Tanggal:29 April 2024

Apa Itu Marxisme? Pengertian, Sejarah, dan Contohnya

Pengertian Marxisme

Marxisme adalah teori dan metode pembebasan diri kelas pekerja. Sebagai sebuah teori, teori tersebut didasarkan pada metode analisis sosial ekonomi yang mengkaji hubungan kelas dan konflik sosial dengan menggunakan interpretasi materialis tentang perkembangan sejarah dan pandangan dialektis tentang perubahan sosial. Itu berasal dari tulisan-tulisan filsuf Jerman abad ke-19 Karl Marx dan Friedrich Engels.

Kursus online belajar grammar vocasia

Marxisme menggunakan metodologi yang sekarang dikenal sebagai materialisme historis untuk menganalisis dan mengkritik masyarakat kelas, khususnya perkembangan kapitalisme, dan peran perjuangan kelas dalam perubahan ekonomi, sosial, dan politik yang sistemik.

Marxisme adalah sistem ekonomi dan sosial yang didasarkan pada teori politik dan ekonomi Karl Marx dan Friedrich Engels. Marxisme adalah antitesis kapitalisme, yang didefinisikan sebagai sistem ekonomi yang didasarkan pada kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi dan distribusi barang dan dicirikan oleh persaingan dan motivasi pasar bebas laba.

Pengertian Marxisme Menurut Para Ahli

1. Urban Dictionary

Marxisme adalah nama dari serangkaian analisis politik, sosial, filosofis dan ekonomi yang dirumuskan oleh Karl Marx dan teman dekatnya Friedrich Engles pada abad ke-19 dan yang masih berpengaruh di seluruh dunia.

Prinsip dasar pemikiran Marxis adalah bahwa sejarah paling baik dipahami dalam perjuangan kelas dan bahwa kekuatan produksi material dalam masyarakat memiliki pengaruh dominan pada struktur atas budaya/makna ideologis suatu masyarakat dan cara produksi menentukan cara hidup.

2. Encyclopedia Britannica

Marxisme adalah serangkaian ajaran yang dikembangkan kurang lebih oleh Karl Marx dan Friedrich Engels pada pertengahan abad ke-19. Ini awalnya terdiri dari tiga ide terkait: antropologi filosofis, teori sejarah, dan program ekonomi dan politik.

Ada juga Marxisme yang dipahami dan dipraktikkan oleh berbagai gerakan sosialis, terutama sebelum tahun 1914. Kemudian muncullah Marxisme Soviet, yang dikembangkan oleh Vladimir Ilyich Lenin dan dimodifikasi oleh Joseph Stalin menjadi Marxisme-Leninisme, yang digunakan dalam Revolusi Rusia (1917).

Ini termasuk Marxisme yang ditafsirkan oleh anti-Stalinis Leo Trotsky dan para pengikutnya, Mao Zedong Cina Marxis-Leninis dan berbagai Marxis di negara-negara berkembang. Setelah Perang Dunia II, muncul pula Marxisme non-dogmatis, yang mengandalkan filsafat modern untuk mengubah pemikiran Marx, terutama Edmund Husserl dan Martin Heidegger, serta Sigmund Freud dan lain-lain.

3. Collins English Dictionary

Marxisme adalah filsafat politik yang didasarkan pada tulisan-tulisan Karl Marx dan menggarisbawahi pentingnya perjuangan antara berbagai kelas sosial.

Sejarah Marxisme

Ideologi Marxis (Karl Marx) dimulai pada abad ke-19 ketika kondisi kerja di Eropa Barat buruk dan berkembang begitu pesat di sektor industri sehingga menciptakan kondisi sosial yang sangat berbahaya bagi pekerja. Ide ini tidak hanya menjadi inspirasi dasar “Marxisme” sebagai ideologi perjuangan buruh, tetapi juga merupakan komponen dasar ideologi komunis (Magnis dan Suseno, 2003: 3).

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, Karl Marx menyusun teori masyarakat yang diyakininya berdasarkan hukum-hukum ilmiah karena harus dilaksanakan. Dengan Karl Max di bangku cadangan, bidang politik yang ditekuninya dianggap radikal. Dalam menyusun teori perkembangan sosial, ia sangat tertarik dengan pemikiran dialektika filsuf Jerman Georg Hegel (1170-1831). Karl Marx menggunakan filosofi Hegel untuk mengubah masyarakat secara mendasar.

Marxisme merupakan bentuk perlawanan Marx terhadap paham kapitalisme. Karl Marx percaya bahwa seorang kapitalis mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar. Karena kaum proletar dipaksa untuk bekerja berjam-jam dengan upah minimum, keadaan kaum proletar sangat menyedihkan, sementara kaum kapitalis menikmati hasil dari keringat mereka.

Proletariat harus tinggal di pinggiran kota dan daerah kumuh. Menurut Marx, masalahnya berasal dari “kepemilikan pribadi” dan kontrol kekayaan oleh orang kaya. Agar proletariat berkembang, Marx menganjurkan agar konsep kapitalisme diganti dengan konsep komunisme. Menurut Marx, jika kondisi terus ditoleransi, proletariat akan memberontak dan menuntut keadilan. Inilah dasar dari Marxisme (Supardan, 2008: 334).

Ideologi Marxisme lahir sebagai kekuatan motif bagi kaum buruh. Karl Marx mengharapkan sains menjadi netral di antara kelas sosial yang lebih rendah (pekerja). Perkembangan dialektika terjadi dalam struktur masyarakat yang lebih rendah, sedangkan strukturnya bergerak ke atas (menurut Marx). Menurut Marx, perjuangan antara kaum kapitalis dan proletariat adalah konflik kelas terakhir dan akhir dari gerakan dialektis.

Contoh Marxisme

Berikut adalah beberapa contoh marxisme dalam kehidupan sehari-hari:

  • Pedagang dengan 3 karyawan, tetapi satunya adalah karyawan baru. Jika mereka menerima gaji bulanan, gaji karyawan baru sama dengan gaji karyawan lama.
  • Nana adalah seorang perempuan, ia memiliki dua adik laki-laki. Kedua adik laki-lakinya memiliki tanggung jawab yang sama dengan Nana dalam membantu ibu mereka.
  • Jika Irvan memiliki roti dan dua adik lelaki, ia membagi roti menjadi tiga bagian sehingga ketiganya merasakan hal yang sama.

Baca juga: Apa Itu Rasis? Pengertian Dan Bentuknya, Ternyata Wajib Kita Waspadai Loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *