Tanggal:21 June 2024
permalink adalah

Pengertian dan Fungsi URL Permalink

Perkembangan teknologi semakin pesat dan dibutuhkan oleh setiap sektor. Adanya teknologi, semakin mempermudah aktivitas manusia. Bersamaan dengan adanya teknologi, internet juga secara konsisten mendukung seluruh pekerjaan manusia. Mulai dari profesi, pendidikan, hingga hobi dan gaya hidup sekali pun. Tak heran, jika kini internet menjadi tumpuan hidup bagi kebanyakan orang.

Dalam mencari suatu hal menggunakan internet, para pengguna harus mengakses melalui situs atau website. Saat mengaksesnya, pengguna akan menjumpai URL permalink dalam situs yang dikunjunginya. Namun, apa URL permalink itu? Mengapa ia sangat penting? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan dibahas pada artikel di bawah ini. 

Baca juga : URL: Sudah Tahu Pengertian dan Bagian-bagiannya?

Apa itu URL Permalink?

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai URL permalink, teman-teman harus terlebih dahulu mengetahui tentang URL. Uniform Resource Locator atau URL sering kali disebut dengan alamat website. Dalam kata lain, URL adalah alamat yang muncul di kolom pencarian saat halaman situs terbuka. Ia merupakan kombinasi antara protocol dan hostname. Contohnya adalah https://vocasia.id

URL seperti contoh di atas, jika diakses akan langsung menuju ke halaman utama dari situs. Bagaimana jika ingin mengunjungi salah satu bagian dari halaman tersebut? Jawabannya adalah menggunakan URL permalink. Permalink adalah bagian tambahan yang terletak di akhir hostname yang digunakan untuk menjangkau bagian yang lebih spesifik dari suatu situs. Contohnya, dalam situs https://vocasia.id perlu menyisipkan tambahan /blog untuk membuka situs blog milik Vocasia. Kemudian, alamat situs akan berubah menjadi https://vocasia.id/blog. Jadi, permalink adalah URL yang ditulis secara lengkap bersama sisipan tambahan.

Pentingnya URL Permalink

Setelah mengetahui pengertiannya, kamu juga perlu mengetahui pentingnya URL permalink. Apa saja fungsinya? simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Mudah diakses oleh pengguna

Dalam misi mempermudah konten sampai ke pengguna dengan baik, permalink harus disiapkan. Pengguna akan menggunakannya karena dirasa lebih efisien. Dibandingkan dengan membuka situs bertahap, permalink lebih efektif. Selain itu, struktur yang jelas dan lengkap akan memudahkan para pengguna dalam mengakses suatu konten.

2. Memperkuat SEO website

SEO adalah alat yang menganalisis baik dan buruknya konten. Konten akan semaksimal mungkin disesuaikan dengan kata kunci yang sudah ditetapkan. Kata kunci yang telah ditetapkan dapat disisipkan dalam permalink. Melalui cara tersebut, kemungkinan konten muncul di halaman pertama menjadi lebih besar.

Baca juga : Apa Itu SEO Marketing? Manfaat dan Cara Kerja SEO

Baca juga : 7 Tips Optimasi SEO WordPress Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

Baca juga : 8 Teknik Yang Ampuh Beserta Panduan Untuk Melakukan SEO

3. Mudah terindeks Google

Google akan menampilkan konten-konten terindeks yang sesuai dengan kata kunci. Menyisipkan permalink dalam URL akan memudahkan Google dalam mengindeksnya. Sehingga, akan sangat mungkin jika konten yang kamu buat muncul di halaman awal. 

Baca juga : 6 Cara Mengoptimalkan Website

Tips Membuat Permalink sesuai Standar SEO

Berikut beberapa tips yang harus kamu terapkan agar permalink yang kamu buat menjadi SEO-friendly:

  1. Pendek
  2. Deskriptif
  3. Dipisahkan dengan tanda “-”
  4. Menggunakan huruf kecil
  5. Sisipkan kata kunci atau keyword

Bagaimana penjelasan mengenai URL permalink? Sudah sangat paham, bukan? Kamu juga bisa menerapkan tips pada website miliku, lho! Jika tertarik dan ingin membuatnya lebih menarik, kamu bisa mengikuti kursus di Vocasia juga. Selamat mencoba!

Baca juga : Cara membuat duplikat website

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *