Tanggal:03 May 2024

Deretan Pekerjaan yang Cocok untuk INFP

Memilih pekerjaan yang tepat memang memerlukan pertimbangan tertentu. Salah satunya adalah memilih jenis pekerjaan yang cocok atau sesuai dengan kepribadian kita. Bagi pemilik tipe kepribadian INFP (introversion, intuition, feeling, dan perceiving) tidak sulit untuk menentukan jenis pekerjaan yang cocok, sebab karakter ini dinilai cukup fleksibel.

Seperti yang dilansir dari verywellmind.com, seorang INFP umumnya sangat bisa diandalkan untuk bekerja di bidang atau profesi yang memungkinkan mereka bisa mengekspresikan kreativitas dan visi mereka. Bisa bekerja dengan baik dalam tim, tapi biasanya bisa lebih optimal atau maksimal bila diizinkan bekerja sendiri atau mandiri. Berikut beberapa jenis pekerjaan yang cocok direkomendasikan untuk orang yang berkepribadian INFP.

Pekerjaan yang Cocok untuk INFP

Menurut Holland Career Interest, pekerjaan yang cocok bagi kepribadian INFP berpedoman pada tema minat karir dari Negeri Belanda yaitu Realistis (R), Investigatif (I), Artistik (A), Sosial (S), dan Enterprising (E) atau disingkat “RIASE”. Adapun penjabarannya sebagai berikut. 

1. Realistic (R) 

Pekerjaan Realistic cocok bagi yang senang dengan kegiatan fisik, bekerja menggunakan tangan. Orang dengan tipe kepribadian INFP bisa cocok dengan pekerjaan ini jika mereka memang senang berada di luar ruangan, berada di alam. Beberapa pekerjaan yang mungkin cocok antara lain kehutanan, ilmu lingkungan, kedokteran hewan, dan landscape architecture.

2. Investigative (I) 

Pekerjaan tipe ini membutuhkan analisa, ilmiah, dan ketertarikan akademik. Tipe ini senang bekerja dengan ide, teori, fakta, atau data. INFP dengan tipe ini biasanya senang dengan ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, psikologi, sosiologi, geografi, ilmu politik, dan lain-lain. Beberapa pekerjaan Investigative yang cocok untuk INFP antara lain pekerja perpustakaan, psikiater, ahli bahasa, ahli agama, dan profesor universitas.

3. Artistic (A)

Riset menyebutkan bahwa orang dengan kepribadian INFP lebih memilih dan merasa percaya diri dengan pekerjaan Artistic. Jenis pekerjaan ini dapat membuat mereka secara langsung menggunakan kombinasi kreativitas dan cara yang bermakna. Bagi yang tertarik dengan seni maka bisa bekerja dalam bidang ini misalnya arsitek, musisi, penari, pelukis, fotografer, penulis kreatif, penyair, novelis, editor, blogger, penulis naskah, dan lain-lain.

4. Social (S)

Tipe karir ini tertarik bekerja dengan orang lain. INFP sering tertarik pada kesehatan, konseling, atau psikologi. Namun INFP biasanya lebih pada interaksi satu-satu daripada mengajar pada grup yang besar. Beberapa pekerjaan sosial yang cocok antara lain penerjemah, terapi bicara, instruktur yoga, perawat, mediator, psikolog, konselor, dan pekerja sosial.

5. Enterprising (E)

Enterprising berhubungan promosi produk, ide, ataupun jasa. Pekerjaan ini misalnya di bidang penjualan, pemasaran, menajemen bisnis, hukum, politik, jurnalisme, dan asuransi. INFP sendiri biasanya menghindari jenis karir tipe ini, namun sebagian mungkin bisa bekerja pada bidang ini misalnya sebagai entrepreneur dan jurnalis/reporter.

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *