Tanggal:15 May 2024

Jobdesk Staff Logistik

Staff logistik merupakan salah satu profesi profesional yang bertanggung jawab untuk mencapai target kerja atau program kerja yang sudah ditetapkan perusahaan khususnya dalam fungsinya untuk memanajemen, planning, organizing, actuating, controlling dengan baik. Secara leih rinci, Staff logistik itu sendiri memiliki 3 tanggung jawab secara umum, yaitu:

  • Menjalankan SOP
  • Menjalankan instruksi kerja yang telah ditetapkan
  • Menyusun laporan bulanan logistik yang akan dilaporkan kepada atasan

Dalam struktur organisasi perusahaan jabatan ini berada di bawah naungan seorang distributor dan manajer distributor atau supervisor distributor.

Baca Juga:
Cara Merger Perusahaan
Pengertian, Fungsi, dan Jenis Distributor

Buat kamu yang saat ini memiliki keinginan melamar kerja di posisi ini, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas tugas dan jobdesc serta tanggung jawab staff logisitik dalam suatu perusahaan tempat kamu bekerja nanti.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjawab rasa penasaran kamu terakit profesi menjadi staff logistik. Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel jobdesc ataff logisitik dari Vocasia berikut ini sampai tuntas!

Baca Juga: Daftar UMR Tertinggi di Indonesia 2021

Sebelum mengetahui tugas adan tanggung jawab dari seorang staff logistik akan lebih baik jika kamu mengetahui tentang kualifikasi apa saja yang dibutuhkan jikan ingin menjadi seorang staff logistik agar kamu bisa mempersiapkan diri sebelum melamar bekerja di posisi ini sehingga kamu berpeluang lebih besar diterima oleh perusahaan.

Kualifikasi staff logistik

bisa mengoperasikan komputer akan menjadi poin plus

bisa mengoperasikan komputer akan menjadi poin plus – @rawpixel.com

Jadi kualifikasi yang dibutuhkan oleh seorang pelamar agar memenuhi harapan perusahaan yang membutuhkan staff logistik adalah sebagai berikut:

  • Memiliki latar belakang pendidikan SMA atau sederajat
  • Sudah memiliki pengalaman bekerja selama 1 tahun
  • Berusia maksimal tiga puluh tahun untuk karyawan baru dari luar perusahaan
  • Memiliki keahlian lain yang khususnya, sangat disarankan memiliki keahlian di bidang komputer

Demikian adalah beberapa kualifikasi minimal yang biasanya dibutuhkan suatu perusahaan bagi para pelamar di posisi staff logistik

Baca Juga: Syarat Menjadi Duta Besar

Jobdesc dan tanggung jawab staff logistik

Mengirim barang seefektif dan efisien mungkin kepada seluruh pelanggan

Mengirim barang seefektif dan efisien mungkin kepada seluruh pelanggan – @rawpixel.com

Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan mengenai seluruh tugas dan tanggung jawab staff logistik dalam perusahaan. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab staff logistik:

  • Menerbitkan order lines dari setiap pengiriman barang berdasarkan rencana pengiriman barang yang sudah ditentukan sebelumnya
  • Staff logistik bertanggung jawab penuh atas pengiriman barang agar bisa sampai ke pelanggan maka dari itu staff logistik bertugas juga menyusun dan mengatur rencana pengiriman barang yang baik sesuai dengan surat perintah murah yang sudah diterima dari pihak pengirim. Sangat disarankan staff logistik bisa menyusun rencana pengiriman yang efekttif dan efisien sehingga hal ini akan membuat perusahaan lebih produktif.
  • Memastikan setiap urgensi pengiriman barang. Dengan begitu staff logistik bisa memuar barang ke angkutan barang sesuai dengan prioritas dan urutan pesanan pelanggan.
  • Sesegera mungkin memberikan bukti serah terima barang kepada pihak perusahaan. Staff logistik wajib menerima bukti serah terima barang dari pihak penerima sehingga itu akan menjadi informasi valid kepada pihak perusahaan. Bukti serah terima barang ini nantinya akan digunakan perusahaan sebagai syarat penagihan uang kepada pelanggan yang sudah menerima barang tersebut.

Dari semua tugas dan tanggung jawab tadi staff logistik akan membuahkan hasil kerja berupa laporan service lever distribusi bulanan yang nantinya dilaporkan kepada pihak perusahaan.

Baca Juga: Cara Bekerja di Google

Demikian adalah pembahasan lengkap mengenai staff logistik yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *