Tanggal:06 May 2024

Yuk Cari Tahu Apa Itu Knowledge Management?

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, knowledge management sangat dibutuhkan. Pasalnya, knowledge management sangat membantu mengelola suatu pengetahuan ataupun informasi tertentu. Knowledge management adalah proses menciptakan, membagikan, dan mengelola suatu pengetahuan dari sebuah organisasi. Setiap perusahaan tentu memiliki sistem pengelolaan pengetahuannya sendiri. Semua aspek pengetahuan yang membantu kemajuan perusahaan dikelola secara teratur. Hal ini didukung oleh proses penciptaan berbagai macam unit pengetahuan baru tentunya.

Baca juga: Yuk Mengenal Apa Itu Budaya Perusahaan!

Knowledge management adalah proses utama merangkai seluruh kebutuhan pengetahuan perusahaan secara terstruktur. Berbagai proses didalamnya saling terkait satu sama lain. Para anggota suatu organisasi akan mulai menciptakan hingga mengelola pengetahuan baru. Sistem pengetahuan baru dapat membantu perkembangan laju perusahaan ke depan. Knowledge management dapat dikatakan sebagai sumber perusahaan menerima berbagai masukan informasi. Semuanya terangkum menjadi satu kesatuan. Dan seluruh pengetahuan menjadi ujung tombak perubahan perusahaan. Tahukah kamu siklus hidup sederhana dari knowledge management? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Tahap Capturing

Tahap capturing adalah tahap awal dari siklus knowledge management. Dalam tahap ini terjadi proses pemasukan data atau pencarian berbagai pengetahuan. Kemudian pengetahuan yang ada akan dilakukan tahap pemindaian. Proses pengambilan data dapat dilakukan melalui wawancara ataupun brainstorming. Seluruh data atau informasi yang masuk tersimpan dengan baik. Berbagai pengetahuan dikelola dengan baik sesuai kebutuhan pengetahuan dari perusahaan.

2. Tahap Organizing

Knowledge management adalah seluruh proses berkaitan dengan pengetahuan perusahaan. Seluruh pengetahuan dan informasi dilakukan pengorganisasian secara baik. Dalam tahap organizing berbagai informasi dilakukan penyaringan. Proses penyaringan pengetahuan perlu dilakukan menyesuaikan kebutuhan dari perusahaan tersebut. Berbagai pengetahuan akan diuji dan disaring sesuai fungsinya terhadap kemajuan perusahaan. Sehingga, pengetahuan pun menjadi terorganisir dengan baik.

3. Tahap Refining

Dalam tahap refining seluruh pengetahuan dilakukan pembuatan proyeksi. Melalui sistem kerja sama anggota organisasi, pembuatan proyeksi dapat terselesaikan dengan mudah. Pembuatan proyeksi akan membantu memvisualisasikan berbagai pengetahuan. Proyeksi dapat mempermudah setiap anggota membaca data pengetahuan secara jelas karena seluruh pengetahuan telah terorganisir dengan baik. Tentu saja visualisasi berdasar kegunaan pengetahuan sangat dibutuhkan. Perusahaan dapat melihat proyeksi yang ada sebagai referensi mengambil berbagai data.

Baca Juga : Apa itu Impementasi?

4. Tahap Transfer

Siklus knowledge management yang paling akhir ialah tahap transfer. Berbagai informasi dan pengetahuan yang telah terkumpul akan dilakukan proses transfering. Melalui tahap transfer seluruh anggota suatu organisasi dapat memahami dan mengetahui beragam pengelolaan pengetahuan. Tahap transfer adalah tahapan membagikan pengetahuan dan tahap peringan akan pengetahuan yang ada. Selain membagikan pengetahuan, terjadi tahap peringatan. Pasalnya seluruh kumpulan pengetahuan perlu dievaluasi terlebih dahulu. Dilakukan peringatan terhadap data yang dianggap tidak membangun kemajuan perusahaan.

Baca Juga : Pengertian dan Implementasi Analisis SWOT pada Perusahaan

Di dalam knowledge management terdapat berbagai pengetahuan guna kemajuan perusahaan. Jenis pengetahuan tersebut diantaranya data, informasi, pengetahuan, dan kebijaksanaan. Berbagai jenis pengetahuan memiliki fungsi yang sama. Fungsi tersebut untuk membangun perusahaan dan mengembangkannya menjadi lebih maju. Seluruh jenis pengetahuan saling berkontribusi sesuai fungsinya masing-masing. Perusahaan dapat memilah jenis pengetahuan yang akan digunakan sesuai kebutuhaan saat itu juga. Sehingga, anggota organisasi pun tak perlu merasa bingung. Semuanya bergantung pada kebutuhan dan keinginan perusahaan, ya!

Nah, itu dia penjelasan tentang knowledge management, termasuk tahapan siklus hidupnya yang perlu kamu pelajari. Seluruh pengelolaan pengetahuan tentu sangat berguna bagi kemajuan sebuah perusahaan. Perusahaan dapat berkembang maju mengandalkan sistem pengetahuan yang ada. Berbagai pengetahuan diolah guna menampilkan hasil terbaik bagi perusahaannya. Tak perlu merasa sukar dengan pengetahuan baru. Pengetahuan baru menjadi sumber baru harapan perusahaan, loh. Mari pelajari knowledge management dan dapatkan hasil kemajuan perusahaan kamu!

Baca juga: Metode SMART: Langkah Jitu dalam Menggapai Target

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *