Tanggal:20 June 2024

8 Efek Photoshop yang Sering Digunakan Para Fotografer

Jika kalian gemar dalam fotografi pasti kalian juga tidak asing dengan aplikasi photoshop bukan, photoshop adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk edit foto dan aplikasi ini sangat populer dikalangan para fotografer karena memiliki banyak sekali fitur didalamnya.

Oleh karena itu, kali ini ulasan dibawah akan membahas mengenai efek apa saja yang biasa digunakan para fotografer agar hasil foto menjadi lebih menarik.

Baca Juga: Pengertian Dan Unsur Sinematografi

Apa saja Efek yang sering digunakan Fotografer di Photoshop?

Para fotografer tentunya tiap mengambil suatu gambar selalu melakukan proses edit di photoshop, berikut daftar efek yang membuat hasil foto yang kalian dapat menjadi lebih menarik :

Baca Juga : 5 Teknik Fotografi Yang Harus Dikuasai Para Pemula

1. Color Correction

Efek ini dapat membuat foto yang dihasilkan menjadi lebih tajam dan memiliki kualitas yang lebih baik, Namun tidak jarang juga digunakan untuk menyelaraskan tone.

Simpelnya efek ini hanya membuat gambar yang dihasilkan menjadi memiliki satu sampai dua tone warna saja.

Baca Juga : Ini Dia Cara Menjual Foto Hasil Jepretanmu

2. HDR (High Dynamic Range)

Pada efek HDR ini digunakan untuk membuat suatu foto menjadi lebih baik ketimbang tidak menggunakan efek ini, Pasalnya efek HDR memberikan pencahayaan yang dinamis dan menjadi gambar yang dihasilkan lebih bagus karena pencahayaan yang sederhana.

Kesimpulannya efek HDR memberikan foto yang dihasilkan menjadi lebih tajam dan pencahayaan yang lebih natural.

Baca Juga : 8 Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

3. Efek Menghapus Background

Pada efek ini juga sering digunakan, karena dengan menghapus background pada suatu foto Kalian dapat dengan bebas menentukan background apa yang ingin digunakan pada foto tersebut.

Efek ini yang kita tau formatnya adalah PNG.

Baca juga: Cara Mengganti Background di Photoshop

4. Haze

Efek yang satu ini juga belakangan ini banyak yang minat, karena foto yang dihasilkan jika memakai efek ini terlihat ada efek kabut yang membuat foto tersebut menjadi lebih keren dan menarik.

Kalian juga dapat menentukan untuk efek ini bisa dibuat Soft atau terlihat lebih jelas, namun tentu saja dari kedua opsi tersebut sama-sama membuat foto menjadi lebih menarik.

Baca juga: Cara Membuat Efek Puzzle Pada Foto

5. Saturation & Hue

Efek ini seringkali digunakan untuk mengubah Color pada foto yang dihasilkan atau suatu objek tertentu.

Pada efek ini memiliki 3 elemen yang harus Kalian fahami, diantaranya :

1. Hue (Kalian dapat menyesuaikan warna pengganti pada foto yang Kalian dapat)

2. Saturation (Konfigurasi Kontras atau kejelasan warna yang Kalian pilih)

3. Lightness (Pengatur Cahaya pada Objek gambar)

Baca Juga : 8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Fotografi

6. Sharpen

Bagi Kalian yang ingin membuat gambar yang sudah Kalian hasilkan menjadi lebih tajam dan lebih baik, Kalian wajib menggunakan efek yang satu ini.

Jika Kalian menggunakan efek ini akan membuat seolah gambar yang dihasilkan menjadi seperti foto yang dihasilkan dari Kamera Digital.

Baca Juga : 6 Ide Pose Disaat Lagi Sendirian

7. Exposure

Exposure adalah efek yang bisa menghasilkan warna pada foto menjadi lebih mencolok dan untuk mengatur pencahayaan pada gambar.

Baca Juga : Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

8. Color Balance

Jika Kalian ingin mengatur dan menyeimbangkan semua warna pada foto yang dihasilkan Kalian dapat menggunakan efek yang satu ini.

Selain bisa mengatur warna, efek ini juga dapat memberikan efek yang menarik. Pada Color Balance terdapat 3 Elemen yang wajib Kalian ketahui, diantaranya :

1. Shadows (Dapat mengatur keseimbangan warna gelap pada suatu gambar)

2. Midtones (Mengkonfigurasi keseimbangan pada warna dasar pada gambar)

3. Highlights (Mengatur keseimbangan warna pencahyaan pada gambar)

Kira-kira itulah efek yang sering digunakan para fotografer, tentunya jika kalian ingin menggunakan Photoshop Kalian juga harus mengerti fitur yang disediakan pada aplikasi tersebut.

Baca Juga : 5 Komunitas Fotografi Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

Jika kamu ingin memahami bagaimana menggunakan Photoshop, Kamu bisa mencoba kursus online berbayar di Vocasia. Sebagai platform belajar online Indonesia, Vocasia menyediakan materi Langkah Awal belajar Photoshop dan masih banyak lagi kursus yang ada di Vocasia dengan sekali bayar kamu bisa akses kursus seumur hidup dan dimentori oleh mentor-mentor yang profesional dibidangnya masing-masing.

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *