Tanggal:29 April 2024
Keterampilan Fast Learning

Intip Pentingnya Fast Learning, Kunci Kembangkan Karier!

Kamu tau gak sih? Fast learning saat ini menjadi salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Keterampilan ini bisa meningkatkan peluang kamu untuk sukses di dunia kerja loh! Selain itu, keterampilan ini juga memudahkan kamu untuk beradaptasi dan mengembangkan karier. 

Wow! Terus apa sih fast learning itu? Mengapa menguasai keterampilan ini sangat penting? Vocasia akan menjelaskan semuanya di artikel berikut. Yuk, pelajari lebih lanjut tentang keterampilan yang satu ini. Check it out!

Apa Itu Fast Learning?

Fast learning adalah kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru dengan cepat. Semakin baik keterampilan fast learning kamu, maka semakin cepat kamu dapat belajar. Saat ini, banyak HRD lebih memilih calon karyawan dengan keterampilan cepat belajar.

Beberapa perusahaan bahkan menjadikan kemampuan untuk mempelajari hal-hal baru dengan cepat sebagai persyaratan untuk mempekerjakan karyawan. Dalam praktiknya, kecepatan belajar juga erat kaitannya dengan kemampuan sebagai berikut:

  1. Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan untuk mencapai suatu tujuan. Nah, adaptasi ini sangat berkaitan dengan fast learning. Beradaptasi membutuhkan kamu untuk mempelajari situasi dengan cepat, lalu meresponsnya dengan tepat. 

  1. Kemauan untuk Belajar

Tentu saja, untuk belajar dengan cepat, kamu harus mau melatih diri sendiri dan mencobanya. Kalau kamu memiliki tantangan, jangan menyerah terlalu cepat ya! Hadapi tantangannya terlebih dahulu dan cobalah untuk menyelesaikannya. Siapa tau, kamu dapat belajar sesuatu yang baru di sana.

Terus, Kenapa Sih Fast Learning Penting?

Saat ini teknologi sedang berkembang pesat dan berlaku untuk berbagai industri di dunia kerja. Dengan keterampilan fast learning, kamu tidak perlu beradaptasi dalam jangka waktu yang lama terhadap setiap perubahan dan perkembangan teknologi. 

Karyawan dengan keterampilan mempelajari hal baru dengan cepat akan mampu mempelajari banyak hal baru dengan mudah, sehingga perusahaan tidak harus terus-menerus melatih kamu dengan cara yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan sumber daya untuk melatih karyawannya. Pada akhirnya, produktivitas pun akan meroket. Hal inilah yang membuat keterampilan fast learning penting kamu miliki.

Baca juga: Berikut skill yang harus dikuasai sebelum memulai karier.

Tips Melatih Keterampilan Fast Learning

Ilustrasi Tips Belajar Cepat (Sumber: Canva)

Pada dasarnya, beberapa keterampilan yang harus dicapai dengan metode fast learning adalah kemampuan beradaptasi dan melakukan tugas-tugas yang belum pernah dilakukan sebelumnya atau jarang dilakukan. Buat kamu yang ingin melatih keterampilan fast learning, yuk, lihat beberapa tips dibawah ini:

  1. Fokus

Hal terpenting yang perlu kamu terapkan untuk melatih keterampilan fast learning adalah konsentrasi. Berkonsentrasi dan fokus saat belajar akan membuat kamu lebih mudah untuk menyerap pengetahuan lebih baik serta menyeluruh loh! Gak percaya? Cobain deh.

  1. Buat Banyak Catatan dan Rajin Membaca

Ingatlah untuk membuat catatan dan membaca secara teratur sehingga kamu dapat dengan mudah mempelajari hal-hal baru. Kedua hal tersebut juga sangat membantu kamu untuk meningkatkan dan lebih memahami hal-hal baru yang kamu pelajari.

  1. Tentukan Gaya Belajar Kamu

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Ada yang belajar dengan mendengarkan musik, mencoret-coret buku, atau mengobrol dengan teman. Menentukan gaya belajar akan membuat kamu lebih mudah untuk mempelajari hal-hal baru dengan cepat. Jangan ragu untuk memadukan beberapa gaya belajarmu agar tidak mudah bosan, ya!

  1. Jangan Takut untuk Bertanya

Jika kamu mencoba mempelajari sesuatu yang baru, jangan ragu untuk bertanya kepada mentor atau rekan kerjamu tentang kesulitan yang kamu alami. Dengan mengajukan pertanyaan, akan memberimu perspektif baru tentang apa yang kamu pelajari.

  1. Pelajari Hal Baru Setiap Hari

Semakin sering kamu mempelajari hal-hal baru, semakin cepat pula otak kamu terbiasa untuk menyerap informasi. Jadi, jangan takut meluangkan waktu kamu untuk belajar di tengah kesibukan. Gak butuh waktu lama kok, kamu bisa meningkatkan keterampilan fast learning kamu dengan belajar selama 10-15 menit setiap hari.

Cara Menekankan Keterampilan Fast Learning di CV Kamu!

Ilustrasi Menampilkan Skill Fast Learning di CV (Sumber: Canva)

Seperti yang dijelaskan Vocasia sebelumnya, fast learning itu penting banget dalam dunia kerja. Perekrut secara otomatis akan menghargai orang dengan keterampilan ini. Nah, ini dia cara menekankan keterampilan fast learning kamu di CV agar dapat panggilan interview! Disimak, ya!

  1. Tulis di Daftar Keterampilan

Kamu dapat menulis fast learning” di daftar keterampilan CV kamu. Ini adalah cara termudah untuk menunjukkan keterampilan fast learning kamu. 

Baca juga: Tips Membuat CV yang Menarik Otomatis agar diliirik HRD

  1. Tekankan di Daftar Sertifikat atau Pendidikan

Ingin menunjukkan fast learning di CV kamu tetapi belum memiliki pengalaman profesional? Tenang, kamu bisa menonjolkan keterampilan fast learning di daftar sertifikat atau pendidikan. Kamu bisa menulis berbagai pelatihan, sertifikasi, atau kelas lainnya. Hal tersebut bisa menunjukkan bahwa kamu adalah seorang pembelajar yang baik.

Baca juga: 4 Cara Membuat CV Yang Otomatis Terlirik HRD, Simak Baik-Baik!

  1. Sorot di Bagian Pengalaman Kerja

Kamu juga dapat menyoroti keterampilan ini di bagian pengalaman kerja. Misalnya, kamu adalah penulis artikel untuk situs website. Kamu bisa menulis di CV-mu seperti ini: “Menulis 100 artikel yang mendapatkan 1.000.000 traffic dalam waktu 3 bulan”. Hal ini akan menunjukkan kamu mampu belajar dengan cepat.

Itu dia penjelasan Vocasia terkait fast learning. Kamu ingin mengasah keterampilan fast learning agar kariermu makin berkembang? Yuk, temukan jawabannya di Vocasia! Kamu bisa menemukan banyak kursus online seputar personal development loh. Semua disampaikan oleh praktisi terpercaya dan andal yang pastinya dengan pengalaman profesional bertahun-tahun. Jadi, tunggu apalagi? Buruan cari kursus personal development yang tepat untuk kamu di sini. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *