Tanggal:14 May 2024

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu INTJ

Tahukah kamu bahwa jenis pekerjaan bisa dilihat dari kepribadian? Jika kamu memiliki kepribadian INTJ dan sedang mencari pekerjaan yang cocok, selamat kamu berada di artikel yang tepat!

INTJ adalah salah satu dari 16 kepribadian MBTI yang memiliki kemampuan analisis yang kuat. Sering kali juga dikenal sebagai kutu buku. Hal ini tidak terlepas dari sifat dasar INTJ yang selalu penasaran dan haus akan ilmu pengetahuan. Ia juga memiliki julukan The Architect” atau “The Mastermind” karena kepiawaiannya dalam merancang atau merencanakan strategi.

Best Colleges menjelaskan bahwa seorang INTJ cenderung mencari pekerjaan menantang yang dapat menguji kemampuan analitis, pemecahan masalah, dan menghasilkan ide-ide yang inovatif.

Lantas, apa saja jenis pekerjaan yang cocok untuk kepribadian INTJ? Vocasia sudah merangkum daftarnya pada artikel ini. Yuk, disimak!

Daftar pekerjaan yang cocok untuk INTJ

Dilansir dari verywellmind.com, apabila sudah tertarik atau menyukai sesuatu, seorang INTJ bisa langsung mengerahkan semua energinya untuk bisa mahir di bidang tersebut. Seorang INTJ bisa memiliki standar atau ekspektasi tinggi. Sehingga, dia akan berusaha keras untuk memenuhi ekspektasi tinggi tersebut. Nah, bagi kamu yang berkepribadian INTJ, inilah tujuh jenis pekerjaan yang cocok untuk karaktermu:

1. Guru

guru

source: pexels

Pekerjaan pertama yang cocok untuk seorang INTJ adalah menjadi seorang pengajar atau guru. Mereka memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas sehingga mampu menyalurkan ilmunya kepada murid-murid. Mereka juga suka mencoba berbagai hal-hal baru yang nantinya dapat berinovasi bagi dunia pendidikan. Contohnya seperti metode belajar dan kurikulum di sekolah.

Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan observasi yang baik sehingga mampu melakukan beragam metode pendekatan dengan menyesuaikan kepribadian sang murid.

2. Akuntan

akuntan

source: pexels

Seorang INTJ sangat cocok berprofesi sebagai akuntan. Pasalnya, akuntan membutuhkan kemampuan analisis yang kuat dan ketelitian yang akurat. Selain itu, kepribadian yang satu ini juga terorganisir sehingga akan lebih mudah saat berkutat dengan angka. Menjadi seorang akuntan juga memerlukan kreativitas agar bisa memberikan solusi yang inovatif saat melakukan konsultasi dengan klien.

Orang INTJ dikenal lebih nyaman saat bekerja seorang diri. Ia tidak menyukai interaksi yang intens dengan orang lain. Sikapnya yang tegas dan teliti mampu membuat mereka menjadi seorang akuntan yang andal.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Profesi Akuntan Pajak!

3. Project manager

project manager

source: pexels

Kepribadian jenis INTJ memiliki kemampuan yang baik dalam menciptakan strategi yang solid. Jika dimanfaatkan dengan baik, tentunya hal tersebut dapat mendukung kariernya sebagai seorang project manager.

Profesi yang satu ini tentu memiliki tanggung jawab besar karena berhubungan dengan kepastian akan keberhasilan suatu proyek.

4. Dokter medis

source: pexels

Jenis kepribadian ini juga cocok berkecimpung di dunia medis, khususnya sebagai dokter medis. Mengapa? Karena INTJ memiliki kemampuan analisis yang kuat. Sehingga, kemampuannya sangat berguna untuk mendiagnosa suatu penyakit.

Selain itu, orang INTJ juga mampu membuat sebuah keputusan yang tepat sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Hal ini sangat diperlukan jika mereka harus mengambil sebuah tindakan medis untuk kesembuhan pasien yang sedang ditanganinya.

5. Business analyst

source: pexels

Dalam menjalankan tugasnya, seorang business analyst membutuhkan skill khusus seperti kemampuan analisis, pemecahan masalah, hingga dasar bisnis yang kuat. INTJ memiliki kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalani profesi ini. Selain itu, mereka juga ahli merencanakan strategi yang dibutuhkan dalam bisnis.

Baca juga: Mengenal Profesi Business Analyst

6. Arsitek

source: pexels

Pekerjaan yang cocok untuk INTJ selanjutnya adalah arsitek. Mulai dari proses perancangan hingga pengembangan jenis infrastruktur memerlukan ketelitian yang tinggi. Hal tersebut tentu sangat sesuai bagi INTJ yang teliti.

Selain itu, seorang INTJ juga memiliki kreativitas yang tinggi sehingga lebih mudah dalam membuat konsep rancangan yang akan dibuatnya.

7. Graphic designer

source: pexels

Orang INTJ juga sangat cocok menjadi seorang desainer grafis. Mereka memiliki segudang ide inovatif untuk membuat sebuah karya seni yang bisa dikomersilkan. Sama dengan arsitek, pekerjaan yang satu ini menguji kreativitas yang tinggi, sehingga memudahkan mereka dalam mendesain sesuatu.

Dengan kepribadian intovert-nya, mereka dapat mengerjakan desain secara mandiri atau freelance dengan memasang tarif tertentu kepada orang lain.

Itulah 7 pekerjaan yang cocok untuk kamu yang berkepribadian INTJ. Jika kamu belum bekerja, tidak ada salahnya mencoba salah satu pekerjaan di atas sesuai dengan passion-mu. Selamat menitik karier dan semoga sukses!

Baca juga: Sosok Pemimpin dan Berkharisma, Inilah Pekerjaan untuk ENTJ

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *