Tanggal:04 May 2024

Entrepreneur: Pengertian dan Tujuannya

Dalam arti luas seorang entrepreneur dikenal dengan orang yang kreatif atau inovatif yang membawa ide-ide baru untuk memulai bisnis. Entreperenur adalah orang yang melakukan kegiatan wirausaha dengan tingkat keberanian, kreativitas dan inovasi yang tinggi, serta selalu memunculkan ide-ide baru dalam mengembangkan setiap usahanya. Pengusaha sangat cerdas dalam memunculkan ide-ide baru.

Dia adalah seorang yang memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan baru yang terbentang di depannya. Tapi begitu dia melewati semua rintangan, dia bisa menguasai pasar, dan karena idenya unik, dia tidak punya saingan. Seorang entrepreneur dapat memainkan peran utama dalam mempromosikan pembangunan ekonomi apa pun ketika dia memperkenalkan jalan baru untuk sukses.

Baca Juga | Konsep Bisnis: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Membuatnya, Apa Saja Ya?

Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur

Seorang entrepreneur merupakan jenis orang yang sangat berani dan juga cerdas dalam membuat terobosan ide-ide baru, berikut adalah sifat-sifat seorang entrepreneur yang harus dimiliki:

1. Percaya Diri

Saat menjadi seorang entreperenur, kamu harus memiliki sifat percaya diri yang luar biasa. Kamu tidak boleh mudah dipengaruhi oleh orang lain. Kamu bisa menerima pendapat orang-orang disekelilingmu sebagai masukan namun kamu memiliki peran dalam mengambil segala keputusan!

Baca Juga | 6 Tips Memiliki Rasa Percaya Diri Berani Mengambil Keputusan, Wajib Coba Loh

2. Berani Mengambil Resiko

Untuk menjadi seorang entrepreneur, kamu harus berani mengambil resiko dalam menjalankan usaha. Jangan takut akan kerugian yang didapat dari keputusan yang kamu ambil. Namun, pastikan keputusan itu diambil dengan penuh pertimbangan terlebih dahulu.

3. Fokus pada Masa Depan

Sifat selanjutnya ialah memiliki visi ke depan dan sangat perspektif. Selalu berpikir bahwa usaha yang mereka lakukan bukanlah untuk sementara namun untuk selamanya. Pastikan kamu memiliki strategi terbaik dalam setiap keputusan bahkan sebelum mereka memulai usahanya.

Baca Juga | Kenali 9 Faktor Yang Tidak Mendukung Kesuksesan Bisnis Kamu!

4. Kreatif dan Inovatif

Seorang entrepreneur sangatlah kreatif dan inovatif. Kamu harus menjadi orang terdepan dalam memberikan ide-ide baru dalam pengembangan bisnisnya bahkan dalam konteks perkembangan dunia.

5. Kepemimpinan

Memiliki jiwa pemimpin yang baik adalah sebuah kunci utama. Sebagai seorang pemimpin, kamu harus bisa menerima saran dan kritik dari siapapun demi kemajuan usahanya.

Baca juga | Apa Itu Leadership? Pengertian Dan Cara Membangunnya!

6. Pantang Menyerah

Seorang entrepreneur tidak boleh mudah menyerah dalam suatu keadaan. Sebagai manusia biasa tentu pernah mengalami kegagalan, namun kegagalan tersebut bukanlah hal yang membuat kamu menyerah. Kamu selalu bisa mengambil pelajaran dari kegagalan sebelumnya untuk menemukan solusi dari masalah tersebut agar dapat terselesaikan.

Baca juga | Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Franchise

Tujuan Entrepreneur

Mengenai perbedaan dari segi tujuan, seorang entrepreneur akan lebih peduli terhadap perubahan yang ada di sekitar. Karena memang pada dasarnya seorang entrepreneur memang bertujuan untuk mengejar passion dan tujuan akhir dari seorang entrepreneur nantinya akan memberikan suatu kesenangan dan juga kepuasan tersendiri. Selain itu, tidak tertarik pada keuntungan yang didapat secara finansial. Simak beberapa tujuannya!

1. Menjaring dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar

Semakin berkembang suatu usaha, tentu akan membutuhkan semakin banyak sumber daya manusia untuk mengelolanya. Hal ini lantas akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Menambah lapangan pekerjaan juga membantu untuk mengurangi pengangguran yang ada.

Saat ini, masih banyak masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Dengan berkembangnya suatu usaha yang diciptakan oleh para enterpreneur ini, maka masyarakat yang kesulitan mendapat pekerjaan ataupun masih kekurangan secara finansial dapat terbantu. Ini adalah tujuan entrepreneur yang pertama.

2. Membantu menularkan semangat berwirausaha

Seorang entrepreneur tentunya memiliki jiwa yang kreatif, kompetitif, dan kaya akan ide, inovasi ataupun terobosan. Tujuan wirausaha yang satu ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang memang menginginkan sebuah pembaharuan atau terobosan dan ingin memiliki usahanya sendiri. Dengan saling berbagi ide ataupun memberikan inspirasi, masyarakat juga akan tergerak untuk mencoba membuka sebuah usaha.

Baca Juga | 7 Cara Ini Akan Buat Kamu Sukses Di Usia Muda

3. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas

Dengan membantu menularkan semangat untuk berwirausaha, hal ini akan meningkatkan jumlah entrepreneur yang ada pada suatu daerah atau kawasan. Tujuan wirausaha pada dasarnya saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Apabila karyawan yang pernah bekerja membuka usahanya sendiri, hal ini akan semakin menambah peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

4. Menebarkan semangat untuk berinovasi

Dewasa ini, masyarakat memiliki pola pikir yang berbeda dengan masyarakat sebelumnya. Berbagai inovasi serta ide akan selalu berkembang dan bervariasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penjaja makanan dan variasi yang mereka tawarkan di setiap kota.

Makanan adalah contoh umum yang mudah menjadi sebuah tren. Hal ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk mengembangkan inovasi dalam berwirausaha. Sebuah inovasi dan kreativitas tak selalu terpaku pada suatu hal. Dan jika produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih di mata masyarakat, produk tersebut tentu akan semakin naik nilai jualnya.

Baca juga | Tips Memulai Menjadi Pengusaha Muda Sukses Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *