Tanggal:19 May 2024

Alat Musik Tehyan, Berikut Sejarahnya!

Di dunia ini, terdapat ratusan hingga ribuan alat musik yang dapat kamu gunakan. Dimulai dari alat musik yang sangat populer dan dasar seperti gitar, piano, drum dan masih banyak lagi, sampai alat-alat musik daerah yang mungkin hanya ada di daerah tersebut, atau juga yang mendunia seperti alat musik angklung. Kamu sendiri sudah pernah mencoba alat musik apa saja? 

Di tanah air sendiri, terdapat banyak sekali alat musik yang dapat kamu temukan di setiap daerahnya. Salah satunya alat musik yang akan kita bahas kali ini, alat musik tehyan. Arti dari kata tehyan adalah alat musik gesek yang terbuat dari bahan kayu jati dengan tabung resonansi yang terbuat dari bahan batok kelapa, serta dilengkapi dengan sebuah senar. Lalu, alat musik tehyan berasal dari mana sih? Yuk kita cek! 

Alat Musik Tehyan. Photo: GenPi.co

Bagi kamu orang betawi, alat musik yang satu ini ternyata merupakan alat musik khas tradisional budaya betawi lho! Seperti yang sudah dijelaskan tadi, alat ini digunakan dengan cara digesek dan bentuknya yang menyerupai rebab atau sokong. Dengan kamu mengeseknya, nantinya akan mengeluarkan suara atau bunyi dari tehyan. 

Seperti alat musik biola, tehyan merupakan alat musik gesek. Suaranya yang akan melengking ini memang sangat mirip dengan biola. Jika kamu pernah atau bisa memainkan alat musik biola, seharusnya tidak akan sulit jika kamu ingin atau mencoba memainkan tehyan, karena teknik memainkannya yaitu dengan digesek, sama seperti biola. 

Kalau keunikkan dari tehyan apa sih? Tentunya bahan dasar dari tehyan itu sendiri. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa tehyan terbuat dari bahan kayu jati dan dengan tabung resonansi yang terbuat dari batok kelapa. Hal tersebut membuatnya alat musik ini sangat unik, serta tehyan juga sering digunakan pada etnis tionghoa yang dimainkan secara bersamaan dengan alat-alat musik lainnya dalam musik orkes gambang. 

Alat Musik Tradisional Khas Betawi, Tehyan
Alat Musik Tradisional Khas Betawi, Tehyan. Photo: InfoPublik

Melanjutkan penjelasan penggunaan tehyan pada musik orkes gambang, alat musik yang satu ini mengeluarkan suara yang sangat melengking, atau nada-nada tinggi layaknya model musik yang membutuhkan nada-nada seperti itu. Alat musik lainnya yang dapat digunakan secara bersamaan dalam musik tanjidor dan gambang keroncong. 

Bentuk dari tehyan dapat kamu lihat bahwa alat musik ini sangat unik dan tradisional. Walaupun bentuknya terlihat sangat sederhana, penggunaannya tidak menutupi untuk musik-musik yang mencakupi dan menggunakan nada-nada tinggi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Warga Jakarta khususnya yang berbudaya betawi, pasti bangga akan alat musik tradisional khas yang satu ini! 

Kamu sudah pernah melihat dan mencoba belum?

Baca Juga :

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *