Tanggal:16 May 2024
ORG ADALAH

Apa Itu ORG? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

.ORG adalah salah satu elemen penyokong luasnya sebuah jaringan. Jaringan atau relasi sangat diperlukan dalam suatu organisasi. Dalam dalih memperluas relasi, hal yang dapat dilakukan adalah membuat website. Selain itu, adanya website dapat membentuk citra organisasi yang lebih profesional. Terdapat tiga komponen awal yang harus kamu tentukan dalam pembuatan website organisasimu. Ketiga hal tersebut adalah Hosting, Nama Domain, dan Eksistensi Domain. 

Hosting, Nama Domain, dan Eksistensi Domain memiliki fungsi yang berbeda-beda. Hosting dapat kamu gunakan untuk memunculkan alamat website yang kamu punya di Internet. Sedangkan Nama Domain adalah nama unik yang dibuat untuk menghubungkan website dengan organisasi. Nama domain tidak akan sama karena jika sudah digunakan tidak bisa digunakan lagi oleh yang lain. Berbeda dengan Domain, Eksistensi Domain adalah jenis website berdasarkan bidang yang digeluti. Biasanya terletak di akhir alamat website.

Organisasi termasuk dalam jenis Eksistensi Domain berakhiran ‘.ORG’. Lalu, apa sebenarnya Domain .ORG itu? Apa saja fungsi dari .ORG? Simak pembahasan lengkap seputar ORG pada artikel di bawah ini.

Baca juga : Apa Itu Hosting Control Panel?

Apa itu ORG?

ORG adalah salah satu jenis Eksistensi Domain pertama yang diluncurkan pada 1985, dan termasuk dalam kategori top level. Kemunculan .ORG, bersamaan dengan .COM .EDU, .GOV, .MIL, .NET, dan .US. Menurut pengertiannya, .ORG adalah akhiran website atau Eksistensi Domain yang digunakan untuk bidang Organisasi. Berdasarkan hal tersebut, ia seringkali diterapkan pada web milik organisasi, komunitas, dan perusahaan non-komersial. Berdasarkan tingkat Top Level Domain atau TLD, Eksistensi Domain .ORG masuk dalam kategori Generic atau (gTLD). Hingga saat ini, Organisasi menempati posisi tiga domain yang paling sering digunakan di dunia setelah .COM dan .RU.

Fungsi ORG

Sebagai Top 3 Eksistensi Domain yang paling banyak digunakan, tentu .ORG memiliki fungsi yang ciamik. Salah satu fungsinya adalah meningkatkan peran dan kontribusi para pembaca. Namun, terdapat beberapa fungsi lain yang dikelompokkan dalam empat jenis kategori. Fungsi .ORG berdasarkan representasi, kredibilitas, penggerak, dan edukasi, adalah sebagai berikut.

1. Representasi

Berdasarkan fungsi Representasi, .ORG merepresentasikan bahwa ia termasuk dalam Eksistensi Domain yang bergerak pada bidang  organisasi, komunitas, dan perusahaan non-komersial.

2. Kredibilitas

Berdasarkan fungsi kredibilitas, website yang berakhiran .ORG akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Laman tersebut dipastikan valid, teruji, dan pasti meyakinkan.

3. Penggerak

Setelah ter-approve bahwa laman tersebut kredibel, maka publik akan dengan mudah terdorong dan ikut serta dalam kegiatan yang diadakan organisasi.

4. Edukasi

Berkaitan dengan beberapa fungsi sebelumnya, website berakhiran .ORG akan menggiring opini publik bahwa ia merupakan gudang informasi dan ilmu yang dapat digunakan dan diserap sebanyak apapun, dan oleh siapapun.

Baca juga : Berikut Rekomendasi Domain Gratis Terbaik

Kelebihan dan Kekurangan Eksistensi Domain ORG

ORG adalah salah satu dari banyak jenis Eksistensi Domain. Dari beberapa jenis yang ada, masing-masing pasti tak terhindarkan dari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Jika kamu ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Eksistensi Domain .ORG, simak pembahasan di bawah ini.

Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki Eksistensi Domain .ORG.

1. Kredibilitas Tinggi bagi Perusahaan Non-Profit

Berdasarkan alamat situs dengan akhiran .ORG, masyarakat dapat secara otomatis memahami bahwa laman ini miliki perusahaan non-profit. 

2. Pilihan Nama Domain Tersedia Lebih Banyak

Dibandingkan dengan Eksistensi Domain .COM, .ORG termasuk dalam kategori yang penggunanya belum terlalu banyak. Privilege ini sangat menguntungkan dalam penggunaan Nama Domain untuk website-mu. Peluang untuk menggunakan Nama Domain sesuai yang kamu inginkan akan semakin luas.

Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihannya, kamu juga harus mengetahui kekurangan yang dimiliki .ORG.

1. Sulit Terdeteksi secara Mobile

Eksistensi Domain yang kerap muncul dalam Mobile adalah .COM. Sedangkan untuk .ORG, pengguna harus mengetikkan akhiran laman secara lengkap agar yang dicari muncul sesuai ekspektasi.

2. Penggunaan Dibatasi

Sesuai jenisnya, Eksistensi Domain .ORG dapat digunakan dalam bidang-bidang tertentu seperti organisasi, komunitas, dan perusahaan non-profit, agar tepat sasaran. Di luar itu, Eksistensi Domain ini kurang tepat digunakan, apalagi untuk perusahaan komersial yang tujuannya sebagai branding.

Akhirnya, kamu sudah membaca dengan lengkap hingga ujung artikel. Kini, kamu sudah mengetahui apa itu .ORG, lengkap beserta fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya. Jangan lupa menggunakan Eksistensi Domain yang tepat sesuai bidang yang kamu geluti, ya. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya!

Baca juga : URL: Sudah Tahu Pengertian dan Bagian-bagiannya?

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *