Tanggal:17 June 2024
Ilustrasi Sosial Media Marketing (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

10 Langkah Membangun Personal Branding Di Sosial Media

Di era digital saat ini personal branding menjadi salah satu aktivitas yang familiar di tengah masyarakat. Melalui platform sosial media, seseorang dapat mulai membentuk citra dirinya sendiri. Personal branding itu sendiri adalah cara dimana seseorang membentuk citra dirinya sendiri sehingga persepsi masyarakat akan dirinya terbentuk lewat prestasi, keahlian serta perilaku. Dengan melakukan personal branding, kamu bisa membentuk kepercayaan dan loyalitas dengan orang lain.

Personal branding di sosial media memiliki banyak sekali manfaat selain kamu di kenal dan dipercayai oleh publik, personal branding di sosial media juga dapat membuka jalan karirmu lho. Sebab HRD, klien, investor, atau calon partner akan melihat profilmu di sosial media sebagai bentuk penilaian dari mereka.

Tidak bisa dipungkiri lagi personal branding di sosial media penting sekali untuk kita miliki, namun membangun personal branding di sosial media ini tidak lah mudah untuk dilakukan, untuk itu kamu harus bersabar dan harus melakukan langkah-langkah yang tepat. Nah, diartikel ini akan membahas 10 langkah tepat yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding kamu di sosial media. simak dibawah ini, ya!

10 Langkah Membangun Personal Branding Di Sosial Media

1. Membuat Profil Yang Baik Di Sosial Media

Rich results on Google's SERP when searching
Ilustrasi Gambar Social Media di Laptop dan HP(pexels.com/lisa)

Manusia adalah makhluk visual, sehingga kita cenderung sekali tertarik untuk melihat hal-hal yang menarik dan indah. Begitu pula dengan sosial media, orang cenderung tertarik melihat dan mengikuti akun yang memiliki profil menarik. Untuk itu buatlah profil sosial media mu dengan semenarik mungkin. Gunakan foto profil yang menarik, bio atau deskripsi yang sangat menginspiratif, dan juga percantiklah feed sosial media mu dengan baik.

2. Fokuskan Diri Pada Media Yang Tepat

Ilustrasi Sosial Media
Ilustrasi Social Media(pexels.com/pixabay)

Membangun personal branding di sosial media tidak perlu aktif di semua sosial media. Kamu hanya perlu fokus di media yang dapat menampung bakat, dan kemampuanmu. Misalkan kamu memiliki bakat dalam membuat sebuah video content kamu bisa membangun personal branding mu fokus di sosial media youtube, instagram, ataupun tiktok. Begitu pula jika kamu memiliki minat dalam bidang menulis, kamu bisa menggunakan sosial media seperti blog, wordpress yang dapat menjadi wadah buat kamu berkreatifitas. 

3. Miliki Ciri Khas

Ilustrasi Konstruktor Pria Yang Tertawa Dan Mengacungkan Jempol Tangan
Ilustrasi Konstruktor Pria Yang Tertawa Dan Mengacungkan Jempol Tangan(pexels.com/andrea piacquadio)

Menjadi pribadi yang memiliki ciri khas, akan memudahkan publik mengenal dirimu lho. Mereka akan teringat langsung kepadamu karena kamu berbeda dari lainnya. Menjadi berbeda itu bukan aneh kok, kamu harus percaya bahwa ciri khas kamu itulah yang menjadi kekuatanmu. Oleh karena itu jangan pernah malu ya, untuk menjadi berbeda dari yang lainnya.

4. Temukan Dan Posting Konten Sesuai Minat Dan Passionmu

Ilustrasi Pria Yang melakukan Handstand
Ilustrasi Pria Yang melakukan Handstand(pexels.com/allan mass)

Untuk membangun personal branding di sosial media harus mempunyai minat dan passion dalam suatu bidang tertentu. Minat dan passionmu itulah yang akan membuat publik mengingat akan dirimu. Seperti contoh misalnya kamu memiliki minat dan passion di bidang musik, kamu bisa membuat postingan konten tentang cover lagu,  tutorial bermain alat musik. Atau kamu memiliki minat dan passion di bidang make up kamu pun juga bisa membuat vlog seputar dunia make up. Postinglah konten sesuai dengan minat dan passion, maka publik akan mengingat bahwa kamu adalah seseorang yang ahli dalam bidang tertentu.

5. Rajin Mengupdate Profil Sosial Media Secara Rutin

Ilustrasi tulisan Update
Ilustrasi tulisan Update(pexels.com/anna tarazevich)

Rajinlah mengupdate profil sosial media mu sesuai dengan persona dirimu. Publik tertarik mengikuti seseorang yang selalu mengupdate dirinya, buatlah update profilemu yang inspiratif, sehingga publik dapat mengikuti hal-hal positif yang kamu berikan.

6. Manfaatkan Fitur-Fitur Di Sosial Media

Ilustrasi Wanita Bahagia
Ilustrasi Wanita Bahagia(pexels.com/juan mendez)

Berbagai platforms sosial media menyediakan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan brand untuk mendapatkan engagement yang baik. Gunakanlah fitur-fitur ini untuk mem-brand dirimu di sosial media.

7. Membangun Relasi

Lingkup Hubungan Sosial
Ilustrasi Jaringan Sosial(pexels.com/pixabay)

Kamu bisa membangun relasi di sosial media dengan mengikuti orang-orang yang inspiratif, atau kamu bisa tergabung kedalam suatu komunitas dan mengerjakan project yang sesuai minat dan passionmu. Dengan kamu membangun sebuah relasi itu tentu saja akan membuat orang-orang tertarik akan dirimu, kepribadianmu, selanjutnya mereka akan memperhatikan aktivitasmu di sosial media, dan mulai mengikutimu.

8. Memilih Target Audiens Tepat Sasaran

Ilustrasi Audiens
Ilustrasi Audiens(pexels.com/luis quintero)

Selanjutnya kamu harus memilih target audiens sesuai tepat sasaran, maksud dari tepat sasaran adalah audiens yang kamu incar adalah mereka yang memiliki ketertarikan, minat, maupun passion yang sama denganmu.

9. Selalu Membuat Strategi Dalam Setiap Konten

Ilustrasi Tulisan Strategi
Ilustrasi Tulisan Strategi(pexels.com/kaboompics)

Sebelum membuat konten, kamu perlu memikirkan strategi seperti apa yang akan kamu lakukan agar dapat menarik banyak minat dari audiens. Kamu harus selalu up to date terhadap perkembangan media, dan selalu memiliki ide-ide out of the box yang bisa membuat audiens tertarik untuk melihat kontenmu, dan mulai mengikutimu.

10. Memaksimalkan Sosial Media Untuk Hal Yang Positif

Ilustrasi Kacamata Dan Tulisan
Ilustrasi Kacamata Dan Tulisan(pexels.com/binti malu)

Sebagai seseorang yang dikenal publik kamu harus menjadi seseorang pribadi yang positif, karena semua tindakanmu tidak terlepas dari mata mereka. Untuk itu kamu perlu berhati-hati ya, bijaklah dalam memposting sebuah konten, jangan sampai kamu membuat postingan konten yang negatif seperti menyebarkan hoax, dan lainnya. Nanti kamu sendiri yang akan dirugikan, karena jejak digital akan terus ada sampai kapanpun.

Nah itu tadi sepuluh langkah tepat yang bisa kamu lakukan untuk membangun personal branding di sosial media. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan jangan pantang menyerah !

Baca Juga : cara membuat konten yang menarik di sosmed

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *