Tanggal:28 April 2024

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

seorang wanita menatao

Setiap manusia terlahir berbeda-beda. Baik itu secara fisik, agama, budaya, suku, dan ras maupun karakter pribadinya. Terkadang perbedaan menjadi sumber permasalahan dimasyarakat. Nah, untuk bisa menerima segala perbedaan dibutuhkan pikiran yang terbuka atau open minded. Open minded adalah cara berpikiran terbuka. Keterbukaan pikiran adalah karakterisik yang melibatkan penerimaan terhadap beragam ide, argumen, dan informasi.

Berpikiran terbuka umumnya dianggap sebagai kualitas positif. Selain itu, open minded juga ternyata baik bagi kesehatan mental. Jika kamu tidak terbuka menerima ide dan perspektif lain, sulit untuk melihat faktor yang berkontribusi terhadap masalah atau menghasilkan solusi yang efektif.

Baca juga : Inilah 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Untuk Upgrade Kualitas Dirimu

Apa itu Open Minded?

Open minded adalah pemikiran terbuka. Pemikiran terbuka merupakan bentuk penerimaan diri kita terhadap berbagai gagasan yang baru. Intinya pemikiran terbuka ini berkaitan dengan cara diri kita menerima pandangan, pengetahuan, maupun perbedaan yang dimiliki oleh orang lain.

Selain itu, pola pikir open minded juga bisa membuatmu menambah berbagai wawasan dan pengalaman baru, menjalin hubungan sosial yang harmons dengan orang lain, dan melatih mental untuk menjadi lebih kuat dan optimis.

Karakteristik Orang Open Minded

Orang yang memiliki pola pikir open minded memiliki beberapa karakteristik yang menonjol. Nah, berikut adalah beberapa contoh sikap orang yang memiliki pemikiran open minded:

  • Terbuka dengan pemikiran dan pendapat orang lain.
  • Tidak takut mengutarakan pemikiran dan pendapat pribadi.
  • Tidak takut membuat kesalahan.
  • Memiliki empati tinggi.
  • Percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk berbagi tentang pemikirannya masing-masing.
  • Memiliki sikap rendah hati.

Apabila kamu melihat berbagai karakteristik tersebut dalam dirimu, mungkin kamu sudah memiliki pemikiran open minded. Jika belum, jangan khawatir, karena pemikiran open minded ternyata bisa dipelajari, lho.

Cara Mengembangkan Pemikiran Open Minded

Melatih pemikiran open minded memang tidak mudah. Kamu harus terbuka terhadap ide, pendapat, atau nilai-nilai baru yang memerlukan proses adaptasi dan waktu. Untuk mengembangkan pemikiran open minded, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Menerima Ketidaktahuan yang Dimiliki

Tentunya, ada banyak hal di dunia ini yang tidak kita ketahui. Nah, dengan menyadari dan menerima ketidaktahuan, bisa membantumu melatih pola pikir open minded. Sikap tersebut dapat memicu munculnya rasa empati. Karena kita akan menyadari bahwa banyak yang belum kita ketahui di dunia ini.

Dengan sikap menyadari ketidaktahuan, kita akan terlatih untuk bisa menerima perbedaan yang ada di sekitar.

2. Menerima Ketidaktahuan yang Dimiliki

Jika kamu mendapat informasi, ide, atau gagasan baru, namun sulit untuk menerima hal tersebut, cobalah untuk melakukan refleksi diri dengan cara bertanya kepada diri sendiri. Misal, seberapa banyak informasi yang kamu ketahui mengenai hal atau ide tersebut, mengapa kamu tidak menyukainya, atau haruskah kamu menciptakan konflik dengan orang lain karenanya?

Dengan membuat pertanyaan kepada diri sendiri untuk refleksi tersebut, akan membantumu dalam mengambil sikap untuk lebih bijaksana dan terbuka dalam menanggapi ide atau hal baru.

3. Cari Keberagaman

Untuk dapat mengembangkan pemikiran open minded, kamu bisa mencoba untuk lebih sering bergaul dengan orang yang memiliki perbedaan latar belakang, ras, suku, budaya, atau agama dengan dirimu. Cara tersebut penting untuk bisa menyadari ragam yang ada di lingkunganmu. Dengan demikian, kamu akan terbiasa untuk bersikap toleransi bahkan menikmati perbedaan serta keberagaman yang ada.

Baca juga : Kenali Coping Mechanism Yang Sehat Dan Tidak Sehat

Ciri-Ciri Orang Open Minded

Ciri orang-orang yang memiliki open minded atau pemikiran terbuka adalah mereka biasanya adalah orang-orang yang selalu ingin belajar. Semakin terbukanya pemikiran mereka, mereka menjadi lebih haus akan informasi atau wawasan. Orang-orang open minded ini paling suka sekali kalau di ajak diskusi, selain menambah relasi pertemanan mereka juga suka sekali menggali ilmu dari perspektif-perspektif lawan bicaranya. 

Selain suka sekali belajar, orang-orang open minded ini juga merupakan pribadi yang sangat pintar dalam mempertimbangkan suatu keputusan secara matang-matang. Orang yang open minded selalu mencoba melihat sesuatu hal dari berbagai sisi. Sebelum membuat kesimpulan dari keputusan yang akan di ambil mereka mengumpulkan terlebih dahulu fakta sebanyak-banyaknya, kemudian mereka juga tidak sungkan untuk meminta pendapat dari orang lain.

Hal itulah yang menjadi pembeda orang yang memiliki open minded, mereka tidak langsung menyimpulkan suatu hal, mereka membuat pertimbangan matang-matang sebelum membuat sebuah keputusan. Selain dari dua ciri tadi, ada beberapa alasan mengapa penting sekali buat kamu untuk bersikap open minded. Kamu penasaran bukan ? simak penjelasan dibawah ini, ya!

Baca juga : Emotional Numbness: Mati Rasa Dalam Psikologi Dan Cara Mengatasinya

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

1. Menjadi Pribadi Yang Positif

Ilustrasi Wanita Tersenyum Sambil Mengacungkan Jempol
Ilustrasi Wanita Tersenyum Sambil Mengacungkan Jempol(pexels.com/moose)

Pikiran yang terbuka dapat membantumu untuk tumbuh menjadi pribadi yang positif. Kamu akan belajar bagaimana cara nya menghargai dirimu sendiri maupun menghargai orang lain. Semakin kamu banyak belajar maka kamu akan menjadi seseorang yang lebih rendah diri, seseoang yang rendah diri akan membentuk dirinya menjadi pribadi yang memiliki pola pikir positif.

Baca juga : Yuk Simak! Apa Itu Terapi Musik Dengan Segudang Manfaatnya

2. Kamu Dapat Melihat Arah Tujuanmu Dengan Jelas

Ilustrasi Wanita Sedang Ada Di Pantai
Ilustrasi Wanita Sedang Ada Di Pantai(pexels.com/jill wellington)

Pikiran yang terbuka dapat membantu kamu untuk melihat secara jelas arah tujuan hidupmu. Mengapa? karena orang yang mempunyai sikap seperti itu suka sekali menggali informasi, sehingga mereka menjadi pribadi yang berwawasan luas. Dari situlah mereka bisa melihat arah tujuan hidup mereka, dan terpacu untuk melakukan banyak hal kedepannya. Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa berdiam diri, mereka selalu ingin melakukan banyak hal dalam kehidupan.

Baca juga : Mengenal FOMO Beserta Gejala Dan Cara Mencegahnya

3. Menjadi Lebih Optimis

Ilustrasi Wanita yang Sedang Duduk Sambil Tersenyum
Ilustrasi Wanita yang Sedang Duduk Sambil Tersenyum(pexels.com/blue bird)

Sikap optimis dapat mendorong seseorang untuk pantang menyerah terhadap setiap keadaan. Seseorang yang memiliki sikap optimis, mereka percaya pada dirinya sendiri bahwa mereka bisa, dan mampu menghadapi apapun. Ketakutan akan kegagalan tidak ada bagi orang yang optimis, mereka berani mengambil resiko dengan segala pertimbangannya. Jika kamu bersikap open minded kamu akan menjadi pribadi optimis, yang siap berjuang bersama dirimu untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Baca juga : Ikigai: Sebuah Makna Tentang Hidup

4. Terhindar Dari Stress

Ilustrasi Balon Bewarna Kuning
Ilustrasi Balon Bewarna Kuning(pexels.com/mossholder)

Tahukah kamu bahwa penyebab seseorang merasa stress tidak hanya dipicu oleh faktor lingkungan saja, namun seseorang juga dapat stress dapat dikarenakan dirinya sendiri lho, Lah kok bisa begitu ? bisa dong, beberapa penyebabnya adalah karena seseorang itu terlalu memikirkan suatu hal yang kecil sampai berlarut-larut sehingga menjadi suatu masalah yang membuat kepala pusing, dan akhirnya jadi stress sendiri.

Namun kamu nggak perlu khawatir, kalau kamu memiliki sikap pikiran yang terbuka kamu bisa terhindar dari namanya stress, pikiranmu akan terbuka bahwa semua yang terjadi pasti ada solusinya, kamu akan merasa yakin bahwa kamu pasti bisa mengatasinya, dan yang pastinya kalau ada masalah kamu pasti tidak bertindak secara gegabah.

Baca juga : 8 Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

5. Terhindar Dari Yang Namanya Konflik

Ilustrasi Orang Lompat
Ilustrasi Orang Lompat(pexels.com/belle co)

Jika kamu memiliki sikap open minded kamu akan terhindar dari yang namanya konflik. Seringkali konflik ini terjadi karena seseorang tidak bisa menerima adanya perbedaan antara diri mereka dengan orang lain.

Nah orang yang berpikiran terbuka adalah orang yang tidak suka memperpanjang perkara, mereka cinta damai. Mereka akan segera mencari solusi dari permasalah tersebut. Mereka juga tidak sungkan meminta pendapat orang lain, mereka mengetahui bahwa setiap orang memiliki perspektif yang berbeda-beda, dan mereka sangat menghargai hal itu.

Baca juga : Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

6. Memiliki Banyak Teman

Ilustrasi 3 Orang Wanita Berpelukan Dari Belakang
Ilustrasi 3 Orang Wanita Berpelukan Dari Belakang(pexels.com/rodnae production)

Seseorang yang bersikap terbuka maka akan memilki banyak teman, karena orang akan menyukai seseorang dengan kepribadian baik, yang dapat menghargai segala perbedaan. Orang yang pribadinya terbuka juga merupakan seseorang yang pandai dalam menjaga segala bentuk hubungan, tak terkecuali dengan pertemanan. Mereka selalu berpikir matang-matang sebelum bertindak, sehingga prilaku mereka terhadap teman-temannya pun dijaga.

Hal inilah yang membuat orang suka sekali berteman dengan seseorang yang open minded. Manfaat lainnya jika kamu memiliki banyak teman, tentunya kamu memiliki banyak pihak yang akan selalu mendukung dan membantumu di saat kamu butuh pertolongan.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Pribadi Yang Proaktif Saat Bekerja

7. Mendapatkan Hal-Hal Yang Baru

Ilustrasi Konstruktor Pria Menggambar Di Kertas
Ilustrasi Konstruktor Pria Menggambar Di Kertas(pexels.com/andreapiacquadio)

Alasan yang terakhir mengapa kamu harus bersikap open minded, adalah kamu akan mendapatkan hal-hal yang baru. Orang yang open minded selalu terpacu untuk belajar, mencari pengetahuan, dan pengalaman sehingga dirinya akan mendapatkan hal-hal baru yang akan bisa membuat dirinya menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Nah, itu tadi tujuh alasan mengapa kamu harus bersikap open minded. Semoga artikel ini bermanfaat yaa. tetap semangat, dan jangan menyerah!

Baca Juga : 6 Manfaat Yang Akan Diperoleh Jika Memiliki Self Leadership

Edited by: Rangga Septio Wardana (Instagram: @ranggasward)

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *