Tanggal:29 April 2024
Selalu menjaga hubungan baik dengan bangsa lain

5 Syarat Menjadi Duta Besar

Suatu bangsa perlu menjalin hubungan internasional untuk menjaga eksistensi negara tersebut di mata dunia. Manfaat dari menjalin hubungan internasional yang baik dengan banyak negara yaitu mempermudah suatu negara memasuki dunia internasional salah satunya dalam dunia perdagangan dan masih banyak lagi bidang lainnya. Orang yang bertugas menjadi penghubung diplomatik antar negara disebut sebagai diplomat.

Seorang diplomat bertanggung jawab langsung sebagai penghubung atau perwakilan bangsanya dengan bangsa lain untuk melakukan diplomasi. Sedangkan duta besar adalah orang yang memimpin kedutaan besar. Peran dari jabatan ini sangatlah penting bagi suatu negara, mengingat perkembangan globalisasi yang sangat luas.

Seorang duta besar diakui sebagi pejabat yang setingkat menteri di mata pemerintah. Mengingat betapa penting dan krusial jabatan ini, banyak hal yang akan menjadi pertimbangan pemerintah untuk memilih duta besar yang tepat.

Buat kamu yang memang bercita-cita menjadi seorang diplomat atau duta besar, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas 5 syarat menjadi duta besar di Indonesia.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

1. Mengenal baik wilayah yang menjadi tempat bertugas

Mengenal wilayah bertugas dengan baik

Mengenal wilayah bertugas dengan baik – @unsplash.com

Tentu saja sebagai orang yang berhubungan langsung dengan bangsa lain wajib hukumnya untuk mengenal dan memahami negara yang menjadi tempat bertugas. Hal ini merupakan modal penting bagi seorang duta besar agar bisa menjaga hubungan bilateral yang baik dalam waktu yang cukup lama.

2. Mengenal baik bangsa sendiri

Mengenal bangsa sendiri dengan baik

Mengenal bangsa sendiri dengan baik – @unsplash.com

Sebagai duta besar, wajib hukumnya untuk bisa mewakili bangsa sendiri di mata dunia. Memahami dan mengenal bangsa sendiri merupakan syarat mutlak untuk menjadi seorang duta besar.

3. Memiliki inisiatif yang tinggi

Syarat penting menjadi seorang duta besar yang selanjutnya yaitu memiliki sifat insiatif yang tinggi. Sikap ini akan mendorong pekerjaan seorang duta besar sebagaimana fungsi untuk menjadi perwakilan, promotor, penyalur informasi, pelindung dan masih banyak lagi.

4. Mampu menyelesaikan konflik antar bangsa

Selalu menjaga hubungan baik dengan bangsa lain

Selalu menjaga hubungan baik dengan bangsa lain – @pixabay.com

Di samping menjadi jembatan bangsa satu dnegan bangsa lainnya. Duta besar juga perlu memiliki kemampuan dalam menyelesaikan konflik bilateral yang dihadapi bangsa satu dengan bangsa lain. Hubungan yang bisa terus terjaga dengan baik akan membawa nama Indonesia harus di mata internasional.

5. Lulus proses seleksi dan telah ditetapkan oleh lembaga negara

Menyelesaikan seluruh tahap seleksi dan diresmikan oleh lembaga negara

Menyelesaikan seluruh tahap seleksi dan diresmikan oleh lembaga negara – Unsplash.com

Seorang duta besar wajib lulus dalam proses seleksi dan dinyatakan resmi menjadi seorang duta besar oleh lembaga negara Indonesia. Setiap negara satu dengan lainnya memiliki syarat yang berbeda-beda tentunya tergantung kebijakan di negara masing-masing.

Demikian 5 syarat menjadi duta besar. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 6 syarat menjadi dosen

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *