Tanggal:22 July 2024

7 Beasiwa Kuliah di Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba

Mendapatkan pendidikan merupakan hak bagi setiap orang. Adanya pendidikan, diyakini mampu mengubah hidup seseorang di masa depan. Tak hanya bagi dirinya sendiri, warga negara yang cerdas juga merupakan aset bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kursus online belajar grammar vocasia

Anggapan tersebut memang benar adanya dan diyakini oleh banyak orang. Oleh karena itu, banyak orang yang memperjuangkan tingkat pendidikan setinggi-tingginya. Bahkan, beberapa di antaranya mengejar kualitas pendidikan yang baik hingga ke luar negeri.

Salah satu negara yang diminati oleh banyak orang adalah Korea Selatan (korsel). Ternyata, negara ginseng ini tidak hanya menonjol dalam segi kebudayaan, kuliner, dan sektor hiburan saja. Melainkan, banyak universitas terbaik dunia yang berdiri kokoh di sana. 

Banyaknya universitas maju dengan kualitas pendidikan tak main-main, menjadikan Korsel sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik se-Asia. Di sana juga terdapat universitas bernama Seoul National University yang masuk dalam peringkat 36 terbaik dunia versi QS WUR 2022.

Orang awam dengan minim info, tentu menganggap biaya kuliah di Korsel sangatlah mahal. Sehingga, banyak yang memilih mundur dan menunda niat baiknya berkuliah di sana. Padahal, kamu dapat berkuliah dan mengenyam pendidikan di Korea tanpa perlu memikirkan biaya. Hal tersebut dapat terjadi ketika kamu mampu mendapatkan sebuah beasiswa.

Setiap tahunnya pemerintah Indonesia dan Korea melakukan kerja sama pada bidang pendidikan melalui beasiswa. Peluang tersebut dapat dimaksimalkan untuk menggapai mimpi berkuliah di Korea secara gratis. Lalu, beasiswa apa saja yang disediakan bagi mahasiswa internasional yang ingin berkuliah di sana? Di bawah ini akan dijelaskan beberapa beasiswa kuliah di Korea yang seleksinya dapat kamu ikuti. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa Kuliah S1 dan S2 2022

Daftar Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Kamu ingin berkuliah di Korea Selatan? Namun, terkendala pada masalah biaya? Tenang, beasiswa adalah solusi yang dapat mengatasinya. Berikut adalah daftar beasiswa kuliah di Korea Selatan yang tersedia untuk mahasiswa Indonesia: 

1. Global Korean Scholarship

beasiswa kuliah di korea

Global Koran Scholarship atau GKS adalah beasiswa paling populer yang diidamkan oleh mahasiswa internasional dari berbagai belahan dunia. Pasalnya, pembiayaan GKS dijamin langsung oleh pemerintah Korea Selatan secara penuh. 

Biaya yang dimaksud meliputi biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, tunjangan penelitian, biaya belajar bahasa Korea, hingga asuransi kesehatan. Beasiswa ini ditujukan untuk para mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan pada jenjang DS, S1, S2, dan S3.

2. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Lain halnya dengan GKS yang didukung penuh oleh pemerintah Korsel, LPDP mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia. Jadi, beasiswa LPDP hanya diperuntukkan pada para pelajar Indonesia yang ingin berkuliah di dalam maupun luar negeri.

Namun, beasiswa LPDP tidak berlaku di semua universitas di Korsel. Hanya beberapa universitas dengan perjanjian tertulis yang dapat memberlakukan beasiswa LPDP. 

Berikut adalah daftar universitas di Korsel yang menerima LPDP: 

  • Pohang University of Science and Technology
  • Seoul National University
  • Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)
  • Sungkyunkwan University
  • Yonsei University
  • Korea University
  • Kyung Hee University
  • Ewha Womans University 

3. The Korean International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship Program

Sama dengan KGPA, beasiswa KOICA difokuskan bagi mahasiswa pascasarjana yang mengambil ilmu tertentu saja. Dalam konteks ini, ilmu yang dibiayai adalah pembangunan. Harapannya, lulusan dengan beasiswa dan jurusan tersebut dapat berkontribusi pada pembangunan baik sosial maupun ekonomi di negara mereka masing-masing. 

Beasiswa ini akan membiayai kehidupan mahasiswa dalam lingkup biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, akomodasi, dan asuransi kesehatan.

Baca juga: Tips serta Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

4. The Korean Green Promotion Agency (KGPA)

Beasiswa milik pemerintah Korsel bernama KGPA ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menempuh jenjang S2 atau Master. Seperti namanya, KGPA juga dikhususkan bagi orang-orang yang mengambil jurusan dengan materi dasar lingkungan dan kehutanan.

5. Beasiswa Seoul National University

Berbeda dengan beberapa beasiswa di atas, beasiswa Seoul National University diselenggarakan secara pribadi oleh universitas. Mereka memberikan setidaknya 60 beasiswa mahasiswa pascasarjana asing pada tiap semesternya. Program ini diadakan dengan tujuan mempercepat dan menaikkan akreditasi serta rangking universitas melalui mahasiswa asing.

6. Beasiswa Yunsei University

Sama separti SNU, Yunsei University juga menawarkan program beasiswa kepada mahasiswa internasional. Penerima beasiswa akan mendapatkan pembiayaan penuh dengan syarat IPK tidak boleh turun dari batas yang telah ditentukan.

7. Ewha Woman University

Terakhir, ada beasiswa dadi universitas bernama Ewha Woman University. Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa asing yang menempuh jenjang sarjana dan pascasarjana. Adapun rincian beasiswa yang ditawarkan adalah biaya kuliah 4 tahun, biaya kuliah 2 tahun, biaya kuliah selama 1 tahun, dan program beasiswa potongan kuliah selama 1 semester. 

Penutup

Nah, itulah beberapa daftar beasiswa yang dapat kamu ikuti seleksinya. Beasiswa tersebut menjadi ajang mengenyam pendidikan di Korea secara gratis dengan rincian pembiayaan yang berbeda-beda. Tak hanya itu, beberapa beasiswa tersebut diselenggarakan langsung oleh pemerintah. Sementara lainnya, diluncurkan pihak universitas secara pribadi yang hanya berlaku untuk mahasiswanya sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Tips Lolos Beasiswa LPDP 2022

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *