Tanggal:17 June 2024

5 Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik, Simak Sebelum Membeli!

Berbicara tentang motor, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengendara yang mayoritas merupakan pengguna motor sebagai kendaraan pribadinya karena lebih fleksibel dan cepat. Namun, motor yang digunakan merupakan motor yang berbahan bakar fosil sehingga menimbulkan polusi dan menjadi ketergantungan bahan bakar yang tidak bisa diperbarui.

Seiring berkembangnya teknologi, maka semakin berkembang pula ide dan inovasi yang bermunculan. Seperti halnya kendaraan bermotor, banyak negara yang mulai mengembangkan teknologi yang menggunakan energi terbarukan sebagai bahan bakar motor listrik yang dinilai lebih sehat. Mengingat efek kendaraan berbahan bakar minyak bumi yang menyebabkan polusi. Selain itu, motor listrik digadang-gadang  lebih hemat daripada motor berbahan bakar fosil.

Namun, tidak banyak orang yang tahu informasi mengenai motor listrik. Walau motor listrik ini diprediksi akan menjadi kendaraan yang ramah lingkungan, kalian harus mengetahui dulu tentang kelebihan dan kekurangan motor listrik. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Inovasi Motor Listrik (Sumber: Unsplash)

Apa Itu Motor Listrik?

Secara umum, motor listrik adalah kumpulan perangkat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak (mekanik) yang dapat melaju.

Dalam penerapan sepeda motor listrik sendiri artinya, sepeda motor yang biasanya berbahan bakar minyak, maka sepeda motor listrik menjadikan listrik sebagai sumber penggeraknya. Listrik yang dihasilkan ini berbentuk baterai yang memiliki daya dan jarak tempuh tertentu seperti halnya sepeda motor berbahan bakar minyak.

Kelebihan Motor Listrik

Sebagai kendaraan yang diciptakan agar lebih modern, membuat orang-orang mulai melirik dan beralih ke jenis motor ini. Karena sepeda motor listrik menghadirkan beberapa kelebihan, seperti:

1. Mengurangi Pencemaran Udara

Motor Listrik Merupakan Inovasi yang Ecofriendly (Sumber: Pexels)

Kelebihan yang satu ini menjadi tujuan utama adanya motor listrik. Hal ini tentu akan berdampak pula pada kualitas oksigen dan hal itu juga berdampak baik bagi pengguna jalan lainnya.

2. Lebih Hemat

Perawatan Motor Listrik Hanya pada Baterai Saja (Sumber: Pexels)

Jika menggunakan motor berbahan bakar minyak bumi maka biaya yang dikeluarkan untuk mengisi BBM cukup menguras dompet. Sedangkan, jika menggunakan motor listrik, hanya menggunakan daya baterai yang cukup dapat langsung bisa digunakan.

3. Perawatan yang Terbilang Mudah

kelebihan selanjutnya, yaitu perawatan motor yang terbilang mudah karena tidak perlu rutin ke bengkel untuk servis, seperti ganti oli dan lainnya. Dengan sepeda motor listrik ini, cara merawatnya hanya dengan mengecek baterainya saja. Bisa dibilang jenis motor ini cock digunakan oleh perempuan.

Baca juga: Rekomendasi Motor Untuk Perempuan Ternyaman 

4. Sistem yang Lebih Canggih

Fitur Canggih pada Motor Listrik (Sumber: Unspalsh)

Sebagai inovasi yang lebih modern, motor listrik memiliki beberapa fitur yang tidak kalah canggih dengan motor berbahan bakar minyak, seperti:

Intelligent Transport System (ITS)

Sistem ini memiliki fitur rem otomatis yang bekerja saat terdeteksi akan terjadinya tabrakan.

Battery Management System yang Mumpuni

Daya baterai selama sekali pengisian, mampu digunakan motor listrik dengan jarak tempuh 80 – 100 km dengan kapasitas daya baterai sekitar 5.000 WH.

Adanya Monitoring System

Terdapat beberapa jenis motor listrik yang telah dilengkapi fitur ini. Misalnya, indikator kecepatan (speedometer) yang dapat disambungkan dengan android.

Day Running Light System

Fitur ini membuat motor listrik menjadi lebih keren karena membuat lampu sein dan stoplamp dengan desain yang lebih sporty.

5. Dapat Melaju dengan Kencang

Laju Motor Listrik yang Cukup Kencang (Sumber: Unsplash)

Jika orang awam menganggap motor listrik memiliki laju yang lambat karena hanya bermodalkan baterai saja maka hal itu masih bisa ditepis. Pasalnya, motor listrik memiliki kekuatan laju yang tak kalah cepat dengan motor BBM. Misal, pada motor listrik berjenis 125 cc, mampu menembus kecepatan hingga 100 km/jam.

Di sisi keuntungan tersebut, pasti ada pula kekurangan yang dimiliki sepeda motor listrik ini. Jadi, untuk kalian yang berniat membeli sepeda motor listrik. Beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli motor listrik.

Kekurangan Motor Listrik

1. Jarak Tempuh dan Daya yang Terbatas

Isi Ulang Baterai Motor Listrik (SUmber: Pexels)

Jika kamu membeli motor ini untuk bepergian jauh, maka kamu bisa memikirkannya lagi. Motor listrik ini hanya mampu menjangkau jarak sekitar 120 km saja. Setelah itu, daya baterai harus diisi ulang terlebih dahulu.

2. Isi ulang Daya yang Memakan Waktu

Stasiun Pengisian Daya Baterai (Sumber: Pexels)

Jika telah sampai batas maksimal, maka baterai harus diisi ulang. Hal ini tentu memakan waktu yang cukup lama karena pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan capaian jarak 120 km. Apalagi stasiun pengisian daya yang masih sulit ditemukan membuat motor listrik kurang cocok bagi orang yang sedang terkejar waktu atau perjalanan jauh.

3. Ukuran Baterai yang Besar dan Harga Baterai yang Tinggi

Ukuran Baterai yang Mempengaruhi Laju Motor (sumber: Unspalsh)

Pada bahasan kelebihan motor listrik tadi, memang dia bisa melaju dengan cepat. Namun, di belakang itu diperlukan baterai dengan ukuran yang besar pula agar bisa melaju kencang dan menempuh jarak yang cukup jauh. Bentuk baterai yang besar ini tentunya juga membuat motor tidak bisa segesit motor lainnya.

Baca juga: Franchise Planet Ban, Jaringan Sparepart Motor Terbesar Di Indonesia

4. Minimnya Suku Cadang yang Ada

Sama halnya dengan keberadaan stasiun pengisian daya, bengkel resmi yang menyediakan sparepart motor listrik pun masih sulit ditemukan. Jadi, jika ada kendala di saat perjalanan maka sulit untuk mengatasinya. Ada pilihan untuk membeli suku cadang melalui online shop, namun, hal itu membutuhkan waktu yang lebih lama.

 Baca juga: 7 Cara Bisnis Bengkel Motor Yang Sangat Mudah dan Menguntungkan 

5. Berat Angkutan yang Bisa Dibawa

Beban yang Dapat Diangkut Motor Listrik Lebih Ringan (Sumber: Unsplash)

Memang motor listrik ini bisa membawa beban berat namun, daya maksimal yang bisa digunakan hanya 150 kg saja. Jadi, berat ideal yang bisa diemban motor ini hanya sekitar 120 kg saja. Setara dengan sekitar 2 orang yang berboncengan.

Nah, itu tadi 5 kelebihan dan kekurang motor listrik yang bisa menjadi pertimbanga sebelum membelinya. Intinya, motor ini cocok digunakan untuk bepergian santai, ke tempat yang relatif dekat, dan bagi pengguna yang sulit memiliki waktu untuk servis secara rutin ke bengkel.

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *