Tanggal:17 May 2024

7 Peralatan Kuliah Wajib Mahasiswa Jurusan DKV

Jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual adalah bagian dari ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi dan ungkapan kreatif. Mahasiswa jurusan DKV memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu.

Unsur pesan memiliki peran yang sangat penting, lulusan jurusan DKV diharapkan mampu membuat sesuatu yang menarik. Mereka mengelola pesan tersebut menjadi sesuatu yang menarik, informatif, dan komunikatif, sehingga bisa disampaikan secara efektif.

Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) membutuhkan berbagai peralatan untuk menunjang kegiatan kuliahnya. Banyaknya peralatan tersebut dikarenakan tugas dan mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa untuk memakai alat-alat tersebut.

Mahasiswa jurusan DKV harus mempersiapkan beberapa peralatan jika ingin kuliah dengan lancar. Dari sekian banyak alat yang digunakan, sebaiknya mahasiswa baru di jurusan DKV mempersiapkan beberapa peralatan dasar berikut ini. karena alat ini akan digunakan terus-menerus selama masa perkuliahan.

Peralatan Kuliah Penting Mahasiswa Jurusan DKV yang Wajib Dimiliki

Peralatan kuliah penting jurusan DKV sebenarnya sangat banyak. Seiring perkembangan zaman tentu saja jumlah peralatan yang digunakan semakin bertambah karena terdapat alat yang berbentuk digital dan konvensional. 

Namun ada beberapa peralatan kuliah yang mendasar dan harus diketahui oleh mahasiswa DKV agar dapat menjalankan perkuliahan dengan baik. Adapun beberapa peralatan tersebut adalah:

Peralatan Wajib Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Source: Freepik)


1. Pensil dan Pulpen

Pensil dan pulpen merupakan salah satu alat paling wajib bagi mahasiswa DKV. Kedua alat ini akan memudahkan mahasiswa dalam membuat sketsa. Perlu diperhatikan bahwa jenis pensil sangat banyak seperti HB, H, seri B dan lainnya.

Jangan lupa untuk memiliki alat serut dan penghapusnya sekalian.

2. Sketchbook

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual pasti tidak asing dengan kegiatan menggambar atau membuat sketsa. Oleh karenanya buku sketsa akan diperlukan bagi mahasiswa DKV. Ukuran buku sketsa ini cukup beragam jadi tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Jangka dan Penggaris

Kedua alat ini sangat penting karena akan membantu mahasiswa DKV membuat sketsa dan karya yang baik, simetris, dan hasil akhirnya akan terlihat lebih indah.

Akan lebih baik jika mahasiswa DKV menggunakan penggaris besar dan jangka yang kokoh agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Inilah Prospek Kerja Lulusan DKV, Penghasilannya Menjanjikan!

Ilustrasi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Source: Freepik)

4. Pulpen Gambar

Mahasiswa DKV pasti sangat mengenal pulpen menggambar karena akan selalu digunakan setiap harinya. Sesuai dengan namanya, pulpen ini dipakai untuk menggambar, menebalkan garis, dan sebagainya.

Setiap pulpen gambar memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin besar angkanya maka akan semakin tebal kepala pulpen tersebut.

5. Palet dan Kuas

Lambat laun mahasiswa DKV akan menggunakan cat air. Oleh karena itu, mahasiswa DKV membutuhkan palet sebagai tempat meletakkan dan mencampur cat tersebut.

Sedangkan kuas berguna untuk membuat gambar dan lukisan pada media kertas aquarel.

Palet ini sendiri mudah didapatkan di toko ATK dan harganya cukup terjangkau bagi mahasiswa. Kuas juga mudah didapat namun ukurannya berbeda-beda sehingga sebaiknya memiliki beberapa kuas agar bisa dipakai untuk kepentingan yang berbeda.

Baca juga: Perbedaan Graphic Designer dengan Visual Designer

6. Cat, Tinta, dan Perlengkapannya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai kuas dan palet, tentunya mahasiswa DKV membutuhkan cat. Pada semester-semester awal biasanya mahasiswa DKV akan menggunakan cat air terlebih dahulu dan nantinya akan meningkat ke cat minyak dan lainnya.

Memakai cat air lebih dianjurkan karena mudah digunakan dan dibersihkan, khususnya bagi mahasiswa semester awal. Selain itu, tinta juga dibutuhkan karena nanti dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, khususnya melukis, membuat garis, sketsa, dan lain-lain.
Selain kedua alat tersebut, perlengkapan lain yang mendukung seperti cutter, gunting, dan papan cutting harus juga disiapkan. Alat-alat tersebut berguna saat proses pembuatan karya tertentu. Sedangkan papan cutting (cutting mat) akan membantu memotong gambar tanpa merusak alas lain.

7. Drawing Bag: Tas Wajib Mahasiswa Jurusan DKV

Peralatan ini merupakan salah satu yang terpenting karena berfungsi untuk menjaga karya yang sedang dikerjakan oleh mahasiswa DKV agar tidak terkena air dan rusak. 

Karya yang sedang dikerjakan dapat dibawa ke mana saja dengan aman. Drawing bag ini bisa berbentuk tas atau tabung. Kebanyakan mahasiswa DKV memilih tabung karena ringan dan mudah dibawa.

Baca juga: Creative Director: Tanggung Jawab, Skill, dan Jenjang Karir

Selain peralatan di atas, mahasiswa DKV selama 4 tahun atau 8 semester masa perkuliahan akan mendapatkan banyak tugas yang akan membuat kamu terbiasa menggunakan beberapa software yang berhubungan dengan desain grafis seperti, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premiere, CorelDraw, SketchUp, dll. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki perangkat dengan spesifikasi yang cukup dalam membantu kamu melewati masa perkuliahan tersebut. Untuk mempelajari dasar-dasar software desain grafis kamu bisa mengikuti kursusnya disini.

Itulah 7 Peralatan utama untuk mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Tentunya masih banyak lagi peralatan pendukung penting lainnya yang wajib dimiliki dan digunakan mahasiswa jurusan DKV. Namun, peralatan di atas merupakan yang paling mendasar sehingga wajib dimiliki oleh mahasiswa DKV agar dapat menjalani perkuliahan dengan lancar.

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *