Tanggal:22 June 2024

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Sebelum Berinvestasi!

Investasi sedang marak terjadi sejak di kalangan masyarakat berkat gencarnya pembahasan tentang literasi finansial yang membuat masyarakat sadar soal konsep, resiko, keterampilan, dan motivasi dalam konteks finansial. Orang yang berkecimpung dalam kegiatan investasi disebut sebagai investor. Kini, investor merupakan pekerjaan yang sangat diinginkan banyak orang karena banyak yang mengira bahwa pekerjaan tersebut hanya tinggal menunggu profit atau keuntungan saja, tanpa bertindak banyak.

Faktanya, menjadi investor tidak semudah itu. Kamu harus memiliki pengetahuan mengenai pekerjaan tersebut. Selain itu, kamu juga harus memiliki pengetahuan mengenai keuangan serta analisisnya dan harus bisa menganalisis keadaan yang sedang terjadi.

Kamu bisa melakukan banyak jenis investasi, salah satunya adalah investasi emas. Investasi emas merupakan investasi yang sering dilakukan oleh para investor karena memiliki banyak keuntungan. Apabila tertarik, kamu perlu mengetahui keuntungan dan kerugian investasi emas sebagai bahan pertimbangan sebelum berinvestasi.

Nah, artikel ini pas banget buat kamu yang tertarik untuk investasi emas karena kita akan membahas pengertian, kelebihan, dan kekurangi investasi emas secara lengkap.

Pengertian Investasi Emas

Pengertian investasi emas (freepik)

Investasi emas merupakan sebuah bentuk investasi modal terhadap logam mulia yaitu emas. Investasi ini dianggap oleh sebagian orang sebagai salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Nilai asetnya yang jarang mengalami perubahan secara drastis membuat tabungan emas jadi pilihan investasi karena dinilai aman dan minim resiko.

Nilai emas juga naik karena pergerakan harga emas yang cenderung mengikuti laju inflasi. Biasanya, semakin tinggi laju inflasi maka semakin naik pula harganya. Maka dari itu, investasi emas termasuk investasi dengan kategori low risk.

Investasi emas menjadi jenis investasi yang cukup mudah dilakukan. Siapapun bisa berinvestasi baik logam mulia maupun emas lainnya dengan modal yang sedikit. Saat ini sudah banyak platform menyediakan layanan tabungan emas yang bisa membantu kamu untuk berinvestasi meski dengan modal terbatas.

Kamu hanya perlu mempersiapkan dokumen data diri sebagai syarat utama membuka tabungan emas. Selanjutnya, modal yang kamu butuhkan dalam membuka tabungan emas terbilang cukup terjangkau. Kamu sudah bisa melakukan investasi dengan membeli emas mulai dari besaran 0.01 gram saja.

Baca juga: 8 Investasi Menguntungkan Bagi Pemula Tahun 2022

Kelebihan Investasi Emas

Nilai aset yang tidak tergerus inflasi secara signifikan, pembelian dan penjualan yang bisa dilakukan di mana saja, serta modal yang relatif terjangkau merupakan sebagian kecil dari kelebihan berinvestasi emas. Berikut adalah informasi rinci mengenai kelebihan yang kamu dapatkan ketika memilih untuk berinvestasi emas.

1. Nilai aset yang cenderung stabil

Nilai aset yang cenderung stabil (freepik)

Emas sebagai komoditas tidak hanya berperan sebagai instrumen investasi tetapi juga untuk melengkapi gaya hidup seseorang. Ketika transaksi emas masih terus berjalan, resiko harga aset emas turun dapat terbilang cukup minim. Hal ini menyebabkan nilai aset emas memiliki kecenderungan untuk tetap stabil dari waktu ke waktu. Faktor yang menyebabkan harga emas cenderung tetap stabil salah satunya karena adanya permintaan dan penawaran pada pasar yang jelas.

2. Mudah dicairkan dalam bentuk uang tunai

Keberadaan emas sebagai salah satu jenis logam mulia yang hingga saat ini masih diakui keabsahannya membantu proses pencairan aset emas menjadi lebih mudah. Sifat investasi yang menyerupai tabungan konvensional membuat kamu dengan mudah bisa mencairkan aset yang ada di dalam tabungan emas menjadi uang tunai.

3. Tidak memiliki bunga

Apabila kamu memiliki investasi lain selain emas, kamu tentu menyadari nilai yang kamu terima cenderung memiliki selisih yang cukup signifikan dari nilai aset yang dimiliki karena adanya bunga. Berbeda dengan emas, transaksinya cenderung mengikuti hukum syariah sehingga terbebas dari bunga. Maka dari itu, apabila kamu melakukan transaksi dalam penjualan, nilai emas yang kamu cairkan akan setara dengan apa yang kamu miliki di dalam tabungan.

Baca juga: Apa Perbedaan Bunga Dan Bagi Hasil?

4. Bersifat seperti dana darurat

Investasi emas dapat digunakan sebagai dana darurat (freepik)

Kamu juga bisa menganggap tabungan emas yang kamu miliki sebagai sumber dana darurat seperti tabungan konvensional. Dengan nilai aset yang cenderung stabil dan kemudahan dalam mengonversikan emas ke dalam bentuk uang tunai, kamu bisa membuat tabungan emas yang kamu miliki sebagai salah satu sumber darurat atau mungkin persiapan dana pensiun.

5. Melindungi nilai kekayaan

Investasi emas dapat dikatakan melindungi nilai kekayaan. Hal ini karena nilainya yang terbilang cukup stabil bahkan cenderung mengalami kenaikan. Maka dari itu, ketika ingin menjualnya kembali, seseorang yang berinvestasi dengan emas akan cenderung mendapatkan hasil baik yang justru lebih tinggi dari saat membelinya.

6. Dapat dibeli sesuai keinginan

Kelebihan lainnya yang bisa kamu miliki ketika berinvestasi dengan emas adalah dapat membelinya sesuai keinginan. Kamu tidak harus membeli dalam jumlah yang besar. Hal ini sama seperti membeli emas dalam bentuk perhiasan. Kamu juga bisa memilih emas yang ingin kamu jadikan investasi seperti emas muda atau emas tua.

Kekurangan Investasi Emas

Dalam setiap kemudahan atau keuntungan berinvestasi, tak jarang kamu akan menemukan sisi kekurangan atau kerugiannya. Sama halnya dengan melakukan investasi emas. Kamu perlu memperhatikan kekurangan investasi emas jika kamu tertarik untuk memulai investasi ini. Hal tersebut bertujuan agar kamu mengetahui tentang resiko dari investasi yang akan kamu lakukan.

1. Resiko kehilangan

Investasi emas memiliki resiko kehilangan (freepik)

Resiko kehilangan merupakan kelemahan pertama yang harus dihadapi oleh para investor emas. Resiko ini menjadi resiko yang harus diwaspadai terutama jika emas yang dijadikan investasi berupa perhiasan dan digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Hal yang dapat terjadi dari resiko kehilangan ini adalah adanya tindak kriminal berupa pencurian atau perampokan karena biasanya perhiasan yang digunakan cukup banyak dan terlihat mencolok.

Investor emas dalam bentuk batangan juga memiliki resiko kehilangan. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menyewa safe deposit box. Safe deposit box adalah sebuah fasilitas yang dimiliki oleh bank untuk menyimpan berkas-berkas ataupun sebuah barang yang memiliki nilai yang tinggi.

2. Berperan sebagai investasi jangka panjang

Tabungan emas lebih sering dilihat menguntungkan sebagai bentuk investasi jangka panjang, seperti sebagai dana pensiun atau dana darurat. Hal ini karena kenaikan nilai aset emas yang kamu miliki akan berpengaruh dengan cara kamu bertransaksi dalam tabungan emas.

Apabila kamu aktif menambah jumlah nilai emas yang kamu miliki maka besar kemungkinan kamu memiliki nilai aset yang besar. Namun sebaliknya, apabila kamu terhitung pasif maka maka keuntungan investasi emas yang Kamu prediksi akan sulit untuk terlaksana dalam waktu dekat.

Baca juga: 6 Jenis Investasi Jangka Panjang

3. Ada biaya administrasi dan penitipan

Investasi emas memiliki biaya administrasi dan penitipan (freepik)

Kamu perlu memperhatikan biaya lain-lain apabila hendak membuka tabungan emas, salah satunya biaya penitipan emas. Biaya penitipan emas ini biasanya memiliki batas waktu tertentu. Apabila masa berlakunya telah habis, maka biaya penitipan tersebut akan otomatis diperpanjang dengan cara memotong saldo pada tabungan emas kamu. Selain itu, setiap pembelian emas, kamu juga akan dikenakan biaya administrasi dari layanan penyedia jasa jual beli emas terkait.

4. Dampak kecil terhadap ekonomi riil

Berbeda dengan investasi saham, investasi emas tidak dapat berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi secara riil. Keuntungan dari investasi saham dapat digunakan kembali oleh perusahaan sebagai investasi lagi dan membiayai jalannya perusahaan tersebut sehingga dapat mengembangkan produk menjadi lebih baik.

Sedangkan investasi emas dinilai cenderung digunakan untuk kepentingan pribadi meskipun ada beberapa investor emas menggunakan keuntungan investasi ini untuk kebutuhan suatu pembelanjaan yang menjadi indikator dari pertumbuhan ekonomi.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi emas, kamu akan menjadi investor yang bijak. Sebab, kamu bisa mempertimbangkan instrumen investasi apa yang cocok dengan dirimu. Sebagai investor, kamu juga perlu mempelajari lebih dalam mengenai investasi dan bagaimana cara mengalokasian dana agar maksimal untuk invsetasi yang baik.

Pengetahuan tersebut bisa kamu peroleh dengan mengikuti kursus Investing 101: Cara Cepat Belajar Reksa Dana, Saham, Deposito, dan Emas di Vocasia. Tak hanya instrumen investasi emas, kamu juga akan belajar mengenai macam-macam instrumen investasi seperti reksa dana, saham, dan deposito.

Akses kursusnya sekarang juga dan raih cita-cita kamu untuk menjadi investor yang sukses!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *