Tanggal:15 May 2024

Format Desain Penelitian Kualitatif Verifikatif

Dari berbagai varian penelitian kualitatif yang berkembang saat saat ini. Pada prinsipnya ada tiga model desain yang paling sering digunakan di kalangan peneliti. Yaitu format desain deskriptif-kualitatif. Kemudian Format desain kualitatif-verifikatif. Dan format desain kualitatif-grounded theory.

Kursus online belajar grammar vocasia

Ada format desain kualitatif-verifikatif merupakan upaya pendekatan induktif terhadap seluruh proses penelitian yang dilakukan. Karena itu, format desain penelitiannya secara total berbeda dengan format penelitian kuantitatif (maupun deskriptif-kualitatif). Kemudian format penelitian kualitatif-verifikatif lebih banyak mengkonstruksi format penelitian. Serta strategi memperoleh data dari lapangan secara induktif. Varian desain ini seperti juga desain penelitian kualitatif-evaluatif, audit komunikasi, dan semacamnya. Berdasarkan pemaparan tersebut. Berikut dibawah ini adalah penjelasan mengenai, format desain pada penelitian kualitatif verifikatif. Simak dibawah ini, yuk!

Baca juga : Metode Diary dalam Penelitian Kualitatif

Format Desain Penelitian Kualitatif Verifikatif

Strategi analisis data kualitatif-verifikatif merupakan sebuah upaya analisis induktif. Terhadap data penelitian yang dilakukan pada seluruh proses penelitian yang dilakukan. Karena itu, format strategi analisis data penelitiannya secara total berbeda dengan format penelitian kuantitatif, atau bahkan kualitatif-verifikatif. Kemudian format penelitian kualitatif-verifikatif mengkonstruksi format penelitian. Serta strategi untuk lebih awal memperoleh data sebanyak-banyaknya di lapangan, dengan mengesampingkan peran teori. Sebagaimana desain deskriptif-kualitatif menggunakannya sebagai alat utama analisis. Walaupun demikian, teori bukanlah sesuatu yang tidak penting dalam format ini. Dengan kata lain peneliti bukan seseorang yang buta, atau pura-pura buta terhadap teori. Namun peran data lebih penting dari teori itu sendiri.

Selanjutnya format desain kualitatif-verifikatif dapat ditemukan pada Penelitian Evaluatif. Audit Komunikasi. Analisis Isi (Content Analysis). Teknik Analisis Domain (Domain Analysis). Lalu teknik Analisis Taksonomik (Taxonomic Analysis). Focus Group Discussion. Framing Analysis. Kemudian analisis Wacana, Wacana Kritis, Fenomenologis,  Life History,  Struktural. Studi Kasus, Semiotik, Analisis Konstruksi Sosial Media Massa, dan sebagainya.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai format desain penelitian kualitatif verifikatif. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca juga : Format Desain Penelitian Deskriptif Kualitatif

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *