Tanggal:24 July 2024

Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

Setiap harinya kita pasti selalu disibukkan oleh berbagai aktivitas. Ada yang bekerja, sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah, maupun aktivitas lainnya yang seringkali membuat kita lelah. Bukan hanya lelah secara fisik, namun bisa juga lelah secara pikiran. Kalau sudah sampai lelah secara pikiran, ujung-ujungnya kita akan stress secara mental. Tentunya kamu tidak mau bukan terus-terusan seperti itu ? Kamu juga perlu yang namanya menikmati hidupmu, untuk itu kamu bisa banget nih melakukan terapi mindfulness, terapi ini bisa membantumu mengatasi segala bentuk kecemasan, dan permasalahan dalam hidup.

Sebelum masuk lebih jauh, kamu harus tahu dulu apa sih itu terapi mindfulness. Terapi mindfulness adalah salah satu terapi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakannya serta menerimanya secara terbuka. Belakangan saat ini terapi mindfulness mulai populer, dan menjadi trend yang di lakukan banyak orang. Bahkan salah satu media terkemuka di dunia Time Magazine mengemukakan bahwa pada tahun 2014 sebagai tahun mindfulness. Terapi mindfulness ini merupakan salah satu kunci seseorang untuk menghindari, dan mengatasi rasa cemas, stress, maupun depresi. 

Lalu Bagaimanakah Cara Nya Mempraktikkan Terapi Mindfulness ?

Mempraktikkan terapi mindfulness hampir sama saja seperti melakukan meditasi. Namun terapi mindfulness ini juga bisa kamu sisipkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat kamu sedang duduk minum teh, kamu bisa menikmatinya dengan mencoba menyeruput teh, seperti menghirup aromanya, merasakan sensasi panas dinginnya, serta bisa juga sambil memperhatikan warnanya. Kamu juga bisa melakukan terapi mindfulness ini saat kamu sedang berjalan, kamu bisa memperhatikan setiap gerak langkah kakimu, dan memberikan fokusmu terhadap setiap pijakan yang kamu lakukan.

Selain itu kamu juga bisa mencoba terapi ini dengan metode meditasi. Caranya adalah kamu bisa memulainya dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur napas, lalu fokus pada detak jantungmu atau rasakan sensasi udara yang mengalir saat menarik dan mengembuskan napas. Selanjutnya, fokuskan diri pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar. Kamu pun bisa menggunakan pancaindra untuk mengamati dan merasakan kondisi sekitar.

Kamu juga bisa memfokuskan diri pada emosi yang sedang kamu rasakan. Kenali bagaimana emosi itu muncul dan terimalah apa pun yang menyebabkan kamu merasa emosi.Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 3–5 menit, lalu fokuskan kembali pikiranmu. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, metode mindfulness bisa membuat kamu merasa lebih tenang, mampu berpikir lebih jernih, dan yang pastinya bisa membuatmu terhindar dari yang namanya perasaan cemas, dan stress.

Pada dasarnya terapi ini membuat kamu menjadi seseorang yang lebih mawas diri terhadap kondisi sekitar, emosi, perasaan, dan berbagai persoalan yang sedang dihadapi. Selain itu terapi mindfulness ini memiliki banyak manfaat jika kamu menerapkannya kedalam kehidupanmu, apa saja itu ? simak dibawah ini, ya!

4 Manfaat Terapi Mindfulness

1. Membantu Kamu Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup

Ilustrasi Wanita yang Merentangkan tangannya Saat Senja
Ilustrasi Wanita Yang Merentangkan tangannya Saat Senja(pexels.com/jill wellington)

Terapi mindfulness akan membuat kamu meningkatkan kualitas hidupmu. Kamu bisa mengusir pikiran negatif yang datang ke kehidupanmu dengan mencoba fokus kepada hal-hal yang baik dalam hidupmu, dan berusaha tidak menghakimi dirimu terhadap apapun yang sudah terjadi. Cobalah untuk fokus menjalani hidupmu saat ini dengan pikiran yang terbuka, dan berikan yang terbaik pada setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan melakukan terapi ini kamu akan jauh lebih tenang, dan tidak stress, sehingga kamu bisa menikmati hidupmu.

2. Mengurangi Stress dan Depresi

Ilustrasi gambar Pria Dan wanita sedang Duduk Di Kursi Berhadapan Sambil Berbincang
Ilustrasi Gambar Pria Dan wanita sedang Duduk Di Kursi Berhadapan Sambil Berbincang(pexels.com/cotton bro)

Terapi mindfulness adalah terapi yang melatih dirimu agar bisa memfokuskan diri untuk menenangkan pikiranmu, Sehingga dengan terapi ini kamu dapat mengurangi stress ketika kamu mengalami gejala emosional dan fisik. Kamu akan dapat menyadari emosi yang masuk kedalam pikiranmu, namun setelah melakukan terapi ini kamu akan lebih mahir mengatur emosimu agar terhindar dari stress.

3. Melatih Pikiran Dan Fokus

Ilustrasi Wanita Sedang Fokus Membaca Buku
Ilustrasi Wanita Sedang Fokus Membaca Buku(pexels.com/george milton)

Terapi mindfulness ini dilakukan untuk melatih kamu agar fokus terhadap lingkungan sekitar, dan pikiran yang muncul di dalam dirimu. Cobalah untuk menjalaninya dengan lebih santai dan fokus. Luangkanlah sedikit waktu untuk menikmati keadaan di sekitar dengan menggunakan kelima indra mu. Misalnya, ketika kamu sedang menikmati hidangan tertentu. Cobalah untuk menikmatinya dengan mencium aromanya, memperhatikan tata sajiannya, dan merasakan tekstur dan cita rasa dari hidangan tersebut. Lakukanlah perlahan jangan terburu- buru, maka kamu akan dapat melatih pikiran dan fokusmu.

4. Mencintai Diri Sendiri

Smartphone Putih
Ilustrasi Gambar HP dan Kertas Bentuk Love(pexels.com/cristian dina)

Mencintai dirimu sendiri adalah hal wajib yang perlu kamu lakukan. Mencintai diri sendiri berarti menghargai dan menyayangi diri sendiri apa adanya, baik itu dari kelebihan maupun kekurangan yang kamu miliki. Jika kamu selama ini belum bisa mencintai dirimu sendiri, kamu perlu mencoba terapi mindfulness, terapi ini dapat membantu kamu untuk mengenal dan membuka dirimu. Terapi ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu.

Sangat bermanfaat bukan terapi mindfulness ini? Yuk kita coba lakukan terapi ini, demi kesehatan mentalmu juga lho..lakukan perlahan yaa, jangan terlalu bebani dirimu ketika melakukannya, kuncinya adalah just enjoy yourself, and you’ll get better. Selamat mencoba !

Baca Juga : Begini 8 Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

 

sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *