Tanggal:17 May 2024

7 Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Paha, Dijamin Ampuh!

Memiliki tubuh yang indah dan juga sehat adalah impian sebagian orang. Oleh karena itu, menerapkan pola hidup yang sehat wajib dilakukan. Untuk memiliki tubuh yang indah tak hanya sekedar menjaga pola makan, melakukan olahraga yang tepat akan membentuk tubuhmu yang sempurna. Sebab salah satu manfaat dari olahraga ialah mengubah lemak menjadi otot.

Banyak sekali jenis olahraga yang perlu kamu lakukan tergantung pada tujuan yang ingin dicapai. Jika kamu merasa tidak nyaman di bagian paha seperti tidak pecaya diri karena terlalu besar dan bergelambir, kamu harus mencoba beberapa gerakan olahraga khusus untuk mengecilkan paha. Simak yuk!

1. Lunges

Gerakan Lunges (Pixabay)

Gerakan peratama yang ampuh untuk mengecilkan paha ialah lunges. Gerakan ini bertujuan untuk mengubah lemak menjadi otot dengan cara berdiri tegak, kemudian langkahkan satu kaki ke depan dan tekuk lutut serendah mungkin. Pastikan lutut mendeketai arah lantai, kemudian kembali pada posisi semula. Lakukan ini sampai 10 kali, lalu ganti dengan kaki sebelahnya.

2. Side Shuffle Switch

Side shuffle switch (Pinterest)

Gerakan selanjutnya ialah side shuffle switch. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan cocok sebagai gerakan pemanasan. Gerakan ini membantu otot paha bagian dalam untuk beralih arah dengan cepat dengan cara berdiri dengan kaki rapat dan lengan di samping badan, lalu berpindah ke arah kanan dengan cepat dalam 3 langkah ke samping, (kanan, kiri, kanan). Lalu, angkat lutut kiri ke atas, dekatkan dengan siku kanan.

Lakukan ke sisi sebaliknya dengan langkah kaki kiri, kanan, kiri, lalu angkat lutut kanan mendekati siku tangan kiri. Ulangi latihan ini 20 kali berturut-turut secepat mungkin dengan sisi yang bergantian.

Baca juga: 10 Gerakan Pemanasan Dasar Sebelum Olahraga Untuk Cegah Cedera

3. Bersepeda

Bersepeda (Pixabay)

Bersepeda bermanfaat untuk menurunkan membakar kalori dan menurunkan berat badan. Berdasarkan data Harvard Health Publishing, bersepeda dengan kecepatan rendah hingga sedang bisa membakar sekitar 280-360 kalori pada orang dewasa dengan berat badan 70 kilogram. Gerakan mengayuh saat bersepeda membuat paha dan betis lebih bergerak aktif. Olahraga ini tentunya membantu mengecilkan pahamu apabila melakukannya secara rutin.

4. Jogging

Jogging (Pixabay)

Jogging atau berlari menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan siapa saja dan juga murah. Kamu hanya perlu memakai pakaian olahraga dan berlari santai di sekitar komplek atau lapangan terdekat. Selain membakar lemak tubuh akibat peningkatan detak jantung dan laju pernapasan, aktivitas jogging rutin bisa membantu kamu mengecilkan bentuk paha. Pasalnya, olahraga kardio ini mengandalkan kekuatan otot kaki.

Berdasarkan penelitian dari Harvard Healt Publishing orang dewasa dengan berat badan 70 kilogram, mampu membakar sekitar 216 kalori setelah berlari santai selama 30 menit. Kamu bisa meningkatkan pembakaran kalori dengan meningkatkan kecepatan dan durasi selama berlari.

Baca juga: 5 Pilihan Bahan Baju Olahraga Super Nyaman Dan Anti Gerah!

5. Squat

Squat (Pixabay)

Gerakan selanjutnya adalah squat. Gerakan ini bertujuan untuk mengencangkan paha, betis, dan juga melatih otot bagian bawah. Cara melakukannya sangat mudah, kamu hanya perlu berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan diluruskan ke depan. Selanjutnya, turunkan pantat hingga posisi seperti duduk mendekati lantai. Tahan posisi ini selama 20 detik, lalu kembalilah ke posisi semula. Ulangi gerakan squat hingga 10 kali.

6. Curtsy Lunge

Cursty Lunge (Pinterest)

Gerakan selanjutnya ialah curtsy lunge. Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak dengan kaki rapat. Kemudian, arahkan kaki kanan jauh ke belakang kaki kiri, lalu tekuk kedua lutut Lakukan gerakan ke arah bawah sambil sedikit loncat untuk menekan paha bagian dalam. Ulangi di sisi kanan selama 10-12 repetisi. Ulangi di sebelah kiri, lalu lakukan set tambahan di setiap sisi.

7. The Single-Leg Circle

The Single-Leg Circle (verywelfit.com)

Gerakan selanjutnya adalah The Single-Leg Circle. Gerakan ini sangat simpel dan bisa dilakukan di tempat tidur. Cara melakukannya ialah berbaringlah di atas matras dengan lengan di samping dan telapak tangan menghadap ke bawah. Mulailah dengan menunjuk dengan kaki kiri, seolah-olah menjangkau dengan jari-jari kaki ke arah langit-langit, dan putar sedikit kaki ke bagian luar.

Tarik napas, dan buat lingkaran di langit-langit dengan kaki kiri. Lalu gerakkan seluruh kaki, tetapi jaga pinggul tetap diam. Jangan angkat pinggul kiri dari lantai. Kemudian lakukan gerakan melingkar di langit-langit sebanyak 5 kali searah jarum jam. Ulangi dengan gerakan berlawanan arah jarum jam. Ganti kaki dan ulangi sebanyak 5 kali.

Baca juga: 7+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Bye Perut Buncit!

Nah, itulah gerakan olahraga yang bertujuan untuk mengecilkan paha. Selamat mencoba!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *