Tanggal:17 May 2024

5 Kelebihan dari Uang Kripto, Yakin Gak Tertarik?

Lebih untung uang kripto atau uang rupiah sih? Cek jawabannya di sini deh

Kalau kamu klink artikel ini sebagian besar mungkin kamu udah gak asing lagi dengan kata uang kripto, tapi masih ada hal janggal yang menjadi keraguan dan tanda tanya besar. Mungkin pertanyaan-pertanyaanmu berkutat pada apa sih uang kripto itu? Lantas apa fungsi dari uang kripto? Ya, secara singkat nih uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography.

Dimana untuk urusan fungsinya, uang kripto ini digunakan untuk kebutuhan transaksi secara virtual melalui jaringan internet. Oleh karena mata uang digital ini hanya akan berlaku di komputer, maka uang kripto tidak hadir dalam bentuk fisik yang bisa kamu pegang sehari-hari layaknya uang rupiah versi konvensional. Nah, untuk meyakinkan kamu yang masih ragu akan keberadaan uang kripto, simak langsung aja deh penjelasan mengenai 5 kelebihan yang luar biasa dari uang kripto.

1. Sistem pembayaran peer-to-peer

ilustrasi uang kripto (pixabay.com/MichaelWuensch)

Uang kripto ini bersifat desentralisasi, yang mana artinya bahwa tidak ada satupun pihak yang menjadi perantara pada suatu transaksi. Jadi, bisa kita sebut bahwa pembayaran melalui uang kripto ini berlangsung secara peer – to – peer, yang berarti dilakukan antara pengirim dan penerima secara langsung. Serta, seluruh transaksi akan tercatat melalui sistem yang telah tersedia dengan keamanan yang optimal. 

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Reksadana sebelum Investasi

2. Transaksi secara global

ilustrasi uang kripto (pixabay.com/tombark)

Konversi nilai uang kripto itu sama di setiap negara, lho. Oleh karena itu, transaksi dapat dilakukan secara bebas antar negara tanpa terpengaruh oleh kurs. Selain itu, uang kripto juga bersifat universal, nih. Yang mana di seluruh dunia juga bisa menggunakan uang kripto. Sementara itu, jika kita lihat dari sisi lain bahwa tidak semua orang memenuhi akan syarat untuk mendaftar menjadi nasabah di sebuah bank. Oleh karena itu, uang kripto dianggap universal karena tidak ada syarat apa pun untuk menjadi penggunanya.

Baca Juga: Tips Cara Investasi Emas Bagi Pemula

3. Transparan

ilustrasi uang kripto (pixabay.com/TheDigitalArtist)

Mengapa uang kripto bisa disebut transparan sih? Hal itu karena setiap pengguna uang kripto mereka bisa melihat semua transaksi yang pernah ia dilakukan. Namun, tentunya para pengguna tidak akan mengetahui transaksi tersebut dilakukan oleh siapa karena hanya dalam bentuk angka tanpa identitas.

Baca Juga: Tips dan Cara Memilih Saham yang Baik untuk Pemula

4. Kontrol pribadi

ilustrasi uang kripto (pixabay.com/Icons8_team)

Nah, atas dasar uang kripto yang bersistem pembayaran langsung antara pengirim dan penerima tanpa adanya si perantara, maka kamu memiliki kontrol pribadi secara penuh atas penggunaan uang kripto kepemilikanmu. Yang mana seperti yang kita ketahui bersama bahwa transaksi uang pada umumnya itu selalu melibatkan pihak yang menengahi setiap transaksi, misalnya saja seperti pihak bank sebagai penengahnya.

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi di dunia uang kripto, nih. Dimana tidak ada bank atau pihak penengah lainnya yang memberikan pengontrolan atas segala transaksi keuanganmu. Seiring dengan adanya hak atas kontrol penuh terhadap penggunaan uang kripto yang jadi kepemilikanmu itu, maka kamu juga punya kewajiban untuk bertanggung jawab atas uang kripto milikmu sendiri, sekali lagi semua itu bagian dari hak dan kewajiban dari adanya kontrol pribadi atas uang kripto.

Baca Juga: Tips Investasi Emas di Dana dengan Modal Tak Lebih dari 10 RIbu

5. Cepat dan akurat

ilustrasi uang kripto (pixabay.com/Icons8_team)

Transaksi dengan uang kripto bisa dibilang lebih cepat jika dibandingkan dengan transaksi di bank, lho. Dimana ketika kita sedang melakukan transfer antar bank internasional, maka secara umum bisa memakan waktu hingga lebih dari satu hari. Sementara itu, perdagangan bitcoin (salah satu jenis uang kripto) hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit hingga satu jam saja.

Nah, setelah membaca mengenai 5 keuntungan menggunakan uang kripto di atas, apakah kamu mulai tertarik nih? Iya pastinya. Dimana saat ini begitu banyak orang yang menggunakan uang kripto untuk urusan investasi, ya. Untuk kamu yang masih ragu menggunakan uang kripto sebagai investasimu, coba deh bayangkan dengan saksama bahwa saat ini penggunaan uang kripto tengah naik daun dari segi peminatnya. Dimana uang kripto ini bisa dikatakan populer dalam ranah internasional. Tak hanya berhenti di situ saja, harga dari uang kripto ini juga terus meningkat tajam, lho. Sehingga hal tersebut menambah kepopuleran uang kripto hingga pada akhirnya ya tak heran kalau semakin banyak orang di dunia yang tertarik dengan uang kripto.

Nah bagaimana dengan orang-orang yang berinvestasi menggunakan uang kripto? Secara rasional ya para pengguna uang kripto sebagai invesatsi mereka otomatis mendadak kaya. Mengapa demikian? Tentu alasannya seperti penjelasan di atas bahwa kepopuleran uang kripto menghantarkan uang itu ramai peminat yang pada akhirnya berdampak pada harganya yang ikutan melonjak naik. Hal itu bisa kamu ibaratkan seperti prinsip ekonomi deh, yakni harga akan naik ketika ada banyak permintaan bukan? Oleh karena itu saat banyak orang yang menggunakan uang kripto untuk melakukan investasi dengan cryptocurrency, maka harganya juga akan semakin naik.

Baca Juga: Tips dan Cara Investasi Emas di Antam Cocok untuk Pemula

Dari tadi membahas kelebihannya terus tanpa tersadari kalau ada informasi penting yang terlewat, nih. Dimana meski banyak keuntungan dari berinvestasi menggunakan uang kripto, tapi Investasi dengan uang kripto juga termasuk dalam kategori high risk. Tapi tak perlu risau berlebihan kalau kamu bisa membaca peluang investasi dengan baik. Untuk itu sebelum kamu memulai berinvestasi menggunakan uang kripto lebih baik mengikuti kursus mengenai tips dan trik dalam melakukan investasi bersama dengan ahlinya langsung, lho. Buruan lansgung aja cek informasi lebih lengkapnya lewat link di bawah ini, ya :

Kursus Investasi & Trading | Vocasia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *