Tanggal:30 April 2024

6 Jenis Kamera beserta Fungsi yang terdapat didalamnya

Di jaman yang serba modern ini, kecanggihan teknologi seperti kamera semakin memudahkan seseorang untuk mengabadikan setiap momennya terutama bagi kalian pecinta fotografi.

Bahkan, semakin banyak pula berbagai jenis kamera sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Pada dasarnya, kamera sendiri merupakan perlengkapan yang dapat mengabadikan suatu obyek menjadi sebuah gambar.

Yuk fahami jenis dan fungsi pada setiap kamera agar Kamu mengetahui sebelum membelinya.

Jenis – jenis kamera beserta fungsinya :

1. Kamera DSLR

Jenis kamera pertama yang paling banyak diminati yaitu kamera DSLR atau Digital Single Lens Refrex. Jenis kamera ini sangat populer lantaran memiliki kualitas gambar yang baik sehingga menjadikan kamera jenis ini sangat laku di pasaran.

Tak hanya itu saja, kamera DSLR juga sangat terkenal dengan fleksibilitasnya, sehingga dapat ditukar-tukar sesuai kebutuhannya.

Selain itu, kelebihan dari kamera DSLR yaitu fleksibel dalam penggunaan, kualitas gambar yang memuaskan, mudah untuk diupgrade, dan sangat mumpuni untuk fotografi.

Tidak heran jenis kamera satu ini mempunyai daya tarik yang luar biasa, karena kamera ini juga sering digunakan dalam kebutuhan Fotografer.

2. Kamera Analog

Kamera ini memiliki hasil foto yang unik dan memberikan kesan vintage. Kamera ini menggunakan rol film untuk memotret gambar.

Kamera film 135 (35mm, full frame) merupakan yang paling umum digunakan dan memiliki ukuran body yang lebih kecil dibanding kamera film lainnya.

Kamera ini dikenal adalah kamera yang sangat berumur atau versi jadul, tetapi masih banyak peminat karena hasil vintage yang dihasilkan sangat membuat sebuah hasil foto menjadi menarik.

3. Kamera Mirrorless

Dibandingkan dengan kamera DSLR, jenis kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, Kamu tidak usah perlu khawatir tentang kualitasnya.

Diketahui jenis kamera ini memiliki kemampuan yang dapat disetarakan dengan DSLR level middle-end.

Biasanya kamera ini sering digunakan para Vlogger karena memiliki mobilitas yang sangat friendly dalam artian kamera ini tidak seperti kamera DSLR yang ukurannya jauh lebih besar jadi kamera ini sangat fleksibel dalam penggunaan membuat Video Blog (Vlog).

4. Kamera Polaroid

Dilansir dari Wikipedia.

Kamera instan atau lebih dikenal dengan kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan.

Menurut sejarahnya, kamera instan atau kamera gambar seketika jadi ini dirancang untuk pertama kalinya oleh Edwin Land, dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947.

Nama Polaroid itu sebetulnya adalah merek dagang, seperti orang menyebut semua pasta gigi dengan nama Odol, atau orang menyebut sepeda motor dengan nama Honda.

5. Kamera Macro

Kamera makro adalah kamera yang punya fungsi khusus untuk mengambil foto dari jarak yang sangat dekat. Tujuannya adalah agar kita dapat menangkap detail yang lebih baik dari objek kecil. Misalnya pada objek mainan, tumbuhan kecil, hingga serangga.

Jenis kamera ini juga sudah ada di Smartphone masa kini.

6. Kamera GoPro

Kamera GoPro menyimpan sejumlah keunggulan. Selain daya tahannya, GoPro turut didukung oleh ketersediaan aksesoris yang begitu melimpah sekaligus bervariasi.

Dimensi kamera GoPro yang ringkas membuatnya mudah untuk diletakkan di mana saja. Di atas helm, di setang sepeda, di atas papan selancar sampai dilekatkan di tiang listrik, semuanya juga dimungkinkan oleh ketersediaan beragam aksesori mounting untuk GoPro.

Inilah yang membuat kamera GoPro disebut Action Camera.

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *