Tanggal:10 May 2024
Apa itu marketing funnel? (sproutsocial.com)

Marketing Funnel: Arti, Manfaat, Tahapan, Strategi dan Contohnya

Apa Itu Marketing Funnel?

Marketing funnel adalah serangkaian tahapan untuk memandu prospek melalui perjalanan pelanggan. Funnel membantu tim pemasaran merencanakan dan mengukur upaya untuk menarik, melibatkan, dan mengonversi prospek melalui konten dan materi pemasaran lainnya, seperti landing page dan iklan.

Dengan analisis yang cermat, marketing funnel memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan perusahaan Anda untuk memengaruhi konsumen pada tahap tertentu. Dengan mengevaluasi funnel Anda, Anda berpotensi dapat mendorong penjualan yang lebih besar, lebih banyak loyalitas, dan kesadaran merek yang lebih kuat.

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Marketing funnel biasanya didasarkan pada model ‘AIDA’:

  • Awareness : Prospek menyadari masalah mereka dan kemungkinan solusi untuk mereka.
  • Interest : Prospek menunjukkan minat pada sekelompok layanan atau produk.
  • Desire : Prospek mulai mengevaluasi merek tertentu.
  • Action : Prospek memutuskan apakah akan membeli.

Baca Juga | Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Manfaat Marketing Funnel

Marketing funnel dianggap penting karena dapat memberi tahu Anda seberapa jauh prospek Anda dalam perjalanan pelanggan dan dapat membantu Anda mengidentifikasi strategi terbaik dan jenis konten yang dapat memberikan hasil. Beberapa manfaat lain dari marketing funnel adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan penjualan. Anda dapat menyesuaikan jenis konten dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Anda memiliki gambaran tentang perilaku pelanggan potensial.
  • Membantu mengidentifikasi area yang membutuhkan perbaikan. Anda bisa mengetahui pada titik mana Anda sering kehilangan pelanggan sehingga Anda bisa mengubah strategi untuk mencegahnya.

3 Tahapan Marketing Funnel

Tradisional model funnel ialah linier, dimulai di bagian atas funnel dan berakhir di bagian bawah, tempat prospek Anda berkonversi.

Tantangannya adalah marketing funnel tidak selalu berfungsi seperti ini di dunia nyata. Orang tidak selalu melompat ke saluran tepat di atas dan maju selangkah demi selangkah melalui setiap tahap sampai mereka keluar dari bawah, pelanggan baru.

Baca Juga | Bisnis Roti Kekinian dengan Buka Franchise Rokupang

Marketing funnel seperti perilaku pembelian orang-orang di kehidupan nyata bersifat nonlinier, oleh karena itu penting untuk memahami perjalanan pelanggan dari saat kesadaran hingga saat konversi. Kemudian bagian dari itu adalah memahami cara kerja setiap tahap dalam model saluran pemasaran tradisional.

Baca Juga | Kenali Apa itu Agency dan jenis-jenisnya!

1. Top of the funnel : Awareness

The top of the funnel (TOFU) adalah tempat prospek menjadi sadar akan merek Anda dan terlibat dengannya untuk pertama kalinya. Mereka mungkin belum tahu banyak tentang produk atau layanan Anda, jadi tahap ini berfokus pada konten dan materi pemasaran yang mempromosikan kesadaran merek. Gunakan tahap ini untuk menarik prospek, dan tunjukkan kepada mereka apa yang Anda tawarkan.

Baca Juga | Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan contoh

2. Middle of the funnel: consideration

Pelanggan potensial masuk ke middle of the funnel (MOFU) setelah mereka terlibat dengan merek Anda dengan cara yang mungkin: mereka telah berlangganan daftar email, mengikuti Anda di media sosial, atau telah mendaftar untuk webinar. Gunakan tahap ini untuk terlibat dengan prospek—untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan membedakan merek Anda.

Baca Juga | Jadwal Libur Tahun 2022

3. Bottom of the funnel: conversion

The bottom of the funnel (BOFU) adalah tempat terakhir yang dikunjungi calon pelanggan sebelum mereka berkonversi. Anda mendapatkan perhatian mereka, membangun kepercayaan, dan membina hubungan dengan mereka. Gunakan tahap ini untuk mengonversi prospek, beri mereka alasan spesifik untuk memilih merek Anda daripada pesaing Anda.

Baca Juga | Segmentasi Demografis: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Strategi untuk Setiap Tahap Marketing Funnel

Marketing funnel bekerja sebagai satu kesatuan yang utuh. Ini berarti bahwa setiap bagian perlu bekerja dengan sempurna agar perjalanan menjadi sukses. Ada banyak hal yang mengurangi gesekan dalam saluran pemasaran mereka. Contohnya:

  • Awareness : Strategi konten bermerek menarik bagi audiens dan membuat mereka menerima interaksi di masa mendatang.
  • Consideration : Pendukung merek dan bukti sosial membantu pelanggan saat mereka membandingkan Anda dengan pesaing.
  • Conversion : Proses pembelian yang sederhana mengurangi risiko pembelian.
  • Loyalty : Program loyalitas dengan diskon reguler, interaksi email, dan media sosial mempertahankan pelanggan.
  • Advocacy : Individu yang reseptif dalam program loyalitas Anda, mendukung saluran pemasaran Anda di masa mendatang.

Baca Juga | 5 Posisi Dalam Perusahaan Dengan Gaji Paling Tinggi Di Indonesia

Contoh Marketing Funnel

1. Netflix

Netflix salah satu media hiburan yang menggunakan marketing funnel tanpa batas yang memandu orang melalui perjalanan penjualan tanpa mereka sadari. Netflix menggunakan media sosial sebagai salah satu cara agar menarik audiens. Ringkasan yang tajam ditambah dengan klip pendek menggoda semua orang untuk hanya melihat pertunjukan sekali saat dirilis.

Baca Juga | Ini dia 5 Pekerjaan yang akan dibutuhkan ditahun 2022

Netflix menggunakan metode pemasaran dari word of mouth. Memasuki landing page Netflix, pengunjung baru diminta untuk memasukkan email untuk memulai langganan. Setelah itu akan memasuki tahap pendaftaran, mulai dari pembuatan password hingga memilih plan. Untuk meyakinkan calon pelanggan, tertulis bahwa kamu bisa membatalkan langganan kapan saja dan menekankan bahwa tidak akan ada fee tambahan.

Di akhir halaman adalah bagian FAQ yang menjelaskan lebih lanjut hal-hal untuk pengguna pertama kali. Setelah dengan mudah mengarahkan pelanggan melalui dua tahap, pertama dari saluran Netflix siap untuk memimpin dan menangkap mereka ketika mereka memutuskan untuk beralih dari pertimbangan ke tahap konversi.

Ketika pengguna mengatakan ya untuk melanjutkan ke tahap ke tiga, Netflix membuat prosesnya terasa lancar, mudah, dan aman kembali. Netflix telah memilih paket Premium sebelumnya, dan juga memberikan jaminan bahwa seseorang dapat meningkatkan dan menurunkan versi kapan saja.

2. NYX

Brand kecantikan NYX memiliki marketing funnel yang dimulai dari media sosial, yaitu Pinterest. Perjalanan calon pelanggan dimulai saat mereka mengunjungi halaman Pinterest mereka. Bagian dari halaman konten menunjukkan produk yang diiklankan. Gambar-gambar dalam konten didesain menarik dengan deskripsi produk yang singkat. Pesan tersebut kemudian menyertakan beberapa tautan ke situs web NYX, yang mengarahkan pelanggan ke fase minat dan pertimbangan.

Setelah mengklik publikasi, calon pelanggan diarahkan ke bagian khusus situs web NYX yang didedikasikan untuk produk tertentu. Di sini mereka dapat memilih dari beberapa pilihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Fase ini merupakan fase evaluasi. Pada langkah terakhir, pelanggan dapat membeli produk dengan dua klik. Ini bisa dilihat sebagai akhir dari funnel.

3. Wix

Pembuat situs web Wix membangun saluran pemasaran untuk menarik pengguna baru ke situs webnya dan membuat mereka tetap terlibat. Tujuannya adalah agar calon pelanggan mendaftar alih-alih membeli langganan premium. Wix menggunakan SEO untuk menarik calon pelanggan ke merek. Artikel bisnis muncul dicuplikan yang direkomendasikan Google untuk pertanyaan “cara membuat halaman arahan”. Setelah mengkliknya, Google mengarahkan calon pelanggan ke blog Wix.

Untuk mendorong pengunjung baru melalui corong pemasaran, Wix memberi mereka kesempatan untuk mulai membangun situs web mereka segera. Setelah mengklik tombol “Mulai Sekarang”, prospek akan membuka editor Wix. Saat pengunjung mendaftar ke layanan, Wix mencapai tujuan utamanya.

Baca Juga | Pengertian AIDA Beserta Contoh Penerapannya

Nah, itu dia hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai marketing funnel. Membuat marketing funnel dan pemasaran menggunakan proses yang dijelaskan di atas bukanlah hal yang mudah, tetapi ini adalah salah satu dari sedikit peluang yang Anda miliki untuk mendorong peningkatan yang signifikan dalam efisiensi dan efektivitas Anda saat menutup transaksi.

Baca Juga |Bagaimana Sih Cara Scale Up Bisnis? Simak Penjelasannya di Sini!

Nah, sekarang giliaran Anda yang mencoba. Perlu bantuan untuk membuat marketing funnel? Yuk, klik di sini untuk cek course pilihan dari Vocasia.

Edited by: Marsella Shafira Lukmi

Instagram: @marsellasl

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *