Tanggal:29 February 2024

Goal Setting: Definisi dan Cara Mencapainya dalam Pengembangan Karir

Sebuah tujuan adalah sebuah impian yang disertai rencana dan deadline. Dan sebuah impian hanya akan menjadi halu bila tak bertindak apa-apa. Jika kamu berani memimpikan sesuatu, maka kamu juga harus berjuang untuk mewujudkannya.

Adakala manusia merasa hambar menjalankan hari-harinya, mungkin saja itu salah satu akibat dari tidak memiliki tujuan. Ada kala manusia juga takut jika impian nya tidak tercapai, mungkin saja itu terjadi karna belum melakukan apa-apa.

Melakukan sesuatu yang mendekatkan dirimu kepada impianmu, menjadikan hidupmu terasa lebih bemakna. Meskipun harus mengorban banyak hal, tapi kamu harus yakin itu akan terbayar pada waktunya. Jika kamu memiliki impian dan tujuan, ada hal terpenting yang harus kamu terapkan untuk mewujudkanya, yaitu goal setting.

Goals setting adalah sebuah proses dalam mengambil langkah yang bertujuan untuk mencapai hasil sesuai keinginan. Adanya target membuat kamu menjadi tahu bagaimana kinerja yang diinginkan terutama dalam dunia kerja. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai goal setting kamu bisa simak penjelasan berikut:

Apa Itu Goal Setting ?

Menurut seorang ilmuwan bernama Edwin Locke, goal setting adalah apa yang kamu upayakan untuk dicapai dalam hidup. Goal setting menjadi obyek dan tujuan dari setiap kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari, misalnya kamu punya tujuan karir  tertentu yang ingin kamu capai.

Goal setting memberikan dampak yang besar dalam proses pencapaian tujuan. Jika kamu tidak realistis dan fokus pada tujuanmu, jangan menyesal jika hasilnya tak sesuai harapanmu. Oleh karena itu, kamu perlu menetapkan tujuan yang logis, sesuai realita, dan memiliki perhitungan akurat supaya pencapaiannya bisa terukur.

Seseorang yang memiliki tujuan atau visi dalam hidupnya memiliki kejelasan dari setiap langkah. Termasuk hal ini diterapkan dalam dunia kerja sehingga lebih berprestasi dan hidupnya menjadi berkualitas.

Manfaat Goals Setting

Pixabay

1. Membantumu agar tetap fokus

Ketika kamu tidak memiliki tujuan yang jelas, maka kamu akan sulit untuk menentukan kemana arah tujuanmu. Secara tidak sadar kamu hanya membuang-buang waktu dan energi hanya untuk melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Sebaliknya jika kamu memiliki target, fokus mu akan teralihkan dan melakukan sesuatu yang berguna sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Hal ini juga akan melatih kemampuan dirimu dalam menejemen waktu yang pasti akan berguna kedepannya.

2. Menghindari mimpi yang sementara

Kebanyakan dari kita sering kali memiliki mimpi yang besar, namun ada kalanya secara suka hati kita menggati mimpi itu. Goal setting ini metode yang tepat untuk menghindari hal tersebut. Mengapa demikian? Karena penepatan tujuan akan membantu mu fokus pada suatu yang saat ini penting bagimu dan kamu harus memprioritaskannya.

3. Membantu Meraik Goal yang Lebih Besar

Untuk bisa berada di level 5, kamu harus melewati tantantangan di level 1, 2, 3, hingga 4 terlebih dahulu. Dengan menentukan tujuanmu, kamu bisa melangkah lebih dekat dengan mimpi besarmu. Misalnya, impianmu adalah masuk universitas terbaik. Maka, kamu harus membuat yang lebih spesifik seperti “Belajar soal-soal UTBK selama 3 bulan lalu meraih score diatas 500”

4. Mendorongmu untuk melakukan sesuatu

Impianmu hanya akan menjadi halu jika kamu tidak melakukan sesuatu untuk menggapainya. Menentukan tujuan akan memotivasimu kamu untuk menjalankan apa yang telah kamu rencanakan. Ingat, impian itu tidak perlu sempurna, cuma untuk dikerjakan. Progres sekecil apapun itu lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali.

Baca juga: 7 Tips Self Improvement Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Cara Mencapainya

Pixabay

1. Tulislah di buku impianmu

Impian atau cita-cita yang tidak diusahakan untuk diwujudkan akan selamanya hanya menjadi sebuah mimpi belaka. Untuk itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan supaya impian dan keinginan apapun dapat diwujudkan, maka tuliskan impian tersebut di dalam buku harian, jurnal, agenda, ataupun papan tulis yang kamu pasang di dinding kamar sehingga kamu melihatnya setiap hari.

Misalnya saja, kamu ingin mempunyai kendaraan mewah, liburan ke luar negeri, dan rumah impian dalam waktu 5 tahun. Maka tuliskan impian tersebut dengan hati yang mantap. Untuk cara bagaimana mewujudkan impian tersebut, akan kamu ketahui pada langkah selanjutnya. Intinya di tahap ini kamu hanya cukup memikirkan satu impian yang paling utama dan yang paling kamu ingin wujudkan serta kapan waktu impian itu ingin kamu wujudkan.

2. SMART goal

Dalam merencanakan sebuah goal setting, kamu membutuhkan Smart Goal. SMART sendiri merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timebound. Teori tersebut dicetuskan pertama kali oleh George T. Doran di tahun 1981.

S : Spesific yang artinya sangat jelas tentang apa, kapan dan dimana kamu harus mencapai target tersebut. Misalnya kamu ingin naik jabatan maka tentukan secara jelas kapan dan bagaimana caranya.

M : Measurable yaitu dapat diukur dari segi target dengan adanya patokan ukuran realistis. Misalnya ingin gaji Rp7.000.000 dalam satu tahun sudah Rp6.000.000 berarti tahun depan harus dicapai.

A : Attainable yaitu realistis sehingga tidak mustahil untuk dicapai namun juga tidak terlalu mudah. Contoh ingin memiliki tabungan Rp50.000.000 dalam waktu 2 tahun namun saat ini tidak bekerja.

R : Relevant artinya sesuai dengan tujuanmu jangka panjang seperti ingin menjadi karyawan hebat. Bukan malah malas-malasan tidak menyelesaikan pekerjaan sehingga justru sering mendapatkan teguran dari atasan.

T : Timely artinya setiap goals setting yang sudah dibuat haruslah memiliki batas waktunya atau deadline. Dengan deadline membuat kamu menjadi lebih bersemangat sehingga tidak memiliki kebiasaan untuk menunda pekerjaan.

Baca juga: Metode SMART: Langkah Jitu Dalam Menggapai Target

3. Konsisten pada tujuan

Langkah yang terpenting adalah dengan konsisten pada setiap tujuan untuk mencapai mimpimu dalam bekerja. Perlu disadari rintangan akan selalu ada baik dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan pekerjaan.

Maka konsisten pada tujuan yang akan dicapai menjadi pegangan kuat agar lebih teguh dalam perjalanan waktu. Butuh kerja keras, komitmen dan juga kesabaran karena memang tidak mudah untuk mencapai targetnya. Memiliki target, mimpi ataupun tujuan kenapa kamu harus bekerja sangatlah penting agar tidak sekedar mengejar uang. Dengan langkah-langkah pasti membuat goals setting lebih memungkinkan untuk diwujudkan.

4. Meninjau Strategi dan Kemajuan

Jangan pernah berhenti untuk melakukan evaluasi strategi dan juga kemajuan yang sudah kamu peroleh. Mungkin saja, kamu membutuhkan tujuan yang berbeda, perlu menyesuaikan sasaran, dan lain sebagainya. Dengan melacak keberhasilan dan kemajuan, maka kamu akan memperoleh informasi berharga untuk mengetahui apa yang berfungsi dengan baik dan tidak. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengetahui apakah kamu sudah berada di jalur yang tepat atau tidak.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai goal setting. Semoga dengan tulisan ini bisa membantu menggapai tujuan kamu yah.

Baca juga: 7+ Cara Mewujudkan Impian, Yuk Terapkan Dalam Hidup Kamu!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *