Tanggal:10 May 2024

8 Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

Ketika tubuh kita merespon stress, maka tubuh pun akan ikut bereaksi. Sehingga kita akan merasakan denyut jantung meningkat, pernapasan lebih cepat, otot menengang, dan tekanan darah bisa naik. Walaupun respon tubuh manusia berbeda-beda terhadap reaksi pikiran yang stress, namun kita tentunya perlu menghindari hal tersebut. Kita tidak bisa membiarkan tubuh kita dalam resiko yang berbahaya. Maka dari itu penting sekali untuk kita agar mengetahui cara bagaimana untuk meditasi dan menenangkan pikiran kita, sehingga kita bisa terhindar dari stress.

Salah satu cara untuk menenangkan pikiran kita adalah kita bisa mencoba melakukan meditasi. Meditasi merupakan kegiatan melatih fokus pikiran agar merasa tetap tenang. Cara meditasi, bisa dilakukan dimana saja, yang perlu kita lakukan adalah duduk berdiam diri, fokus, dan mulai menarik napas perlahan-lahan.

Baca Juga | Sering Lupa ? Lakukan Cara Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat Meditasi

Selain dapat menenangkan pikiran meditasi juga sangat efektif untuk mengaktifkan signyal di gelombang otak yang sangat berperan dalam konsentrasi, ingatan, dan kesadaran. Alhasil meditasi pun mampu membuat kamu merasa lebih positif sehingga membuatmu lebih bahagia.

Selama ini meditasi memang diyakini dapat memberikan ketenangan jiwa dan pikiran, sehingga membuat emosi menjadi lebih stabil. Manfaat meditasi juga bisa di dapatkan dalam aktivitas sehari-hari apabila kita selalu rutin melakukan meditasi. Sekarang ini, meditasi juga sudah banyak digunakan untuk menangani berbagai gangguan mental maupun fisik, seperti kecanduan nikotin dan obat-obatan, depresi dan kecemasan, rasa nyeri, serta tekanan darah tinggi.

Tak hanya itu saja, meditasi juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Begitu banyaknya manfaat meditasi untuk menenangkan pikiranmu dari stress, pasti kamu tertarik bukan untuk mencobanya ?. kamu tidak perlu khawatir. Artikel ini akan memberikan kamu penjelasan bagaimana cara meditasi yang efektif untuk menenangkan pikiran. simak dibawah ini, ya!

Baca Juga | Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

8 Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

1. Mencari Posisi Ternyaman

Ilustrasi wanita menikmati keindahan alam
Ilustrasi wanita menikmati keindahan alam(pexels.com/alexandr podvalny)

Cara meditasi yang pertama adalah mencari posisi ternyaman, kamu bisa mencari tempat yang sesuai dengan moodmu. Sehingga kamu bisa lebih rileks dalam melakukan meditasi. Kamu juga bisa mempersiapkan kebutuhan-kebutuhanmu yang lain yang dapat mendukung dirimu nyaman dalam melakukan meditasi, Misalnya kamu menyiapkan lilin aromaterapi. Gunakan juga pakaian yang nyaman, sehingga kamu akan lebih menikmati proses meditasimu.

Baca Juga | Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

2. Buat Rileks Tubuh

Ilustrasi Lilin Aroma Terapi lavender
Ilustrasi Lilin Aroma Terapi lavender(pexels.com/george becker)

Setelah mencari posisi yang nyaman kamu dapat merilekskan tubuhmu. Kamu bisa mencobanya dengan menutup kedua matamu dan kendurkan bahu supaya lebih rileks. Ambil napas dalam lewat hidung, lalu hembuskan pelan-pelan.

Coba bayangkan di kepalamu. Saat kamu menarik napas, rasakan semua energi positif masuk ke dalam tubuh lewat sela-sela jari mu. Sementara itu ketika menghela napas, bayangkan semua stres yang menumpuk dalam pikiranmu ikut terbuang. Kamu juga bisa memutar musik atau menggunakan aromaterapi untuk membantumu menenangkan pikiran.

Baca Juga | Apa Itu Toxic Positivity? Pengertian, Ciri, Dampak Dan Cara Menghindarinya

3. Membuang Semua Pikiran Negatif

Ilustrasi Bunga Teratai
Ilustrasi Bunga Teratai((pexels.com/dts videos)

Selama melakukan meditasi, kamu harus membuang semua pikiran negatif yang ada di dalam dirimu. Keluarkan semua segala keresahan, dan kecemasan yang ada pada dirimu. Keluarkan juga emosi yang terpendam dalam hatimu seperti perasaan marah, jengkel, khawatir, dan sedih. Setelahnya kamu bisa merasakan kamu akan jauh lebih bahagia daripada yang sebelumnya.

Baca Juga | 7 Cara Mengatasi Overthinking

4. Fokuskan Dirimu Pada Permasalahanmu

Ilustrasi Batu Bersusun
Ilustrasi Batu Bersusun(pexels.com/nicollazzi xiong)

Setelah kamu sudah membuang semua pikiran negatif yang ada pada dirimu, mulailah untuk memfokuskan dirimu kepada permasalahan-pemasalahan yang kamu alami. Kamu bisa menganalisis permasalahanmu, mencari tahu penyebabnya dan pemicunya. Cobalah untuk membuang pikiran negatif itu dalam waktu lima menit, setelah itu kamu bisa merasakan perbedaannya.

5. Fokus Perhatikan Nafasmu

Ilustrasi wanita yang sedang duduk di tengah padang rumput
Ilustrasi wanita yang sedang duduk di tengah padang rumput(pexels.com/andrea piacquadio)

Selama meditasi cobalah untuk fokus memperhatikan nafasmu. Berkonsentrasilah penuh dengan tarikan dan hembusan napas, secara tidak langsung kita akan menyadari bahwa semua pikiran tentang kehidupan sehari-hari bisa hilang dengan sendirinya. Selama proses meditasi pasti ada masa dimana kita memikirkan hal-hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi, tapi berusahalah untuk kembali fokus dengan pernafasan kita dan segera buang pikiran-pikiran tersebut.

6. Terima Dirimu Apa Adanya

Ilustrasi wanita yang sedang duduk bermeditasi
Ilustrasi wanita yang sedang duduk bermeditasi(pexels.com/cliff booth)

Dalam meditasi ini kamu akan belajar bagaimana menerima dirimu apa adanya. Kamu akan lebih mengenali dirimu, siapa kamu, bagaimana sifat, kelebihan, dan juga kekurangan kamu. Setelah kamu bisa menerima dirimu apa adanya, kamu akan jadi lebih mencintai dirimu sendiri. Dan kamu bisa menjadi pribadi yang lebih tenang, kedepannya kamu akan selalu memandang hidupmu dengan sangat bermakna.

Baca Juga | 9 Cara Untuk Terapi Self Healing, Perlu Isolasi Diri?

7. Mencari Solusi Dari Permasalahanmu

Ilustrasi Wanita Yang Sedang Melakukan Yoga
Ilustrasi Wanita Yang Sedang Melakukan Yoga (pexels.com/li sun)

Setelah kamu dapat menerima dirimu apa adanya, mulailah mencari solusi dari setiap permasalahanmu. Carilah solusi dari setiap permasalahanmu dengan mempertimbangkan segala hal dengan matang-matang. Dan ingat jangan pernah menyalahkan dirimu atas permasalahan yang sudah terjadi yaa.

8. Hadirkan Pikiran Positif

Ilustrasi Wanita Yang sedang Tersenyum
Ilustrasi Wanita Yang sedang Tersenyum (pexels.com/christina morillo)

Setelah mendapatkan solusi hadirkan pikiran positif dikehidupanmu, yakinlah bahwa segala bentuk kecemasan, stress, maupun depresi bisa kamu atasi. kamu harus percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu adalah pribadi yang tangguh yang bisa mengontrol emosimu.

Nah, itu tadi penjelasan bagaimana 8 cara meditasi untuk bantu menenangkan pikiranmu yang sedang stress. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, Selamat mencoba!

Baca Juga | Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *