Tanggal:10 May 2024

Yuk Kumpul, Ada 8 Tips Nih Agar LinkedInmu Menarik

linkedin menarik

Baca Juga | Perbedaan CV dengan Resume yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa sih yang situs webnya gak mau dilirik banyak orang? Pasti pada mau dong.. terutama bagi Anda yang membaca laman ini, mungkin ini salah satu tujuannya. Di dunia yang serba digital ini, banyak hal yang dapat kita lakukan, tidak hanya untuk memperoleh data dan informasi saja, tetapi juga menjadi alat untuk kita terhubung dengan orang lain sampai ke berbagai belahan dunia, cari jodoh? bisa.., stalk mantan? apalagi hahaha.. bahkan dunia profesional sekarang pun sangat mengandalkan media sosial dan kali ini kita akan berbicara tentang LinkedIn, platform yang sudah tidak asing lagi bagi job seeker dan recruiter khususnya.

Baca Juga | 6 Cara Membuat CV ATS Friendly, Dijamin Lolos Screening!

Pada umumnya LinkedIn serupa dengan Curriculum Vitae atau yang biasa kita sebut dengan CV, namun spesialnya LinkedIn tidak hanya menyediakan informasi tentang data diri, pengalaman hidup, latar belakang pendidikan saja, lewat LinkedIn, orang lain dapat melihat atau mengetahui lebih lagi tentang diri Anda, minat dan aktivitas Anda, bahkan Anda pun dapat terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang hebat di luar sana yang terhubung dengan LinkedIn. Secara tidak langsung, di sini kita juga membagikan citra diri kita (personal branding) secara profesional.

Ilustrasi dashboard LinkedIn (mojok.co/Eza Hazami)

Apa aja sih yang LinkedIn dapat lakukan bagi penggunanya?

1. Membantu berbagi cerita tentang diri secara profesional

Baca Juga | 7 Tips Jitu Membuat CV Menarik agar Diperhatikan oleh Rekruiter

Profil yang kita isi dengan berbagai informasi lengkap dan berbagai pencapaian yang telah kita peroleh dapat membantu orang lain, terutama bagi perekrut untuk dapat mengenal pribadi kita secara profesional.

2. Membuka kesempatan karir dengan lebih mudah dan efektif

Baca Juga | 6 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Freshgraduate Harus Tahu!

LinkedIn terhubung dengan sekian juta pengguna di seluruh dunia. Ini menjadi kesempatan bagi para job seeker yang sedang mencari pengalaman kerja maupun bagi rekruter yang juga mencari calon karyawan untuk bergabung di perusahaan mereka. Mulai dari yang masih menempuh pendidikan, fresh graduate, maupun yang berpengalaman dapat melamar ke perusahaan yang sesuai dengan minatnya. Eits.. jangan salah, selain kita yang mencari, tidak jarang perusahaan-perusahaan ternama memberi penawaran ke kita.

3. Membangun networking

Baca Juga | 8 Tips agar Cepat Dipanggil Wawancara Kerja, Maksimalkan Berbagai Kesempatan!

Seperti yang kita tahu, networking merupakan hal penting dalam membangun karir, terutama bagi para fresh graduate. Selain dapat terhubung dengan orang lain, kita juga dapat menemukan komunitas kita, dengan begitu networking kita akan semakin luas.

Buat Profile LinkedIn-mu Menarik

Dengan berbagai kemudahan yang dapat kita peroleh, bagaimana sih cara memaksimalkan profil LinkedIn agar lebih menarik? Berikut di bawah ini ulasannya.

1. Pasang profile picture terbaikmu

Baca Juga | Seberapa penting Angle dalam Fotografi

Tidak mengungkiri, penampilan sering menjadi first impression bagi seseorang, bukan tentang cantik atau tampan, melainkan bagaimana Anda mempersiapkan diri Anda dengan rapih dan sopan dalam menghadapi dunia profesional. Kalau dari penampilan luar saja kita baik, kemungkinan di dalam mengikuti, bukan?

Ada sedikit tips berfoto dengan baik, antara lain:

  • Berikan senyuman terbaikmu, senyumanmu membuat aura baikmu semakin terlihat
  • Ambil foto close-up secukupnya, tidak perlu seluruh bagian badan terlihat, yang penting wajahmu dapat terlihat dengan jelas,
  • Pakai pakaian rapih, tidak harus jas, pilihlah pakaian yang cocok dilihat secara profesional.
  • Tambahkan photo background

Mencantumkan photo background juga tidak kalah penting lhoo, tetapi bukan foto selfie yaa hehehe. Foto yang bisa Anda pakai bisa saat kamu bicara di depan umum, hasil karyamu, spanduk/brosur, logo bisnis Anda, dan semacamnya. Tidak harus, tapi kalau kita punya salah satunya kenapa tidak (Baca Juga: 4 Cara Sederhana Menggunakan Free Portfolio Bootstrap Template)

2. Isi ringkasan diri

Baca Juga | 10 Kriteria Penilaian HRD Saat Proses Recruitment, Kamu Harus Tahu!

Ringkasan profil memungkinkan orang lain mengetahui gambaran diri Anda secara umum/singkat. Tidak perlu terlalu panjang, cukup 1 – 2 paragraf. Ringkasan dapat diisi dengan poin-poin sebagai berikut:

  • Paragraf pertama: ceritakan pencapaian yang Anda peroleh, tidak perlu menuliskan semua pencapaian, cukup yang paling berkesan bagi Anda
  • Paragraf kedua: apa saja yang sekarang Anda lakukan dan sertai alasan Anda melakukan pekerjaan tersebut.
  • Paragraf ketiga: Anda bisa menuliskan audiens yang menjadi target Anda dan bagaimana Anda membantu mereka.
  • Paragraf keempat: selain mengerjakan kesibukan utama, pasti Anda memiliki hobi untuk mengisi waktu senggang atau sekedar mengistirahatkan diri sejenak, Anda dapat tuliskan juga.

Baca Juga | Yuk Ketahui Tentang Copywriting dan Contohnya

3. Tuliskan apa saja keahlianmu

Cantumkan apa saja keahlian Anda yang tentunya relevan dengan minat atau apa yang sedang Anda kerjakan saat ini. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah terhubung dengan para rekruter yang juga mencari kompetensi yang sama dengan apa yang Anda tekuni.

Temukan berbagai kursus berbagai keahlian menarik di Vocasia

4. Buat headlinemu berbeda

Biasanya headline secara otomatis akan tertulis sesuai dengan pekerjaan yang Anda cantumkan. Namun tidak ada salahnya bila Anda membuat headline Anda lebih menarik karena headline berada tepat di bawah nama Anda, jadi tambahkan keterangan headline menjadi lebih mengesankan, contoh “Copywriter di Vocasia yang berhasil menjual ratusan produk setiap hari”, “Agen Asuransi di Allianz yang memiliki 100 client di tahun pertama bekerja”.

5. Hubungkan dengan akun media sosial lain yang kamu miliki

Baca Juga | 10 Langkah Membangun Personal Branding Di Sosial Media

Dengan mencantumkan media sosial lainnya yang Anda miliki, memberi kesempatan bagi orang lain untuk semakin mengenal atau terhubung dengan Anda. Anda juga dapat mencantumnkan alamat surel yang berisi portofolio atau karya-karya Anda, dengan begitu orang lain dapat mengetahui dengan kredibel tentang kemampuan atau diri kamu. Hal ini tentu memudahkan bagi kalian yang sedang membuka peluang karir untuk dilirik karena apa yang mereka lihat dapat menarik perhatian mereka untuk tahu kamu lebih dalam lagi.

Baca Juga | Cara dan Manfaat Membangun Personal Branding di Linkedin

6. Ubah URL

Secara otomatis URL berisi nama Anda dan nomor acak, untuk itu Anda perlu mengubah URL agar mempermudah orang lain mengunjungi profil Anda. Caranya, klik ‘Privacy & Settings’, Anda akan melihat bagian ‘Edit Public Profile’. Setelah itu, Anda diminta untuk mengedit URL Anda. Anda bisa mengubah URL dengan apapun, misalnya menambahkan pekerjaan Anda, seperti www.linkedin.com/in/graciatherecopywriter/ .

7. Minta rekomendasi dari koneksimu

Terakhir tapi tidak kalah penting, rekomendasi dari koneksi Anda membuat orang lain yang mengunjungi profile Anda sebagai orang yang dapat dipercaya karena mereka yang Anda minta untuk menuliskan rekomendasi di laman Anda pasti berisi hal-hal yang baik atau berkesan bagi mereka untuk Anda dipertimbangkan oleh yang lainnya. Jangan lupa, balas mereka yang sudah menulis rekomendasi untuk Anda dengan menuliskan kembali rekomendasi di laman mereka.

Baca Juga | Tips Mengisi Linkedln Untuk Fresh Graduate

Jika hal-hal di atas Anda sudah lakukan, dijamin ini akan mempermudah Anda memperoleh peluang karir yang Anda inginkan, di samping terus memaksimalkan potensi diri dan berdoa yaaa. Oiya, bukan berarti perjuangan Anda memaksimal profil diri di LinkedIn hanya sampai di sini, Anda harus terus mengupdate isi profil Anda dengan hal-hal terbaru yang sudah Anda lakukan dan dapatkan. Dengan begitu, kapanpun para rekruter menjaring jalanya, Anda tidak akan ketinggalan. 

Baca Juga | 5 Tips untuk Branding Diri di Sosial Media, Ciptakan Aura Positifmu!

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *