Tanggal:03 May 2024

Pengertian Social Bookmarking dan Pentingnya dalam SEO

Istilah social bookmarking mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Terlebih, jika kamu bukan seorang yang terjun dalam dunia digital Marketing. Khususnya, dalam hal optimasi SEO pada sebuah website. Mungkin jika anda seorang yang berprofesi sebagai blogger atau digital marketing dan sejenisnya, istilah social bookmarking tentunya sering dijumpai bukan?
Jika kamu pemilik website atau blog yang sedang melakukan optimasi SEO, Social Bookmarking ini sangat berperan penting dan perlu diperhatikan.
Jika anda belum pernah mengetahui hal ini, maka saya akan memberikan informasi mengenai social bookmarking. Dimulai dari pengertian, manfaat, contoh, serta pentingnya dalam optimasi.

Apa Itu Social Bookmarking ?

Bagi kamu yang mungkin sering berselancar dalam internet menggunakan beragam web tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur bookmark bukan? fitur ini disediakan oleh pihak pemilik web brosur dengan tujuan agar kamu bisa menyimpan situs atau halaman web serta bisa membukanya di lain waktu. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot untuk menghafal url blog untuk mengunjunginya lagi atau artikel yang akan kamu baca kembali.

Social bookmarking sendiri kurang lebih mirip dengan konsep fitur bookmark pada browser tersebut. Bedanya, penanda yang satu ini dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja. Artinya, social bookmark merupakan sebuah platform yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menampung informasi dari berbagai sumber di dunia maya.

Lantas, apa itu social bookmarking? Menurut wikipedia social bookmarking dapat diartikan sebagai sebuah metode yang dapat dilakukan oleh pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumber daya yang tersedia secara online. Social bookmarking adalah situs khusus yang dapat membagikan informasi dari satu blog/website ke khalayak umum. Melalui social bookmarking site, kamu juga bisa berbagi artikel yang menurut anda layak dipublikasikan. Bahkan dengan men-submit artikel dari situs kamu, mesin pencari jadi lebih mudah mengindexnya dan memunculkannya di halaman-halaman awal. 

Dalam konten yang dibagikan nantinya akan membentuk link yang dibuat khusus untuk diarahkan pada situs web yang dituju. Dengan ini, situs web yang dijadikan rujukan harapannya akan meningkatkan jumlah pengunjung yang secara sukarela mengeklik atau tertarik dengan artikel di dalamnya kemudian membacanya.

Selain itu, cara ini juga sering dilakukan oleh praktisi SEO untuk meningkatkan trafik pengunjung. Ternyata, cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan rangking blog atau situs web.

Kamu hanya perlu membuat konten berupa sebuah tulisan artikel yang telah dipasang link kemudian ditargetkan pada situs web atau blog kamu. Setelah artikel tersebut dipublikasikan di platform social bookmarking, secara otomatis robot google akan memeriksa validasi artikel dari link yang terpasang. Semakin berkualitas isi dari blog kamu semakin meningkat juga peluang ranking pencariannya.

Manfaat Social Bookmarking dan Pentingnya Bagi SEO.

Manfaat Social Bookmarking

Setelah kita membahas pengertian dari social bookmarking, selanjutnya mari kita bahas apa saja manfaat social bookmarking. Penggunaan social bookmarking di era digital ini, tidak hanya berguna bagi pengguna internet saja, tetapi berguna juga sebagai tempat memperkaya formula SEO. Berikut manfaat social bookmarking dalam meningkatkan optimasi SEO yang terdapat dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Traffic Website

Jika anda memiliki situs web atau blog khusus untuk menaikan jumlah pencarian dan pengunjung, maka social bookmarking salah satu caranya. Social bookmarking juga sebagai tempat sempurna untuk mempromosikan situs web atau artikel itu sendiri. Kamu hanya perlu mempulikasikan tulisan artikel kamu pada situs-situs web social bookmarking, kemudian cantumkan backlink yang mengarah pada situs web.

Dengan begitu, situs web kamu berpotensi untuk bisa terlihat oleh calon pengunjung anda dan secara otomatis jumlah trafik pengunjung akan meningkat.

Baca Juga | Cara Menulis Artikel SEO Friendly

2. Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas Tinggi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kamu hanya perlu mengirim artikel tulisanmu pada situs social bookmarking dengan menyisipkan link yang langsung menuju situs web kamu. Hal tersebut akan membuat google memberikan akses kredibilitas situs web anda. Dengan begitu, ranking website kamu akan meningkat di mesin pencarian.

3. Artikel akan Lebih Mudah Terindeks di Mesin Pencarian

Menerbitkan tulisan artikel anda pada website atau blog pribadi pasti membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terindeks di mesin pencarian. Jika kamu menerbitkan langsung di platform social bookmarking, hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam bahkan bisa sudah beberapa menit saja langsung terindikasi oleh mesin pencarian google.

4. Membangun Reputasi dan Komunitas

Social bookmarking menjadi tempat untuk ajang membangun reputasi. Selain itu, kamu juga bisa bertemu dengan teman- teman baru yang memiliki minat yang sama. Dengan ini, kamu memiliki kesempatan untuk membangun komunitas. Jika kamu memiliki brand bisnis, kamu juga bisa berpeluang untuk meningkatkan reputasi bisnismu dalam situs social bookmarking.

Contoh Social Bookmarking

Contoh Social Bookmarking

Setelah kita mengetahui manfaat serta pengertan social bookmarking, selajutnya kita juga wajib tahu beberapa platform social bookmarking yang sering digunakan.

1. Twitter

Media sosial yang satu ini mungkin sangat tidak asing lagi di kalangan generasi milenial dan gen Z. Berdasarkan laporan dari we are social, di indonesia sendiri jumlah pengguna twitter sudah mencapai lebih dari 18 juta orang. Maka dari itu, banyak dari para penulis memanfaatkan media ini.  Selain bisa menulis secara gratis, kamu juga bisa mudah mempromosikan tulisanmu dengan mudah dan menghasilkan banyak pengunjung.

2. Pinterest

Pinterest adalah platform yang berfungsi untuk virtual pinboard, kamu bisa menjelajahi berbagai foto, gambar, serta video yang bisa dipersonalisasikan berdasarkan selera pengguna. Peran pinterest dalam social bookmark adalah untuk mengategorisasi atau membuat kumpulan karya yang bisa disesuaikan dengan palet, konsep, dan sejenisnya dengan menggunakan keyword yang relevan, sehingga bisa muncul di SERP.

3. StumbleUpon

StumbleUpon merupakan situs sosial bookmark yang memungkinkan para penggunanya untuk menemukan dan merekomendasikan konten web yang ada. Fitur-fitur yang ada memungkinkan para pengguna untuk menemukan dan menilai halaman web. Foto dan video yang dipersonalisasikan sesuai selera dan kepentingan mereka dengan menggunakan peer-sourcing dan prinsip-prinsip situs jejaring sosial.

Saat ini tersedia beberapa versi toolbar untuk Mozilla Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer. StumbleUpon juga tersedia untuk beberapa penjelajah web independen yang berbasis Mozilla Firefox. Toolbar untuk pihak ketiga juga telah diciptakan untuk Safari dan Opera.

4. Medium

Medium menjadi platform yang bisa kamu gunakan untuk guest post atau sebagai social bookmarking. Dalam hal ini, Medium memfasilitasi penggunanya untuk bebas menuliskan apapun dengan jumlah karakter yang tidak terbatas. Manfaat Medium dalam social bookmarking adalah untuk mendapatkan backlink dofollow dengan kualitas baik, tanpa harus mengeluarkan biaya.

5. Tumblr

Tumblr adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek.

Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka “dasbor”; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

6. Quora

Quora adalah media yang bisa kamu gunakan untuk sosial media bookmark demi meningkatkan kualitas backlink. Peran Quora dalam social bookmarking adalah dengan memberikan media untuk mencantumkan link spesifik yang bisa diunggah secara publik.

Nah, itulah sekilas info mengenai social bookmarking. Semoga bisa menjadi manfaat, khususnya bagi kamu yang sedang meningkatkan kualitas traffic website kamu.

Baca Juga | Mengenal Blog, Pengertian, Fungsi, Dan Jenisnya

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *