tersebut dengan gitar yang kamu mainkan.

Baca Juga | Penyanyi-Penyanyi Yang Viral Di Tiktok, Siapa Aja?

Cobalah cara bermain gitar petikan untuk pemula dengan bermain lagu yang santai terlebih dahulu, andalkan petikan yang sama dan berulang-ulang. Cobalah sampai lancar dan kemudian pindah ke lagu yang sedikit rock. Di situ perasaan kamu akan di uji.

grammar bahasa inggris
Kursus Grammar Untuk Pemula | Vocasia

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *