Tanggal:22 July 2024
entj

Sosok Pemimpin dan Berkharisma, Inilah Pekerjaan untuk ENTJ

Pekerjaan bagi ENTJ terdapat dalam berbagai bidang. ENTJ merupakan salah satu kepribadian yang cukup langka diantara 16 kepribadian menurut Myers Briggs Type Indicator (MBTI). ENTJ merupakan akronim dari Extraverted, Intuition, Thinking, dan Judging. Yap, betul! Mereka termasuk ke dalam salah satu extrovert dalam 16 tipe kepribadian berdasarkan MBTI. Sebenarnya, bagaimana kepribadian mereka? Pekerjaan apa yang cocok untuk mereka? Temukan jawabannya dalam paparan di bawah ini! 

Baca juga: 7 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu ESFP

Karakteristik ENTJ 

ENTJ di tempat kerja

Ilustrasi seorang ENTJ (sumber: pexels)

ENTJ memiliki kepribadian tegas, memiliki jiwa kepemimpinan, visioner, percaya diri, dan berterus terang terhadap sesuatu. Tak heran jika ia sering dijuluki “Si Pemimpin”. Kepribadian selengkapnya dari ENTJ dapat disimak pada paparan berikut ini. 

1. Senang Berinteraksi

Sebagai seorang ekstrovert, ENTJ cenderung senang menghabiskan waktu bersama orang lain dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka juga memiliki lingkar pertemanan yang luas karena sisi energik dan excited yang dimiliki mampu membuat orang-orang yang berinteraksi dengan mereka merasa nyaman untuk bercengkrama. 

2. Visioner 

Seorang ENTJ cenderung memiliki pandangan atau wawasan ke masa depan mereka. Mereka akan merencanakan langkah-langkah yang akan ditempuh di masa yang akan datang karena keteguhan dalam mencapai tujuan yang jelas untuk dirinya sendiri di masa depan. 

Dalam mencapai tujuannya tersebut, mereka akan dipenuhi ambisi dan memiliki karakter pantang menyerah dalam menghadapi situasi yang dilalui dalam menempuh perjalanan mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 

3. Logis dan Berpikiran Rasional 

Dalam menghadapi masalah, mereka akan mengambil keputusan secara logis dan mencari akar permasalahan dengan tepat juga cepat. Dikarenakan karakternya yang seperti ini, mereka cenderung tidak memedulikan perasaan orang di sekitarnya. 

Di satu sisi memiliki karakter seperti ini akan membantu dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin, namun sisi lain karakter ini akan membentuk persepsi ignorant dan arogan terhadap orang-orang di sekitarnya. 

Baca juga: Hindari Logical Fallacy Dalam Berargumen! Inilah Penjelasan Dan Jenisnya

4. Tidak Peka

Logika dan akal sehat menjadi satu kekuatan yang dimiliki oleh ENTJ. Dikarenakan hal ini, mereka umumnya menjadi sosok yang tidak peka terhadap lingkungannya, bahkan terhadap perasaannya sendiri. 

Ia cenderung denial akan setiap perasaan yang dia rasakan. Hal ini dapat terjadi karena menurut ENTJ, perasaan dan emosi yang dirasakan dapat menjadi titik lemah dan ketidakberdayaan dalam menghadapi tantangan. Oleh sebab itu, terbentuk sifat tidak peka dan denial terhadap perasaannya sendiri. 

5. Open-minded

Meski cenderung memiliki sifat ignorant dalam dirinya, ENTJ cukup terbuka dalam menerima ide dan gagasan baru. Mereka mau menerima setiap masukan yang ditujukan padanya atau kinerja yang telah dilakukan, meski hal tersebut bertentangan dengan ideologi yang dipegangnya. 

6. Percaya Diri 

Salah satu hal yang dapat dibanggakan dari ENTJ adalah sifat percaya diri yang mereka miliki. Mereka tidak pernah segan untuk mengutarakan pendapat dan ide yang dimiliki. Mereka akan percaya setiap gagasan yang diberikan akan memiliki kontribusi di dalamnya. Tidak peduli gagasan atau ide tersebut akan diterima orang di sekitarnya atau tidak, hal terpentingnya adalah kontribusi dan rasa percaya pada diri sendiri. 

Baca juga: 6 Tips Memiliki Rasa Percaya Diri Berani Mengambil Keputusan

ENTJ di Tempat Kerja 

Ilustrasi ENTJ di tempat kerja (sumber: pexels)

ENTJ merupakan sosok pemimpin kharismatik. Hal tersebut dapat terlihat dari kepribadian mereka yang mengedepankan pikiran logis dan rasional dalam menghadapi berbagai hal. Tak luput juga cara mereka memecahkan masalah yang semakin membuat mereka cocok dijadikan pemimpin. 

Mereka juga termasuk seseorang yang menyukai hal baru dan tantangan baru. Oh, jangan lupakan juga ambisi dan karakter pantang menyerah yang mereka miliki. Hal terssebut makin menambah kharisma ENTJ. 

Meskipun demikian, mereka cenderung terlalu dominan di antara kelompoknya dan keras kepala. Mereka akan mempertahankan gagasan yang mereka miliki dan terkadang tidak peka terhadap perasaan orang lain. 

Untuk mewadahi setiap karakter yang mereka miliki, akan menjadi pilihan yang baik apabila seorang ENTJ dijadikan sebagai pemimpin. Mereka akan mengemban posisi tersebut dengan baik. Mereka juga akan mampu memaksimalkan kinerja yang dilakukan apabila profesi yang mereka jalani memiliki struktur dan alur yang jelas. 

Baca juga: Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

Pekerjaan yang Cocok untuk ENTJ 

Berdasarkan paparan sebelumnya, ENTJ akan cocok ditempatkan sebagai pemimpin. Selain itu, ada juga lho pilihan profesi lain yang dapat digeluti oleh ENTJ. Profesi tersebut diantaranya: 

1. Network Administrator 

Untuk ENTJ yang menyukai bidang IT, menjadi network administrator dapat dijadikan pilihan untuk digeluti. Peran mereka yang penting dalam kesuksesan bisnis perusahaan akan menjadi motivasi bagi ENTJ dalam bertugas. Mereka akan mengelola dan mengawasi bidang jaringan agar tetap terpelihara dengan baik. Untuk itu, profesi ini akan cocok dijalani oleh mereka yang memiliki sifat keteraturan dan visioner. 

Baca juga: 9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Yang Banyak Dibutuhkan!

2. Manajer Proyek 

ilustrasi manajer proyek (sumber: pexels)

Keteraturan dan sifatnya yang visioner membuat ENTJ cocok menjadi seorang manajer proyek dari perusahaan. Biasanya mereka bertanggung jawab menangani sebuah proyek. Untuk itu, diperlukan jiwa kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi yang mumpuni. 

Seorang manajer proyek biasanya memiliki tugas mengatur linimasa, mencocokkan biaya, dan menjadwalkan pertemuan dengan pihak-pihak terkait. Tidak heran jika ENTJ dapat melakukan tugas dengan baik apabila diamanahkan menjadi seorang manajer proyek karena keteraturan dan sifat visioner yang dimiliki. 

3. Analis Keuangan 

Sebagai pemilik rasionalisme dalam berpikir, menjadi analis keuangan dapat dijadikan pilihan bagi ENTJ. Mereka yang cenderung memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam dirinya akan cocok menggeluti bidang ini. Selain itu, kemampuan analisis dan perencanaan yang mereka miliki akan menjadi kekuatan dalam menapaki jenjang karier yang lebih cemerlang. 

Baca juga: 5 Tips Menjadi Konsultan Keuangan Yang Andal!

4. Pengacara 

Sifat kharismatik yang ENTJ miliki akan menjadi nilai tambah apabila mereka memilih menjadi pengacara. Selain itu, kemampuan dalam mengolah setiap kemungkinan yang dibutuhkan seorang pengacara akan mudah dikembangkan oleh mereka. Jangan lupakan juga sifat percaya diri yang mereka miliki akan menambah kekuatan dalam menjajaki karier sebagai pengacara andal. 

5. Eksekutif 

Pekerjaan yang cocok untuk ENTJ juga bisa berada di level eksekutif dengan ambisi, kharisma, dan kemampuan berkomunikasi yang mereka miliki. Mereka akan mampu mendirikan bisnis sendiri dan menjadi pemimpin yang baik bagi pekerjanya. Tida terbatas hanya menjadi CEO, mereka juga dapat menjadi CTO, CMO, CFO, dan masih banyak lagi. 

6. Politisi 

Ilustrasi politisi (sumber: pexels)

ENTJ yang kharismatik dan mampu bersosialisasi dengan mudah, menjadi kekuatan bagi mereka dalam menjalani profesi sebagai pengacara. Pekerjaan menjadi poltitisi bagi ENTJ sangat cocok karena rasa percaya diri yang mereka miliki dan sifat pantang menyerah mampu membuat mereka menjadi seorang politisi yang kompeten dalam menangani dunia politik yang cukup rumit. 

Seorang politisi juga perlu kemampuan berkomunikasi yang baik untuk mengkomunikasikan berbagai aspirasi dari rakyat dalam menjalani arus politik di tingkat daerah, kota, atau bahkan negara. 

7. Anggota Militer 

Lingkungan yang cukup keras, seperti dunia militer cocok untuk dijadikan pertimbangan bagi ENTJ. mereka akan mampu beradaptasi dengan baik karena organisasi kemiliteran yang memiliki alur birokrasi dan struktur yang jelas. Mereka juga akan nyaman dalam ketegasan yang perlu dikuasai setiap anggota militer dalam menjalani tugasnya. 

Demikian pembahasan mengenai pekerjaan yang cocok bagi ENTJ. Sebagai sosok pemimpin, kemampuan berkomunikasi menjadi hal penting yang perlu dikuasai. Untuk menjadi seorang ENTJ yang kharismatik, Anda dapat mengikuti kelas Public Speaking Hack bersama Vocasia yang akan menawarkan berbagai penawaran menarik, namun tetap mengedukasi dengan cara yang menarik. Ayo, daftarkan diri Anda sekarang juga!

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *