Tanggal:13 May 2024

Cara Memahami Adobe Photoshop

Sebagai orang yang profesi nya sebagai fotografi ataupun desginer, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Photoshop.

Ya, Photoshop adalah aplikasi andalan para fotografi dan designer tetapi memang untuk para pemula harus memahami betul fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Simak, apa saja fitur dan bagaimana memahami fungsi fitur pada Photoshop!

@img.my-best.id

Kenali dulu apa itu Photoshop

Aplikasi ini adalah besutan dari perusahaan Adobe, Ada banyak hal yang bisa kamu buat hanya dengan aplikasi ini, mulai dari mengatur foto, mengolah foto menjadi poster, dan lain – lain.

Bekasi, 24 Agustus 2021

Pahami dan Kuasai Menu Utama

  1. File digunakan untuk langkah awal dan langkah akhir dalam proses edit foto, karena bisa memilih pilihan membuka project baru, Import foto, Browse, Open As, Close, Save, Save As, proses print ke media cetak.
  2. Edit digunakan untuk langkah-langkah pembantu pengeditan, karena disana ada pilihan Cut, Copy, Undo, Stroke, Paste, Free Transform, Fill, Clear dan masih banyak lagi yang lain.
  3. Select, digunakan untuk pengolahan select (memilih), baik itu dengan pilihan Select All, Deselect (membatalkan), Reselect (mengulangi), Inverse untuk mengganti bagian yang tidak terselect untuk terselect dengan metode yang hampir sama seperti Invert color, dan lain-lain. 
  4. Filter, untuk mengolah foto untuk dirubah komposisi. Dengan fitur Extract dimana pilihan tersebut bisa digunakan untuk memisahkan warna yang berbeda. Selain itu pada menu Filter terdapat pilihan untuk memberi efek-efek pada foto menjadi Artistik, membuat foto samar-samar dengan efek Blur, memperhalus foto dengan fitur Reduce Noise, dan efek-efek lainnya. Menu Filter dapat juga digunakan untuk menaruh fitur plugin yang masih berhubungan.
  5. View, digunakan untuk fitur tampilan, dengan yang utama adalah fitur Zoom in, Zoom out, Fit on Screen, mengatur Screen mode, Actual Pixel dan lain-lain. Menu ini dapat dipakai akses menggunakan tombol shortcut pada keyboard.
  6. Windows, digunakan untuk mengatur apa saja kotak yang akan ditampilkan. Kami merekomendasikan kotak Layer, History dan Tools adalah yang terutama untuk ditampilkan. Atau akan lebih baik jika kotak Action juga ditampilkan apabila memilikinya.
  7. Help, menu yang cukup penting untuk diakses yang berisi konten informasi tentang Photoshop serta fitur terbaru.
  8. Layer, hampir sama dengan menu image dimana kamu bisa mengolah gambar baik itu dari warna, tingkat kecerahan, exposure, kontras dan lain – lain. Namun pengaturan pada Layer tersebut bukan untuk foto utama melainkan untuk lembar Layer. Banyak yang belajar photoshop pemula masih bingung akan fungsi dan cara menggunakan Layer. Pengertian Layer adalah sebuah object terpisah dari gambar utama (background) dan Layer-layer tersebut bisa proses tanpa menggangu object background maupun layer yang lainnya.

Contoh mengolah sebuah foto wajah sendiri, dan kemudian ingin menambah tulisan. Bisa menambahkan tulisan melalui Layer, tekan CTRL + J maka akan tersedia Layer tambahan (Layer 1) diatas layer Bakcground (foto utama). Jika hanya sedang mengedit Layer 1, maka Background (foto utama) tidak akan terpengaruh dan sebaliknya. Layer bisa dipakai beberapa jumlahnya sesuai kebutuhan. 

Setelah selesai pengeditan, langkah untuk mempersatukan seluruh Layer menjadi satu keutuhan foto, klik menu Layer > pilih Flatten Image. Layer-layer akan menghilang, hanya background yang tersisa.

Toolbox Photoshop

Toolbox pada sidebar merupakan senjata anda dalam mengedit foto atau jenis file lain. Tools yang ada pada sidebar tersebut disusun dalam kelompok berdasarkan fungsinya masing-masing :

  1. Bagian atas menampilkan Selection, Cropping, dan Slicing Tools. Gunakan Tools tersebut untuk memilih bagian dari gambar kamu yang ingin kamu edit atau tingkatkan, atau potong baigan kamu inginkan.
  2. Bagian kedua menampilkan Retouch and paint. Gunakan ini untuk menghilangkan bintik-bintik yang tidak diinginkan pada suatu foto atau produk, menghapus bagian-bagian tertentu, memberi warna, atau memberikan efek seperti Blurring atau Sharpening.
  3. Bagian ketiga adalah Tools Drawing dan Typing. Gunakan ini untuk menulis teks di atas gambar kamu atau menyisipkan gambar ke foto dengan menggunakan Tool Pen.

Mencoba membuat desain berdasarkan tutorial photoshop

Pada tahap ini jika kamu sudah memahami dalam tampilan yang ada pada software adobe photoshop, faham fungsi tool box, serta bisa menggunakan fitur – fitur yang ada pada menu bar.

Selanjutnya adalah saatnya kamu untuk membuat desain berdasarkan tutorial yang terdapat di situs ini maupun di youtube.

Membuat desain sendiri untuk memahami photoshop

Jika kamu adalah seorang yang kreatif, hanya dengan imajinasi kamu sendiri, kamu sudah bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

Namun jika Anda mentok pada ide, tentunya Anda juga boleh melihat referensi-referesnsi desain orang lain di pinterest, devian art, dan situs-situs sosial media atau forum editing lainnya.

Dengan begitu daya imajinasi kamu bisa muncul dengan meniru konsep dari desain tersebut, namun dengan versi kamu sendiri yang tentunya berbeda dan terlihat menarik.

Rekomendasi untuk kamu yang ingin kursus online sekali bayar tapi akses seumur hidup.

Di Vocasia.id kamu bisa mendapatkan kursus online Bagaimana cara menggunakan Photoshop bagi pemula.

Vocasia.id adalah online community platform berbasis pendidikan yang terintegrasi dan merevolusi cara pelatihan berbasis keahlian dan keterampilan.

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *