Tanggal:25 April 2024

Definisi Digital Agency Beserta Jobsdesc dan Perannya

Sumber: rawpixel.com

Pengertian Digital Agency

Digital agency yang berfokus pada pemasaran bisnis, produk, dan layanan Anda di dunia digital. Kegiatan digital marketing adalah membantu melakukan pemasaran sebuah produk atau brand melalui berbagai media digital melalui desain dan pengembangan situs web, optimisasi mesin pencari (SEO), pemasaran konten, iklan online berbayar, media sosial, pemasaran email, dan layanan lainnya.

Baca Juga: Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketing

Saat ini, populasi dunia mencapai sekitar 8 miliar. Dari jumlah tersebut, sekitar 3,3 miliar menggunakan beberapa bentuk media sosial dan jumlah ini berkembang pesat. Sederhananya, ini menciptakan strategi pemasaran yang akan memanfaatkan dunia digital saat ini.

Baca Juga: Apa itu SEO Marketing?

Peran Penting Digital Agency

Sumber: rawpixel.com

Sumber: rawpixel.com

Baca Juga: Peluang Kerja Digital Marketing

Digital agency memiliki layanan lengkap yang akan berfokus pada dua area penting ini untuk memastikan kesuksesan dan pertumbuhan bisnis Anda.

  1. Memahami Tentang Bisnis yang Akan di Jalanin

Sulit bagi semua jenis agen pemasaran untuk “menjual” bisnis ke pasar yang ditargetkan jika mereka tidak memahami bisnis Anda. Mereka harus benar – benar memahami dan mempelajari  tentang produk atau layanan Anda, target pasar Anda, tujuan Anda, dan yang terpenting mendapatkan “feel” untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

  1. Menguasai Branding Online Milik Anda

Keberhasilan bisnis Anda sangat bergantung pada memiliki situs web yang berfokus pada pembeli yang menampilkan merek Anda. Jika saat ini Anda memiliki situs web, agensi akan menggunakan sejumlah alat untuk menganalisisnya. Dengan demikian, mereka dapat menentukan perubahan apa yang harus dilakukan untuk mencapai hasil terbaik.

Baca Juga: 7 Sertifikasi Penunjang Karir Digital Marketing

Jobdesc Digital Marketing

Baca Juga: 7 Tips Menjadi Konsultan Digital Marketing

Sumber: rawpixel.com

Sumber: rawpixel.com

Berikut beberapa jobdesc yang berhubungan dengan digital agency:

1. Social Media Manager

Sebagai manajer media sosial, Anda bertanggung jawab untuk melibatkan pengikut di semua platform online tempat merek Anda hadir; membuat strategi untuk membangun kesadaran merek di media sosial; bekerja sama dengan tim Materi Iklan untuk mengembangkan dan mempromosikan konten yang mendorong pelanggan untuk terus mengunjungi halaman merek Anda dan akhirnya membeli dari bisnis Anda.

Baca Juga: Jobdesk Social Media Marketing

2. Content Strategist

Sebagai ahli strategi konten, tujuan utama Anda adalah mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia dengan membuat dan mengawasi strategi konten menggunakan postingan blog, postingan media sosial, buletin elektronik, video, dan lainnya. Di biro iklan yang lebih kecil, Ahli Strategi Konten juga diharapkan merangkap sebagai penulis konten, sementara yang lain mungkin memiliki Copywriter di tim.

Baca Juga: Ingin Menjadi Content Strategist? Berikut Tugas-Tugasnya!

3. Copy Writer

Dengan menggunakan wawasan dan strategi dari Manajer Media Sosial dan Ahli Strategi Konten, Anda bertanggung jawab untuk menulis konten yang menarik minat pelanggan.

Sebagai copywriter, Anda perlu tahu cara menulis untuk berbagai saluran. Anda dapat ditugaskan untuk menulis teks media sosial atau menulis baris untuk video pendek yang dioptimalkan untuk seluler.

Baca Juga: Perbedaan Content Writer dan Copywriter

4. Graphic Designer

Konten tidak akan lengkap tanpa visual yang menarik yang merupakan mahakarya Desainer Grafis. Sebagai desainer, Anda bekerja dengan Copywriter untuk menemani kata-kata mereka dengan visual yang memukau. Bentuk konten lain yang mungkin diminta untuk Anda buat adalah gulungan video, meme, atau gif.

Baca Juga:

Tugas Graphic Designer yang Perlu Kamu Tahu!

Perbedan Graphic Designer dan Visual Designer

5. SEO Specialist

SEO adalah singkatan dari optimasi mesin pencari. Sebagai spesialis SEO, Anda adalah master kata kunci. Tujuan utama Anda adalah membuat situs web atau akun media sosial klien Anda mudah ditemukan dengan melakukan pencarian kata kunci dan menggunakan alat pelacak seperti Google Analytics. Anda akan membantu Copywriter, Content Strategist, dan Social Media Manager untuk tetap update dengan istilah terkait dan perubahan persyaratan mesin pencari untuk mencapai tingkat visibilitas online yang tinggi.

Baca Juga:

Berikut Tugas-Tugas SEO Specialist

Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

6. Account Manager or Account Executive

Manajer Akun adalah penghubung antara agensi dan klien. Anda adalah orang kunci untuk menyampaikan brief dan persyaratan klien kepada tim kreatif biro iklan Anda. Sebagai advokat klien, Anda harus memiliki keterampilan pemecahan masalah terutama selama miskomunikasi antara klien dan agensi, Anda juga harus dapat memandu klien Anda mengenai strategi pemasaran dan tren pemasaran saat ini.

Baca Juga: Mengenal Jobdesk dan Skill Sales Executive

Kenapa Memilih Digital Agency?

Pembeli saat ini paham teknologi dan ingin menemukan produk dan layanan terbaik dengan harga terbaik. Percayalah bahwa mereka akan berkeliling sampai mereka menemukan apa yang mereka rasa adalah kesepakatan terbaik. Jika bisnis Anda tidak memanfaatkan teknologi terbaru dan saluran sebanyak mungkin untuk menjangkau audiens target Anda, Anda berisiko tidak ditemukan di pasar online saat ini.

Baca Juga:

6 Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir

Berikut Tips dan Cara Mendapatkan Klien Digital Marketing Agency

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *