Tanggal:29 April 2024

Keunggulan dan Kekurangan pada Sistem Operasi Linux

Pada setiap Desktop tentunya memiliki sistem operasi. Sistem operasi juga tidak hanya satu jenis, Ada sistem operasi Windows, Linux dan MacOS.

Pada ulasan dibawah ini Kalian akan mengetahui keunggulan dan kekurangan yang terdapat pada sistem operasi Linux.

Apa itu Sistem Operasi Linux?

Linux adalah sistem operasi yang sifatnya open source jadi pengguna dengan mudah mengunduh, mengubah maupun ikut berkontribusi ke dalam kernel atau distro yang terdapat pada sistem operasi Linux. Sistem operasi ini juga sangat digemari oleh programmer pemula maupun programmer profesional karena memiliki sifat yang open source tentunya dan berbeda pada sistem operasi lainnya.

Baca Juga: 10 Perintah Dasar Linux yang Harus Diketahui

Keunggulan yang ada pada Linux

Para Developer terus mengembangkan dan memperbarui agar sistem operasi Linux terus bertahan. Berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan yang terdapat pada sistem operasi Linux.

1. Open Source

Maksud dari kata open source adalah kode yang terdapat pada sistem operasi Linux dapat diakses secara gratis oleh siapapun. Pengguna dapat dengan mudah mengakses dan mengembangkan sesuai keinginan. Bahkan pengguna juga dapat memodifikasi dengan tujuan apapun.

2. Keamanan

Linux memiliki keamanan yang harus di Authorization setiap pengguna ingin menjalankan program agar virus sulit berjalan pada software. Tetapi bukan berarti sistem operasi pada Linux tidak dapat terkena virus. Sama seperti Windows sistem operasi ini juga dapat terkena virus, tetapi tidak separah sistem operasi yang terdapat pada Windows.

Privacy pada Linux juga terbilang cukup aman. Linux sendiri tidak mengumpulkan data pengguna ketika menggunakan distro atau software tertentu. Tidak seperti kebanyakan sistem operasi lainnya yang membutuhkan data pribadi penggunanya.

Baca Juga: Proteksi Ransomware: Cara Menjaga Keamanan Data Anda di Tahun 2022

3. Sistem Operasi yang Ringan

Jika pada sistem operasi Windows menggunakan GUI atau Graphical User Interface yang berfungsi untuk membuat tampilan menjadi lebih baik. Pada sistem operasi Linux sifatnya lebih ke Command Line melalui perintah text. Ini yang membuat sistem operasi Linux lebih ringan ketimbang sistem operasi pada Windows.

Ini lah yang membuat pengguna tertarik pada sistem operasi Linux karena bisa digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Baca Juga: Cara Menginstall dan Menggunakan Perintah Nano Text Editor di Linux

4. Customization

Linux memberikan banyak kemudahan untuk para pengguna. Customization adalah salah satunya, pengguna dengan mudah dapat meng-custom ulang sistem operasi dan fitur sesuai keinginan.

Pengguna dapat menambahkan fitur dan juga dapat menghapus fitur yang tidak dibutuhkan. Tampilan UI atau User Interface pada Linux juga dapat disesuaikan oleh pengguna dengan mudah.

5. Banyak Pilihan Distro

Banyak distro yang tersedia untuk dipilih. Baik sebagai kelebihan dan kekurangan Linux, mempunyai distro yang banyak cukup membantu pengguna memilih berdasarkan fungsi dari komputernya. Ada banyak distro yang saat ini terus aktif dan berkembang. Seperti Fedora, Ubuntu, Arch Linux, Debian, Linux Mint, dan sebagainya. Hanya saja, karena hal tersebut akan membingungkan pemula yang ingin belajar. Walaupun masing-masing distro punya fungsi yang sama.

Baca Juga: Cara Install Webmin di Ubuntu

Kekurangan yang ada pada Linux

1. Dukungan Aplikasi Sedikit

Sistem operasi pada Linux tidak banyak mendukung aplikasi dikarenakan sistem operasi ini tidak dikhususkan untuk orang awam. Maka dari itu sistem operasi Linux tidak banyak yang menggunakan.

Banyak aplikasi yang tidak support pada sistem operasi Linux. Seperti aplikasi edit video, foto, desain dan lainnya. Pada aplikasi Adobe juga tidak compatible.

2. Dukungan Hardware

Dukungan Hardware yang dimaksud adalah seperti Keyboard atau Mouse. Pastikan sebelum menginstall sistem operasi Linux drivers pada Hardware dapat terdeteksi pada sistem operasi ini. Jika tidak terdeteksi maka kemungkinan besar Hardware tidak akan berfungsi.

Baca Juga: Tutorial Cara Mengganti Nama File di Linux

3. Layanan Berbayar

Walaupun sistem operasi Linux dikenal sebagai sistem operasi yang open source. Linux juga memiliki layanan yang berbayar, Jika pengguna mengalami kendala atau masalah pada sistem operasi yang dijalankan dan ingin menghubungi customer service maka secara otomatis pengguna akan terkena biaya pada layanan customer service.

Tetapi jika tidak ingin terkena biaya customer service, Kalian dapat mengikuti forum-forum atau grup yang tersebar luas di Internet.

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan pada sistem operasi Linux yang harus Kalian ketahui. Pada umumnya pengguna yang menggunakan sistem operasi Linux adalah pengguna yang bekerja di bidang IT.

Jika Kalian berminat untuk beralih ke sistem operasi Linux. Kalian harus mempelajari terlebih dahulu cara kerja sistem operasi Linux.

Semoga ulasan diatas dapat membantu Kalian, Terima Kasih!

Baca Juga: Cara Membuat Server Sendiri di Rumah

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *