Tanggal:08 September 2024

Ikuti Cara dan Tips Ini Untuk Bermain Biola Dengan Benar!

Musik merupakan salah satu seni dan hobi bagi banyak orang. Dengan musik, kamu dapat bernyanyi, menulis musik, hingga memainkan alat musik. Dalam musik, banyak sekali alat-alat yang bisa kamu gunakan, seperti gitar, piano, drum dan masih banyak sekali alat musik yang kamu bisa pakai untuk bermain musik. Kali ini, kita akan membahas alat musik Biola! Kira-kira ada yang tahu alat musik apa itu? 

Biola adalah jenis alat musik yang harus digesek oleh pemainnya. Alat musik biola juga memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda dari satu sama yang lain. Asal dari alat musik yang satu ini pertama kali terlihat di Italia Utara pada abad ke-16. Lalu, terjadi komunikasi di daerah-daerah lainnya melalui jalur sutera. Setelah itu, biola menjadi salah satu alat musik yang sangat unik dan kompleks untuk dipelajari sampai saat ini. Lalu, cara memainkannya yang baik dan benar seperti apa sih? Yuk kita belajar bareng-bareng! 

1. Menyiapkan Biola dan Peralatan Lainnya 

Tips yang nomor 1 ini wajib banget ya kamu lakukan. Hal pertama tentunya kamu harus memiliki biola, jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa meminjam atau membelinya di toko musik. Selain itu, kamu juga harus membeli peralatan-peralatan lainnya seperti penyangga dagu, damar dan sebuah kain. Jika kamu sudah melengkapi semua peralatan tersebut, kamu akan mudah untuk melanjutkan ke tahap-tahap berikutnya. 

Baca Juga | Cara Mahir Bermain Gitar

2. Pastikan Semua Peralatan Sudah Siap 

Pastikan semua alat yang dibutuhkan sudah siap dan berfungsi dengan benar, termasuk biola. Terkadang saja, alat yang sudah siap belum tentu benar dan terdapat kerusakan yang dapat menghambat kamu bermain nantinya. Jadi, jangan lupa untuk periksa alat-alat yang harus disiapkan ya!

3. Menyiapkan Busur Sebelum Digunakan 

Busur menjadi salah satu alat dalam memainkan biola yang sangat penting. Dengan busur, kamu dapat menggesek biola dan mengeluarkan suara yang seharusnya dikeluarkan oleh biola. Pastikan busur kamu dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan. Jangan lupa juga untuk bersihkan busur dan gosok dengan damar sebelum digunakan. Jika kamu sudah melakukan hal-hal tersebut, busur sudah siap untuk digunakan!

4. Atur-lah Nada Biola Anda 

Sekarang, saatnya menjajah biola anda sebelum kamu gunakan. Pastikan biola dalam keadaan baik dan bersih, membersihkan biola agar tidak banyak debu juga ya! Lalu, kamu harus mengatur nada dan senar yang ada dalam biola. Pastikan nada yang ada dalam biola kamu itu berurutan dari rendah ke tinggi, yaitu (G-D-A-E). Kamu tidak harus menyetelnya saat pertama kali, kamu dapat meminta bantuan toko yang kamu pernah biola, atau pergi ke toko terdekat. Jika nada sudah siap dan benar, kamu dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya!

Baca Juga | Alat Musik Melodis Modern, Apa Saja?

5. Menyesuaikan Busur dan Biola Anda Sebelum Digunakan 

Kalau nada sudah kamu setel dengan benar, saatnya menyesuaikan pegangan kamu dalam menggunakan busur dan biola kamu! Pastinya sebelum menggunakan biola, kamu harus menyesuaikan pegangan kamu dan penempatan yang nyaman agar saat sedang berlatih menggunakan biola, kamu tidak merasa ada yang aneh atau ganjal. Pastikan tangan juga tidak tegang dan berada pada posisi yang nyaman. Jika sudah, saatnya mulai bermain!

6. Mulai Menggesek Biola Anda Dengan Busur 

Saatnya untuk mencoba memainkan biola! Perlahan-lahan kamu mulai menggesek biola kamu dengan busur. Mulai mencoba semua nada yang ada agar kamu terlatih dalam nada-nada yang ada. Lalu, mencoba untuk mengulangnya sesering mungkin agar gesekan kamu menjadi lancar dan mendapat rasa yang pas saat memainkannya. 

7. Mencoba Semua Nada dan Not Lainnya 

Selain itu, kamu juga harus mencoba nada-nada dan not lainnya agar kamu mempelajari semua hal yang dapat kamu tahu sebelum belajar ke jenjang berikutnya. Pastikan kamu sudah berhasil menggesek semua nada yang ada dengan baik dan benar agar kamu tidak harus mempelajari hal-hal dasar lagi. 

Baca Juga | Sejarah Alat Musik Gambus

8. Belajar Setiap Hari

Tahap terakhir yang harus kamu lakukan adalah belajar setiap harinya dan merutinkan bermain biola karena latihan dan belajar setiap hari membuat kamu menjadi mahir nantinya. Jika kamu jarang berlatih, akan sulit untuk kamu belajar dan menggunakan biola dengan benar. Jadi, jangan lupa untuk belajar setiap hari ya!

Pastikan kamu belajar serajin mungkin dan lakukan secara berkala agar kamu cepat mahir  bermain biola-nya! Selamat mencoba!

Baca Juga :

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *