Tanggal:22 May 2024
Motto Profesional Linkedin

25+ Motto Profesional Linkedin Yang Menarik

Saat ini, LinkedIn merupakan media sosial yang penting dalam dunia profesional. Selain menjadi tempat untuk membangun jaringan atau mencari pekerjaan impian, tetapi juga menjadi peluang untuk membuat kesan yang baik secara profesional. Salah satu cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah menggunakan motto profesional di profil sobat agar terlihat berbeda dan menonjol dari pengguna lainnya.

Jika sobat bingung bagaimana cara membuat motto profesional yang oke untuk LinkedIn, yuk simak artikel berikut ini. Ada tips dan contoh motto profesional LinkedIn menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dapat sobat jadikan referensi.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Membuat Akun Linkedin Perusahaan Dengan Mudah!

Apa itu Motto Profesional?

Ketika sobat menjelajahi profil LinkedIn seseorang, sobat mungkin sering melihat satu baris teks di bagian headline yang menarik perhatian sobat dan baris ini biasanya menggambarkan inti dari identitas profesional mereka. Baris inilah yang disebut sebagai “Motto Profesional”.

Tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan motto profesional? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motto merupakan kalimat atau frasa yang digunakan sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip. Sedangkan profesional merupakan hal-hal yang bersangkutan dengan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya. Jadi, dapat disimpulkan motto profesional merupakan prinsip yang dimiliki oleh sobat dalam melakukan pekerjaan secara profesional.

Dalam konteks LinkedIn, motto profesional adalah elemen kunci yang dapat membantu sobat mengomunikasikan siapa dan apa yang sobat tawarkan secara profesional. Oleh karena itu penting sekali untuk merancang motto yang kuat dan relevan karena ini adalah salah satu elemen yang pertama dilihat oleh seseorang ketika mereka mengunjungi profil sobat.

Baca Juga: Cara Mencari Kerja Di LinkedIn Sesuai Dengan Preferensi Minat

Tips Membuat Motto Profesional di LinkedIn

Motto profesional di LinkedIn adalah satu-satunya yang dapat memberi kesan pertama yang kuat kepada seseorang yang mengunjungi profil sobat. Oleh karena itu, penting sekali untuk sobat merancang motto profesional dengan hati-hati. Inilah beberapa tips dari Minvo dalam membuat motto profesional di LinkedIn:

1. Tentukan Fokus dan Tujuan

Tips yang pertama, pertimbangkan apa yang ingin sobat sampaikan melalui motto. Apakah sobat ingin menonjolkan keahlian tertentu, nilai-nilai, atau tujuan profesional sobat? Dengan memahami fokus ini dapat membantu sobat dalam menentukan fokus dan tujuan yang ingin sobat sampaikan.

2. Masukan Unique Selling Point (USP)

Selanjutnya yang perlu sobat tulis dalam motto profesional yaitu tambahkan USP. USP merupakan faktor yang membedakan antara sobat dengan pengguna lainnya.

Sebagai contoh, sobat adalah seorang digital marketer. Nah apa yang membedakan sobat dengan digital marketer lainnya? Untuk itulah sobat perlu menambahkan hal yang membuat sobat terlihat lebih mencolok dibandingkan yang lainnya.

Misalnya jika sobat sudah lulus sertifikasi digital marketing dari Lembaga Sertifikat Profesi Digital Marketing Indonesia, sobat dapat menulis “National Certified Digital Marketing (BNSP)”

Baca Juga: Mengenal Fitur “Open To Work” Pada LinkedIn Dan Cara Memaksimalkannya

3. Refleksikan Nilai Diri Sendiri

Motto sebaiknya mencerminkan nilai-nilai atau prinsip-prinsip sobat sebagai seorang profesional. Apakah sobat menekankan pada integritas, kreativitas, atau komitmen. Pastikan motto sobat mencerminkan nilai-nilai tersebut.

4. Gunakan Kata Kunci

Menggunakan kata kunci yang tepat ketika menulis motto profesional dapat meningkatkan visibilitas dan menarik perekrut, pelanggan, atau rekanan yang mencari keahlian sobat. Berikut beberapa area kata kunci yang penting untuk difokuskan:

  • Posisi pekerjaan dan pengalaman
  • Lokasi
  • Keterampilan dan sertifikat
  • Layanan atau produk yang sobat tawarkan
  • Nama gelar dan bidang studi sobat
  • Kata kunci umum yang terkait dengan industri, bidang, atau keahlian sobat.

Khusus untuk sobat, berikut beberapa rumus yang dapat sobat gunakan untuk menulis motto di LinkedIn terbaik:

  1. (Judul) di (perusahaan) – membantu USP (Unique Selling Point)
  2. (Judul) | (Perusahaan) | USP
  3. Judul + Perusahaan + Keuntungan bekerja dengan sobat | kata kunci yang terkait dengan niche sobat |

Baca Juga: Tips-Tips Untuk Akun LinkedIn Kamu Jadi Menarik!

5. Singkat dan Jelas

Motto profesional harus singkat dan mudah dimengerti. Hindari frasa yang rumit dan gunakan kata-kata yang kuat serta mencerminkan diri sobat.

6. Hindari Hiperbola

Ketika sobat menuliskan motto profesional, hindari memuji diri sendiri karena hal ini akan membuat sobat terlihat sombong, walaupun kata-kata tersebut berlaku untuk sobat. Beberapa contoh kata sifat yang harus sobat hindari, yaitu:

  1. Ahli
  2. Performa terbaik
  3. Menang
  4. Mampu
  5. Proaktif
  6. Berdedikasi
  7. Pekerja keras
  8. Superior
  9. Terbaik

7. Cermati Kesesuaian Dengan Profil LinkedIn

Pastikan motto yang sobat tulis sesuai dengan profil LinkedIn sobat secara keseluruhan. Ini harus konsisten dengan pengalaman, keterampilan, dan tujuan yang sobat cantumkan di profil LinkedIn.

Baca Juga: Fungsi LinkedIn Untuk Karir? Berikut Penjelasannya!

Contoh Motto Profesional di Linkedin Bahasa Inggris

  1. “Lead Consultant in Soft Skills training transformation SMB & Corporate Clients on Indonesia investment opportunities”
  2. “Innovating how companies market and sell in Indonesia”
  3. “Helping smart managers keep their employees productive and engaged”
  4. “Chief Sales Officier | Author | Board Member | Sales Coach | Business Coach”
  5. “Full Stack Software Engineer | .SQL | .NET/C#”
  6. “Full Stack Java Developer | Actively looking for new opportunities | AWS Certified”
  7. “Founder, PT ABC | Forbes 30 Under 30 ASIA| Digital Business of the Year Amazon”
  8. “Founder PT BCS | Digital Marketer | Growth Advisor | We help companies & organizations Win 10x Deals by Building Their Own In-House Cold Email Systems”
  9. “People Operations Leader & Global Head of Diversity, Equity & Inclusion (DEI) | Mogul Top 100 DEI Leaders | Jumpstart 100 Remarkable Women in HR”
  10. “Chartered Accountant | Providing end-to-end Accounting Solutions to Small and Medium Businesses across the world, including Consulting, Bookkeeping, Auditing and Analytics | Startup Consulting”
  11. “Seeking Summer Internship for Copywriter | Grad Student at Gajah Mada University”
  12. “Human Resource Executive | All Professionals start from beginners”
  13. “Ecosystem Builder, Partnership Expert, Business Development Enthusiast, Startup Founder, with 11 Years Management Experience”
  14. “Dedicated To Help You Get More Clients And Free Up Time With Sales Automation”

Contoh Motto Profesional di LinkedIn Bahasa Indonesia

  1. “S1 Jurusan Manajemen dari Universitas Nasional, tertarik di dunia Digital Marketing”
  2. “Manajemen, aktif berbahasa inggris | Copywriter”
  3. “Sedang magang di Vocasia | Tertarik di dunia Digital Marketing”
  4. “Menghadirkan Solusi yang Membuat Perbedaan”
  5. “Komitmen untuk Keberlanjutan dan Inovasi”
  6. “Semua Profesional Berawal dari Pemula”
  7. “Mahasiswa Manajemen | Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen”
  8. “Menginspirasi Pertumbuhan Melalui Inovasi”
  9. “Semangat Pembelajaran dan Pengembangan Diri”
  10. “Membantu manajer yang cerdas menjaga karyawannya tetap produktif dan terlibat”
  11. “Kegagalan adalah pelajaran, dengan gagal kita dipaksa untuk terus berinovasi dan mencari solusi”
  12. “Kurangi bicara dan mulai lakukan segala hal yang harus dilakukan untuk mencapai impian”

Baca Juga: Cara Membangun Personal Branding Di Linkedin Dan Manfaatnya

Nah itu dia beberapa tips dan contoh motto profesional LinkedIn yang bisa sobat jadikan inspirasi. Semoga bisa membantu sobat dalam membangun personal branding dan koneksi.

Jika sobat ingin mengetahui lebih banyak informasi menarik seputar dunia kerja dan perkuliahan, sobat bisa langsung KLIK DISINI

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *