Tanggal:23 July 2024

Sudah Tahu Istilah-istilah Dalam Olahraga Golf? Berikut Penjelasannya

Golf merupakan olahraga memasukkan bola ke dalam lubang yang sudah ditentukan menggunakan stik (tongkat khusus). Olahraga ini memiliki berbagai istilah yang harus diketahui untuk seorang pemula. Istilah-istilah dalam golf sebagian besar menggunakan bahasa Inggris.

Disamping berlatih dengan serius, ada istilah-istilah dalam golf yang harus kamu tahu. Yuk, simak beberapa istilah-istilah dalam golf yang wajib kamu ketahui berikut ini.

Istilah-istilah dalam Permainan Golf

1. PAR

Istilah pertama yang perlu kamu ketahui adalah PAR. Istilah ini merupakan hasil skor dalam bermain golf yang sudah sesuai dengan peraturan yang sudah diterapkan pada setiap lubang atau hole-nya. Jadi, setiap lubang bola sudah memiliki PAR yang nilainya berbeda-beda. Misal, pada lubang pertama ditetapkan bahwa bola dipukul hanya empat kali. Kemudian jika kamu bisa memukul sesuai ketentuan tersebut disebut PAR.

2. Driving Range

Istilah ini merupakan tempat latihan memukul. Driving range berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh pukulanmu dari mulai satu stik dengan stik selanjutnya. Jadi, driving dapat disimpulkan sebagai tempat berlatih. Driving range yang digunakan juga berbeda-beda, tergantung dari pilihan berlatih mengarahkan atau mengayunkan.

Jika kamu mau berlatih dan membutuhkan instruktur, bisa sewa jasa tersebut per hari. Bahkan, jika kamu mau berlatih secara intensif, kamu bisa memilih jasa per bulan. Biayanya memang tidak murah, namun sesuai jika memang ingin menjadi pemain golf profesional.

3. Birdie

Istilah birdie memiliki pengertian yang hampir sama dengan PAR, yaitu skor dari setiap lubang. Namun, nilainya masih dibawah PAR. Jadi, pemain bisa melakukan pukulan bola hingga masuk ke lubang manapun hanya dengan tiga kali pukulan. Ini berbeda dengan PAR yang memiliki kesempatan empat kali pukulan. Namun, skor birdie terkadang lebih tinggi karena kesempatan pukulan yang lebih sedikit.

4. Driver

Istilah driver merupakan sebutan dari jenis stik yang digunakan ketika pertama kali melakukan pukulan dari atas tee-shot. Fungsinya adalah agar mendapatkan jarak terjauh dari posisi awal setiap lubang menuju green hole atau area lubang. Jika kamu adalah pemula, jarak 200 meter sudah cukup memuaskan.

Namun, jika untuk pemain golf profesional Asia, rata-rata harus mencapai 210 hingga 250 meter. Driver biasanya terdiri dari 1, 2, dan 3m serta masing-masing memiliki jarak yang berbeda-beda.

5. Gross atau Net

Istilah gross atau net dalam golf merupakan akumulasi jumlah pukulan yang sudah dilakukan pemain pada sebuah lubang setelah sebelumnya dikurangi nilai dari handicap. Jadi, nilai ini bisa diartikan sebagai nilai atau jumlah akhir dari semua pukulan yang masuk ke dalam hole atau lubang bola.

Image: Freepik

6. Iron

Istilah iron merupakan salah satu jenis stik golf yang banyak digunakan oleh pemain golf. Ukurannya juga bervariasi, terbagi menjadi jenis, berat, panjang, dan kegunaan. Umumnya, stik golf iron dengan nomor 4 hingga 9 ditambah S dan P menjadi beberapa stik iron set yang banyak dipakai pemain golf. Namun, ada juga merk bridgestone yang mulai dari 5 hingga 9.

Baca juga| Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik, Dan Peraturan

7. Bogey

Hampir sama dengan istilah PAR, istilah bogey digunakan untuk menunjukkan pemain melakukan satu pukulan dan masuk di atas PAR sebuah lubang. Selain itu, istilah bogey skoring ini memiliki nilai sendiri yang perlu kamu pahami. Jadi, sebelum mengikuti turnamen golf, pastikan untuk mempelajari nilai dari bogey dalam pertandingan tersebut. Hal tersebut berguna untuk menghitung poin yang kamu dapat.

8. Putter

Istilah putter merupakan stik khusus untuk bisa memasukkan bola pada area green hole atau area lubang. Stik ini merupakan andalan pada akhir kesempatan di setiap hole. Biasanya seluruh filling untuk bisa memfokuskan bola tepat ke lubang hanya bisa dengan jenis stik putter. Jadi, pukulan ke lubang memiliki pegangan yang keras, namun tetap memiliki kelembutan sesuai dengan jarak serta kesulitan.

9. Putting Shot

Jika putter adalah stik pemukul bola golfnya, istilah putting shot ini jelas berbeda. Istilah ini adalah pukulan yang paling sulit untuk dilakukan ketika berada pada green hole. Jadi, pukulan ini dibantu oleh stik putter. Putter yang digunakan hanya untuk jarak pendek. Ini merupakan pukulan penentu untuk bisa memasukkan bola ke dalam lubang.

10. Tee Shot

Istilah tee shot adalah pukulan pertama atau servis dalam permainan golf. Pukulan ini dilakukan di atas tee box yang disebut juga sebagai tee off. Untuk memukul bola dengan teknik tee shot biasanya menggunakan jenis stik driver atau iron. Kedua stik tersebut akan cocok untuk pukulan bola jarak jauh.

11. Hole

Istilah ini merupakan sebutan untuk lubang dalam permainan golf. Lubang tersebut merupakan area tujuan memasukkan bola. Biasanya hole terletak di dalam green area pada satu round golf. Dalam satu round terdiri dari 18 holes atau lubang bola golf.

12. Fairway Shot

Istilah fairway shot merupakan sebutan untuk jenis pukulan dalam permainan golf. Pukulan satu ini biasanya menggunakan tenaga yang cukup kuat karena posisi bola yang jauh dari hole. Pukulan ini biasanya memerlukan stik golf dengan jenis wedges atau iron. Kamu bisa memilih di antara kedua stik tersebut untuk membantumu memasukkan bola ke dalam hole.

13. Green Area

Istilah selanjutnya adalah green area yang merupakan wilayah pada area hole. Wilayah ini memiliki jenis rumput yang relatif lebih lembut dan tipis dibandingkan wilayah lainnya. Pada green area ini terdapat target lubang yang digunakan untuk memasukkan bola. Green area ini adalah lokasi dimana hole berada dengan jumlah yang sudah sesuai standar.

14. Bunker Shot

Istilah bunker shot merupakan sebutan untuk pukulan yang biasa dilakukan ketika bole mendarat di atas bunker. Stik golf yang bisa digunakan untuk melakukan pukulan ini adalah jenis wedges. Kekuatan pukulannya harus sesuai dengan jarak dari hole terdekat.

Baca juga| Sudah Tahu Penggunaan VAR Sepakbola?

Image: Freepik

15. Club

Istilah ini merupakan sebutan untuk tongkat pemukul khusus atau stik yang digunakan untuk memukul bola golf. Istilah ini memiliki arti yang sama dengan stik golf. Terdapat tiga jenis club dalam permainan golf, yaitu iron, putter, dan, wood.

16. Hosel

Istilah hosel merupakan penyebutan bagian dari stik golf yang menghubungkan tangkai dengan stik golf. 

17. Bunker

Istilah bunker digunakan untuk penyebutan cekungan berisi pasir atau rumput yang berfungsi sebagai rintangan dalam permainan golf. Hampir di setiap hole terdapat rintangan-rintangan berupa bunker yang harus dilewati oleh para pemain golf.

18. Water Hazard

Istilah ini merupakan penyebutan untuk rintangan berupa aliran air atau kolam yang berada di sebuah lapangan golf. Water hazard digunakan untuk memberikan rintangan untuk pemain golf yang dibuat secara sengaja atau bersifat alami.

19. Caddie

Penyebutan caddie digunakan untuk orang-orang yang disewa para pemain golf. Caddie bertugas untuk membantu pemain golf dan membawa stik golf.

20. Fore

Penyebutan fore digunakan untuk sebuah teriakan yang dibuat oleh pemain golf. Pemain golf melakukan fore untuk memperingatkan orang lain ketika ada kemungkinan bola akan mengenai pemain atau penonton lain.

21. Out of Bonds

Istilah out of bonds merupakan penyebutan untuk bola yang berada di luar batas kemampuan pemain golf untuk melakukan pukulan. Istilah ini juga sering disebut sebagai taruhan putih.

22. Knockdown

Ketika bermain golf dengan rintangan berupa pohon, dahan, atau angin, diperlukan pukulan knockdown. Istilah ini digunakan untuk penyebutan pukulan rendah. Biasanya pemain golf akan melakukan knockdown untuk menghindari pohon, ranting, dahan, atau angin yang kuat.

Baca juga| Apa Perbedaan Olimpiade Musim Panas Dan Dingin? Berikut Penjelasannya!

Nah, itu dia beberapa istilah-istilah dalam golf yang harus kamu ketahui. Permainan golf memiliki banyak manfaat karena bisa membuat tubuh menjadi rileks. Ditambah lagi paparan sinar matahari di lapangan yang dapat menyehatkan tulang. Ketika menekuni permainan golf, pastikan kamu mengetahui dan memahami istilah-istilah didalamnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *