Tanggal:30 May 2024

Metode FGE dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Are Effective)

FGE yaitu metode menemukan kelompok-kelompok yang kritis terhadap isu-isu penelitian yang sedang dilakukan. Dalam memunculkan data pada norma-norma budaya dari suatu kelompok. Dari kelompok ini peneliti akan memperoleh informasi-informasi yang bersifat kritis dan multi-aspek. Berdasarkan pemahaman tersebut, berikut di bawah ini adalah penjelasan mengenai metode FGE dalam penelitian kualitatif. Simak di bawah ini, yuk!

Baca juga : Format Desain Penelitian Deskriptif Kualitatif

Metode FGE dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Are Effective)

Ada dua jenis informan yang dapat diperoleh dengan metode ini. Yaitu kelompok informan kritis dan sering kali mengkritik. Sehingga ia memperoleh berbagai informasi akurat, lengkap, namun kadang bersifat negatif. Informasi negatif yang diberikan informan di dalam penelitian tidak selamanya negatif pula bagi keperluan penelitian. Karena sesungguhnya di dalam penelitian tidak ada informasi negatif, semua informasi menjadi berguna bagi peneliti dan penelitian.

Pada kenyataannya, di lapangan sering dijumpai juga kelompok-kelompok pendukung. Alhasil informasi yang diberikan kepada peneliti sangat lengkap, namun cenderung subjektif-positivis. Artinya informasi yang lengkap dan cenderung baik-baik saja terhadap objek penelitian. Kemudian informasi yang positif juga tidak menjamin bermanfaat bagi penelitian. Karena boleh jadi informasi itu bersifat palsu, diada-adakan atau dibuat-buat.

Oleh karena itu, sebagai peneliti, informasi yang diperoleh dari metode ini akan menjadi informasi penting, dalam mengembangkan analisis penelitian. Peneliti sendiri yang akan menilai apakah informasi dari dua sisi sub-informan itu. Mana yang paling objektif dan bisa dimanfaatkan. Tentu sebagai peneliti kualitatif akumulasi informasi menjadi penting dan bermanfaat saat analisis.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai metode FGE dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Are Effective). Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca juga : Format Desain Penelitian Kualitatif Verifikatif

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *