Tanggal:22 June 2024

4 Software Webinar Terbaik 2021

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata webinar atau yang kepanjangannya adalah web seminar, Webinar adalah suatu kegiatan daring yang bersifat seminar online dengan menggunakan jaringan sinyal internet melalui perangkat seperti Laptop, PC atau Smartphone dalam keberlangsungan kegiatannya

Pandemi Virus Corona atau Covid-19 ini memaksa seluruh penggiat dan penikmat seminar harus melaksanakan kegiatannya dengan webinar atau web seminar karena dengan begitu kita semua tidak lagi harus mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat. Khususnya dalam dunia pendidikan, selain pelaksanaannya yang cukup mudah karena hanya membutuhkan jaringan internet yang stabil, kegiatan ini tidak memerlukan banyak biaya dalam operasionalnya.

Nah selain internet dan hardware atau perangkat keras, kamu harus juga perlu mengetahui apa saja aplikasi / sofware / perangkat lunak yang mendukung kegiatan webinar ini tentunya.

Berikut adalah beberapa opsi aplikasi pendukung webinar terbaik di tahun ini untuk kamu yang masih di rumah aja nih

1. Zoom Meeting

Zoom Bisa menampung hingga 100 peserta webinar – @pexels.com

Zoom merupakan salah satu aplikasi yang paling populer saat ini, tidak hanya itu aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk melaksanakan kegiatan webinar selama pandemi virus corona atau covid-19 seperti sekarang ini.

Dengan video berkualitas HD ( High Definition ) serta dilengkapi dengan audio yang sangat jernih, zoom menjadi aplikasi ternyaman saat kegiatan meeting online dilakukan. Zoom meeting juga mampu menampung hingga sampai 100 orang peserta seminar aktif sehingga memiliki kapasitas yang sangat besar untuk menggela acara – acara tertentu

Zoom memberikan fitur yang menunjang keaktifan para peserta juga tentunya diantaranya seperti para peserta bisa ikut turut memberikan komentar melalui kolom chat dan menyuarakan pendapat melalui audio serta Visual ( gambar dan video ) melalui fitur share screennya. Semua fitur tersebut bisa membangun suasana seminar online terasa seperti offline seperti seminar pada umumnya.

Baca juga: Cara Usaha Memulai Kuliner Untuk Pemula

2. Google Hangouts

Google Hangout terintegrasi dengan Google Suite – @pexels.com

Google hangouts merupakan salah satu aplikasi pelaksanaan webinar saat ini. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi milik google yang memiliki banyak fungsi diantarannya seperti, Video Call dengan kualitas High Definition lalu ada fitus Voice call and HD Group Confrencing.

Kelebihan unik dari aplikasi ini adalah terintgrasinya dengan Google Suite yang bisa memberikan fasilitas mengumpulkan orang melalui penyebaran link URL web, laptop atau pc, maupung aplikasi Google Hangouts itu sendiri pada ponsel-ponsel pada umumnya. Terlebih lagi buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini dan menikmati setiap fiturnya tidak perlu mengeluarkan dana sepeser pun alias gratis tentunya.

Seperti halnya dengan aplikasi Zoom Meeting, Google Hangouts juga terdapat fitur untuk membagikan tampilan layar saat berkegiatan berlangsung atau fitur share screen kepada seluruh peserta webinar.

Baca juga: 7 Tips Hidup Bahagia

3. ezTalks Webinar

ezTalks memiliki fitur survey singkat di akhir seminar

Selanjutnya adalah aplikasi bernama ezTalks Webinar yang merupakan satu dari sekian software terbaik dalam menyelenggarakan webinar buat kamu yang masih bingung mau pake aplikasi apa

Nama ezTalks Webinar sendiri masih belum cukup terdengar sampai khalayak ramai. Tetapi aplikasi ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena ternyata penggunanya juga sudah cukup banyak dan sudah bisa dikatakan cukup populer

Aplikasi ezTalksa Webinar dibuat sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan mudah, praktis dan fleksibel. Untuk sekarang ini pengguna dari aplikasi ezTalks Webinar adalah perusahaan-perusahaan besar yang memerlukan banyak rapat atau meeting secara daring.

Tentunya aplikasi ini juga menjanjikan audio yang jernih serta video berkualitas tinggi, semua itu akan membuat para pengguna akan merasa nyaman. Selain dari itu, dengan ezTalks kamu bisa membuat survey singkat pada akhir sesi seminar kamu supaya kamu juga tahu nih feedback dari para peserta seminar itu bagaimana terhadap seminar yang sudah kamu laksanakan tersebut.

Baca juga: 5 Tips Sukses Hadapi Sempro

4. Livestorm

Livestorm memberikan fasilitas melihat segmentasi audiens – @pexels.com

Livestorm merupakan salah satu aplikasi untuk webinar yang bisa juga kamu jadikan opsi untuk menyelenggaran seminar onlinemu. Aplikasi ini dirancang khurus untuk keperluan sekolah online, seminar online dan kegiatan-kegitan yang memang memerlukan video conferencing lainnya. Dengan begitu seluruh fitur yang sudah tersedia dalam aplikasi ini memang disiapkan spesial untuk menunjang kegiatan-kegiatan video conferencing yang menjadi fungsi utama aplikasi Livestorm ini.

Keunggulan dari Livestorm adalah dengan menggunakannya kamu juga bisa memantau segmentasi dari para peserta seminar yang datang ke acaramu, mengenkripsi daya, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Untuk menggunakan Livestorm sebagai sarana pengadaan webinar, kamu harus membeli paket-paket yang ditawarkan oleh aplikasi ini

Terdapat harga beragam tergantung seberapa lamanya kegitan webinar dan kapasitas peserta webinar yang kamu butuhkan. Meskipun Livestorm ini merupakan aplikasi berbayar tetapi aplikasi ini masih menjadi banyak pilihan bagi para lembaga-lembaga, sekolah-sekolah dan perusahaan-perusahaan yang memang hendak melangsungkan kegiatan webinar atau seminar online.

Itulah tadi beberapa opsi aplikasi buat kamu yang ingin melaksanakan webinar dengan performa terbaik. Meskipun sekarang sedang pandemi tapi jangan biarkan dirimu kehilangan semnagat dalam menimba ilmu melalui seminar.

Baca juga: https://vocasia.id/blog/cara-agar-sukses-di-usia-muda/


Selain melalui seminar kamu juga bisa mencari ilmu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan online lho
Vocasia menyediakan beragam pelatihan di berbagai bidang seperti video editing atau yang lain sebagainya
Yuk kunjungi website kami di sini

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *