Tanggal:21 July 2024

Tertarik dengan Golf? Berikut Tips Memilih Seragam Golf!

Permainan golf dinilai sebagai salah satu olahraga elegan. Oleh karena itu, pemain golf tidak pernah sembarangan dalam memilih kostum untuk bermain. Bahkan pada beberapa tempat golf memiliki aturan atau syarat berpakaian yang wajib diikuti pemain. Selain mengikuti aturan, kamu juga harus memperhatikan tips memilih seragam golf agar tampil lebih percaya diri. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai tips memilih seragam golf yang perlu kamu ketahui.

Tips Memilih Pakaian Golf

1. Pilih Bahan yang Tepat

Pemilihan bahan pakaian sangat penting agar kamu dapat lebih nyaman ketika bermain golf. Dalam hal ini banyak pilihan yang bisa kamu cermati, mulai dari katun, polyester, spandex, hingga nilon. Bahan katun memiliki keunggulan yaitu sangat ramah pada kulit manusia, sehingga kamu akan nyaman ketika menggunakannya.

Bahan polyester memiliki keunggulan tidak mudah lengket pada kulit manusia meski sudah basah kuyup oleh keringat. Sementara itu, bahan spandex memiliki keunggulan dapat merenggang hingga 5 kali dari ukuran aslinya, sehingga tidak akan membuat anda sesak ketika digunakan. Bahan nilon memiliki keunggulan dalam perawatannya yang mudah. Namun, masing-masing tentu memiliki kelemahannya, jadi sebaiknya pilihlah bahan kombinasi.

2. Pilih Warna yang Cerah

Ketika bermain golf, disarankan untuk memilih pakaian dengan warna cerah. Gunakan warna cerah seperti putih, merah, biru muda, kuning, atau merah muda. Warna cerah akan membantu kamu menolak panas.

Sedangkan, pakaian dengan warna gelap mampu menyerap panas yang dikhawatirkan kamu tidak merasa nyaman ketika bermain gold. Pasalnya, lapangan golf berada di ruangan terbuka dan biasanya lebih banyak dimainkan pada siap hari. Sehingga tips memilih seragam golf sebaiknya menggunakan warna yang cerah.

Baca juga| Sudah Tahu Istilah dalam Golf? Berikut Penjelasannya!

Image: Freepik

3. Perhatikan Kualitas Pakaian

Olahraga golf menjadi semakin populer di kalangan masyarakat, saat ini kamu bisa menemukan banyak perusahaan pakaian yang mendesain baju golf dengan berbagai model yang fashionable. Pilihan yang banyak ini mungkin membuat kamu bingung dalam menentukannya. Jadi agar lebih mudah, sebaiknya kamu memilih pakaian dengan merek yang sudah terkenal.

Brand ternama akan menghadirkan kualitas yang tidak perlu lagi untuk kamu pertanyakan. Namun, harga yang dibanderol untuk satu set seragam golf merek ternama mungkin bisa cukup mahal. Jika memiliki budget terbatas, kamu bisa memilih merek lain yang sekiranya memiliki kualitas bagus.

Tips memilih seragam golf yaitu yang nyaman digunakan dan dapat menyerap keringat. Kenyamanan adalah hal yang utama dalam berpakaian, terlebih untuk kebutuhan olahraga. Sedangkan bahan yang menyerap keringat akan sangat tepat untuk bermain golf, mengingat bahwa olahraga ini dilakukan di luar ruangan.

4. Pilih Polo Shirt yang Mudah Menyerap Keringat

Dalam memilih pakaian kamu memerlukan banyak pertimbangan dari berbagai aspek. Olahraga golf identik dengan teriknya panas matahari. Oleh karena itu, baju golf yang baik adalah polo shirt yang mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut. 

5. Gunakan Kaos Berkerah

Kamu pasti sering melihat pemain golf mengenakan kaos berkerah? Pada beberapa tempat golf, pemain diwajibkan mengenakan kaos berkerah atau polo shirt. Hal itu pula yang membuat olahraga golf dinilai sebagai permainan elegan, sebab pemainnya harus menggunakan pakaian yang rapi.

Baca juga| Olahraga Hoki: Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik, Dan Peraturan

Image: Freepik

6. Perhatikan Pemilihan Celana

Tips memilih seragam golf juga penting untuk bagian celana. Sama halnya dengan baju, pemilihan celana ini sebaiknya juga tidak terlalu kebesaran maupun terlalu ketat. Dalam ha ini, kamu bisa memilih baik celana panjang maupun pendek. Namun, umumnya para atlet lebih suka mengenakan celana selutut atau bahkan hanya celana di atas paha.

Jika ingin mengenakan celana panjang, pastikan bahwa kamu tetap terlihat rapi serta pas di kaki. Sementara untuk pemain perempuan, diperkenankan untuk menggunakan celana maupun rok pendek yang biasa disebut dengan skort. Akan tetapi, panjang rok juga ada aturannya, tergantung dari golf club yang kamu ikuti.

Peraturan terbaru golf internasional sempat menyebutkan bahwa rok yang digunakan oleh pemain harus menutupi bagian belakang dengan sempurna, baik ketika pemain golf yang sedang berdiri maupun jongkok untuk mengambil bola. Tips memilih seragam golf baik untuk celana maupun rok, direkomendasikan dari bahan kain dan tidak menggunakan jenis jeans.

Baca juga| Apa Perbedaan Olimpiade Musim Panas Dan Dingin? Berikut Penjelasannya!

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam memilih pakaian untuk bermain golf. Olahraga golf sering dianggap elegan, tentu pemilihan kostum yang tepat menjadi hal penting. Dengan begitu, kamu bisa terlihat lebih profesional dan fashionable selama berada di tengah lapangan golf.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *