Tanggal:29 April 2024
lpdp

Tips Lolos Beasiswa LPDP 2022

Buat para pelajar dan mahasiswa Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan beasiswa yang satu ini. Ya, beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang dikelola oleh pemerintah di bawah naungan 3 kementerian yaitu Kementrian Pendidikan, Kementrian Agama, dan Kementrian Keuangan. Beasiswa LPDP juga menjadi salah satu beasiswa dengan peminat yang sangat banyak. Bagaimana tidak, fasilitas yang ditawarkan sangat komplit, lho. Mulai dari biaya kuliah, biaya tiket pesawat, akomodasi, uang penelitian serta uang saku. Tak heran setiap tahun beasiswa LPDP menjadi incaran para pemuda dan pemudi Indonesia untuk melanjutkan studinya. Lalu, apa saja sih tips lolos beasiswa LPDP 2022 ini?

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Semakin banyak peminat beasiswa ini, pasti akan semakin banyak persaingannya. LPDP akan menyeleksi peserta terbaik dari yang terbaik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan persyaratannya dari jauh hari agar kamu siap bersaing dengan peserta lain.

Berikut 5 tips supaya lolos beasiswa LPDP:

1. Baca petunjuk dan informasi dengan teliti

Siapa nih yang malas membaca? Mulai sekarang kurangi kebiasaan buruk itu, lalu baca dengan teliti informasi dan petunjuk di laman website LPDP, ya! Semua persyaratan, informasi, dan prosedur yang dibutuhkan sudah tercantum dengan jelas di website LPDP itu sendiri.

Website LPDP bisa kamu akses di sini https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/

2. Isi persyaratan dengan teliti

Screening dokumen adalah tahap awal dalam proses penyeleksian beasiswa LPDP ini. Kamu harus teliti dalam mengisi syarat-syarat yang dibutuhkan dan jangan sampai melewati deadline. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan cukup banyak. Siapkan itu dari jauh-jauh hari, ya!

3. Raihlah skor TOEFL dan IELTS di atas nilai minimum

Sertifikat bahasa merupakan komponen penting yang wajib dilengkapi oleh peserta beasiswa LPDP 2022. LPDP sendiri mempunyai standar nilai minimum yang harus diraih oleh peserta, lho. So, berusahalah untuk meraih skor yang tinggi, ya! Untuk meraih skor TOEFL dan IELTS yang tinggi memang bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Tidak ada salahnya untuk belajar lebih keras dari jauh hari, kan?

Nah, buat kamu yang ingin belajar TOEFL dan IELTS tapi tidak sempat mengikuti kursus lantaran sibuk, bisa banget loh ambil kelas kursus online bersertifikat di Vocasia. Selain harganya yang murah, waktunya pun fleksibel alias bisa diakses kapan saja! Menarik bukan?

Kamu bisa akses kursusnya di sini Kursus Online Bersertifikasi Terbaik No.1 Di Indonesia | Vocasia. Lalu cari kursus TOEFL ataupun IELTS yang sesuai dengan kamu, ya!

Baca juga: 6 Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika Belajar TOEFL, Persiapkan dari Sekarang!

4. Kuatkan esai dan rencana studi

Kunci untuk lolos seleksi administratif adalah esai yang bagus. Biasanya kita akan kesusahan menulis esai saat kita melakukannya dengan setengah hati, jadi tulislah esai dengan jujur dan sekiranya bisa kamu implementasikan dalam kehidupanmu.

Baca juga: 7 Tips Menulis Essay Beasiswa yang Tepat, Pasti Lolos!

Membuat rencana studi pun harus jelas, karena LPDP akan menyeleksi orang yang visioner dan mengerti apa yang sedang dilakukannya. Pembuatan rencana studi akan berkaitan dengan jurusan incaran kamu, jadi kamu harus melakukan riset yang mendalam agar kualifikasi dalam dirimu sesuai dengan jurusan yang kamu pilih, ya.

5. Berdoa

Setelah mengerahkan effort untuk menggapai impianmu, serahkan segalanya dengan Tuhan. Manusia bisa berencana, namun tetap Tuhan yang menentukan. Perbanyak doa bisa menjadi salah satu cara untuk mengharap restu-Nya.

Itu dia 5 tips lolos beasiswa LPDP 2022. Sudahkah kamu mendaftar untuk periode tahun 2022 ini? Pendaftaran tahap 1 sudah dibuka, lho. Semoga kamu bisa mendapatkan beasiswa ini di kampus dan program studi impian kamu, ya. Fighting!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *