Tanggal:22 June 2024

Mengenal Market Leader, Posisi Nomor Satu yang Menguntungkan!

Kamu ingin bisnismu menjadi yang nomor satu? Kalau iya dan ingin meraih puncak di dalam bisnis, menjadi pemimpin pasar atau market leader adalah salah satu tujuan yang perlu kamu capai.

Siapa, sih, yang tidak ingin perusahaan atau bisnis mereka memimpin pasar? Ketika bisnismu menjadi pemimpin pasar, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari pelangganmu karena kualitas dan harganya pasti lebih unggul dari pesaing.

Terus, apa sebenarnya arti dari pemimpin pasar atau market leader? Penasaran? Kamu bisa temukan jawabannya dengan membaca rangkuman dari Vocasia berikut ini. Yuk, langsung saja dibaca!

Apa Itu Market Leader?

Ilustrasi Market Leader (Sumber: Freepik.com)

Sebelum mengenal market leader lebih lanjut, kamu perlu mengetahui apa itu market share. Market share adalah persentase penjualan industri yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Biar kamu gak bingung, Vocasia akan memberi contoh. 

Misalnya, terdapat perusahaan smartphone yang melakukan penjualan sebesar 1 juta unit selama setahun. Nah, dari penjualan tersebut, 50% dimiliki oleh PT A. Sisanya, yaitu 30% dimiliki oleh PT B, dan 20% dimiliki oleh PT C.

Persentase penjualan ini yang disebut sebagai market share. Lalu, apa hubungannya dengan market leader?

Melihat dari persentase penjualan tadi, kira-kira siapa yang paling banyak penjualannya? Perusahaan yang memiliki penjualan paling banyak adalah pemimpin pasar atau market leader di industrinya. 

Berdasarkan contoh, PT A memiliki presentase penjualan yang paling besar di pasar. Dengan begitu, PT A adalah pihak yang memimpin pasar smartphone atau sebagai market leader.

So, kesimpulannya market leader adalah perusahaan, organisasi, produk, atau merek dengan persentase penjualan tertinggi di industri tertentu. Perusahaan yang memimpin pasar mendominasi dengan memengaruhi loyalitas pelanggan kepada perusahaan, harga produk atau layanan dan distribusinya. Bagaimana? Sudah paham sampai sini?

Karakteristik Market Leader

Ilustrasi Market Leader (Sumber: Freepik.com)

Market leader adalah perusahaan yang memimpin pangsa pasar terbesar dalam industri tertentu. Pemimpin pasar biasanya juga ditemukan di mana-mana. Merek-merek ini memiliki beberapa karakteristik dan nilai yang membantu mereka berhasil dan bertahan di pasar industri. Berikut adalah karakteristik dari market leader:

1. Fokus Kepada Pelanggan

Market leader tidak pernah lupa bahwa pelanggan mereka adalah faktor terpenting dalam kesuksesan mereka. Market lerader selalu mencari cara untuk meningkatkan layanan pelanggan dan mencari umpan balik serta saran dari pelanggan. Bahkan, pelanggan yang senang dengan produk kamu bisa saja beralih ke pesaing, jika kamu gagal melayani mereka dengan baik.

2. Gesit dan Fleksibel

Saat kondisi pasar berubah, market leader harus gesit dan menyesuaikan bisnis serta produk yang dijual. Jika pesaing baru memasuki pasar dengan konsep baru dan unik yang dapat menarik banyak konsumen, pemimpin pasar perlu mengintegrasikan konsep baru ke dalam operasi bisnis mereka atau mengembangkan inovasi mereka sendiri untuk menarik konsumen. 

3. Memiliki Visi yang Jelas

Perusahaan yang memimpin pasar sudah memiliki arah bisnis yang jelas dan strategi yang efektif untuk mencapai tujuannya. Perusahaan perlu mengantisipasi berbagai perubahan dan tren yang akan memengaruhi bisnis mereka di masa depan.

Ini memungkinkan kamu untuk tetap berada di depan pesaing jika dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Visi yang jelas memungkinkan para market leader untuk fokus pada bisnis mereka dan tidak menghalangi pencapaian tujuan mereka.

Lalu, Apa Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Market Leader?

Ilustrasi Market Leader (Sumber: Freepik.com)

Menjadi yang nomor satu di pasar memang sangat menarik dan menggirukan. Biar kamu makin semangat, yuk, kita lihat apa, sih, kelebihan dan kekurangan menjadi market leader

Market leader sering menggunakan posisi mereka untuk meningkatkan efisiensi biaya. Mereka tidak hanya dapat memanfaatkan skala ekonomi besar-besaran untuk mengurangi biaya per unit produk, tetapi juga dapat menggunakan keuntungan first-mover untuk menetapkan tren harga dan mengendalikan pasar.

Selain itu, konsumen cenderung akan membeli produk dari market leader karena terjamin kualitas dan keandalannya. Pemimpin pasar memiliki prestige dan brand value yang kuat. Loyalitas merek yang kuat dapat membantu mereka mempertahankan pelanggan yang sudah ada serta menarik pelanggan baru. 

Terakhir, market leader dapat meminimalkan biaya input dengan bernegosiasi dengan supplier. Supplier industri biasanya menawarkan diskon yang signifikan karena volume setiap pesanan meningkat. 

Sayangnya, kekurangan menjadi market leader adalah ketika sebuah perusahaan mendominasi industri tertentu, pesaing dapat melihatnya sebagai monopoli pasar. Pemimpin pasar juga cenderung agresif mengejar peluang akuisisi dari pesaing, yang dapat mempengaruhi ekuitas merek.

Tips and Trick Agar Menjadi Market Leader!

Ilustrasi Market Leader (Sumber: Freepik.com)

Nah, ternyata menjadi market leader memiliki banyak kelebihan dan keuntungan, ya! Lalu, strategi apa yang dapat kamu gunakan agar gelar tersebut melekat pada bisnismu? Berikut adalah tips and trick yang bisa kamu gunakan agar menjadi market leader!

1. Membuat Produk yang Spesifik dan Unik

Menjadi nomor satu di industri mapan tentu bukan sesuatu yang mudah. Oleh karena itu, untuk melakukan ini, pilih medan perang yang lebih mudah dimenangkan dan ciptakan berbagai produk unik untuk membantu kamu menjadi pemenang di pasar ini.

2. Meningkatkan Strategi Pemasaran

Salah satu cara untuk menjadi market leader adalah dengan membangun brand awareness. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai channel pemasaran. Temukan cara kreatif untuk terhubung dengan audiens. Kamu akan bisa menjadi market leader apabila berhasil membuat audiens terngiang-ngiang di pikiran mereka.

3. Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Untuk menjadi pemimpin pasar, kamu harus memikirkan kepuasan pelanggan. Selalu ingat bahwa pelanggan adalah raja. Pelanggan yang puas pasti akan menjadi pelanggan setia kamu. Selain itu, kamu bisa mendapatkan ulasan bagus dari mereka.

Demikian informasi dari Vocasia tentang market leader. Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi market leader? Kalau iya, masih banyak langkah-langkah yang harus kamu lakukan. 

Lalu, apa langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan? Kamu bisa memahami semua itu di Vocasia! Terdapat berbagai kelas dengan pembahasan seputar dunia pengembangan bisnis, penjualan, serta ide bisnis yang dibutuhkan pasar, loh! Ikuti kelasnya di sini, yuk!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *