Tanggal:22 April 2024

Pen Tool: Simak Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Di dalam software editing terdapat begitu banyak tools atau alat yang bisa kita gunakan untuk mempercantik desain yang kita buat. Alat-alat tersebut memiliki fungsi serta kegunaannya masing-masing, seperti menghapus background, membesarkan atau mengecilkan gambar, menambahkan lapisan, dan lain sebagainya.
 
Pada beberapa software editing seperti CorelDraw, Photoshop, hingga Adobe Illustrator terdapat salah satu tools yang bernama Pen Tool. Secara garis besar, kegunaan Pen Tool pada ketiga software tersebut kurang lebihnya sama. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai pengertian, fungsi, hingga cara penggunaan Pen Tool pada beberapa software editing.

Pengertian Pen Tool

Pen Tool adalah satu di antara berbagai macam alat yang biasa digunakan pada software editing. Alat ini umumnya digunakan untuk membuat kurva atau dapat pula digunakan dalam membuat vector pada workspace yang sedang digunakan.
 
Selain itu, dalam membuat ilustrasi atau keperluan editing lainnya pen tool seringkali digunakan untuk membuat titik-titik path yang nantinya akan menciptakan sebuah bentuk. Path sendiri merupakan titik-titik yang kedua ujungnya disatukan dan masih berbentuk rangkaian dari garis dan titik-titiknya saja. Biasanya teknik ini digunakan untuk melakukan tracing pada pada foto, gambar, atau objek tertentu dengan cara menghubungkan titik-titik jalur tersebut satu dengan lainnya.
 
Untuk aplikasi CorelDraw, kamu dapat menemukan pen tool pada menu freehand tool atau pada toolbox yang ada di pojok sebelah kiri bersama tools yang lain. Setelah menekan menu freehand tool, akan terlihat beberapa alat lainnya dan kamu dapat memilih pen tool dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhanmu.

Pen Tool pada CorelDraw (Sumber: ilmugrafis.com)


Sementara itu, untuk menggunakan pen tool melalui Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator kamu bisa langsung memilih pen tool di toolbox yang ada di sebelah kiri workspace.

Pen Tool pada Adobe Illustrator (Sumber: visualbyimpulse.com)

Baca juga | Langkah Awal Mahir Photoshop!

Fungsi Pen Tool

Pen Tool memiliki berbagai fungsi dan kegunaan. Fungsi utama dari pen tool ialah membuat garis-garis yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, yaitu membuat garis dengan menggunakan titik-titik pen tool serta membuat garis lengkung atau kurva dengan menggunakan titik tersebut.
 
Dengan titik-titik tersebut, kita dapat membentuk path atau garis yang kedua ujungnya disatukan. Dari path inilah nantinya kita dapat membuat beberapa hal, di antaranya:
  • Membuat Vector Mask
  • Mengubahnya menjadi komponen yang kita seleksi (Make Selection)
  • Membuat shape atau bentuk objek tertentu
  • Mewarnai (Fill)
  • Dan masih banyak lagi.
Sebagai contoh, kamu ingin mengubah background fotomu yang awalnya hitam menjadi merah di software CorelDraw. Kamu bisa memanfaatkan pen tool untuk menyeleksi objek pada foto dengan menghubungkan titik satu dengan yang lain mengikuti bentuk objek. Setelahnya, kamu dapat mengubah warna latar belakangnya dengan mengolaborasikan antara hasil seleksi dengan menu lens lalu mengubah backgroundnya sesuai keinginan kamu.
 

Cara Menggunakan Pen Tool

Sebelum menjelaskan bagaimana cara menggunakan pen tool, terdapat beberapa hal yang perlu digaris bawahi. Meski fungsinya hampir sama, terdapat beberapa perbedaan dalam pengaplikasian atau cara penggunaan pen tool pada setiap software.  Hal ini tergantung dengan jenis dan tujuan dari penggunaan pen tool dari itu sendiri mengingat banyaknya fungsi yang dimiliki oleh tool ini.
 
Untuk itu, di sini saya akan menjelaskan cara dasar menggunakan pen tool dari CorelDraw dan Adobe Photoshop.

a. Cara Menggunakan Pen Tool di CorelDraw

Untuk menggunakan pen tool di CorelDraw tidaklah sulit. Kuncinya hanya ada pada ketelitian dan kemahiran kamu dalam menggerakkan kursor sehingga garis atau lengkungan yang kamu buat tampak lebih rapih dan proporsional. Meski begitu, tingkat kesulitan dalam menggunakan pen tool bergantung pada objek yang akan dibuat. Oleh karena itu, saya menyarankan agar kamu memakai mouse untuk membuatmu lebih mudah memainkan kursor.
 
Berikut adalah cara menggunakan pen tool di CorelDraw:
  1. Tekan freehand tool pada toolbox yang ada di sebelah kiri. Selanjutnya pilih Pen Tool
  2. Buat garis sesuai dengan keinginan kamu (bisa lurus atau lengkung)
  3. Untuk dapat membuat lengkungan, kami bisa klik dan tahan dari node awal node selanjutnya

Cara Membuat Garis Lengkung dengan Pen Tool di CorelDraw (Sumber: design.tutsplus.com)


  1. Untuk menjadikannya sebagai sebuah vector atau shape, kamu tinggal menyambungkan garis awal dengan garis akhir. Dengan itu, vector atau shape yang sudah kamu buat dapat kamu fill dengan warna.
Catatan:
Jika kamu ingin menyeleksi atau melakukan tracing gambar, kamu bisa memasukkan gambar yang hendak kamu pakai di workspace kamu terlebih dulu sebelum melakukan step-step di atas.
 

b. Cara Menggunakan Pen Tool di Adobe Photoshop

Untuk menggunakan pen tool di Photoshop sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menggunakannya di CorelDraw. Hal utama yang membedakan keduanya hanya ada pada tampilan user interface yang berbeda serta perbedaan peletakan masing-masing tools.
 
Berikut adalah cara menggunakan pen tool di Photoshop:
  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ada membuat dokumen baru. Sesuaikan ukuran, resolusi, dan detail lain sesuai dengan kebutuhan kamu.
  2. Selanjutnya, klik ikon pen tool pada toolbox. Kamu bisa melakukan klik kanan pada pada ikon pena untuk menampilkan beberapa ikon lainnya seperti pada gambar berikut.

Ikon Pen Tool (Sumber: sumetschool.com)


  1. Selanjutnya, kamu bisa mulai membuat garis lurus atau lengkung sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat gambar berikut.

Cara Menghubungkan Titik dengan Menggunakan Pen Tool (Sumber: tutorilio.com)


Cara Membuat Garis Lurus dan Lengkung dengan Menggunakan Pen Tool (Sumber: tutorilio.com)


Itulah dia penjelasan seputar Pen Tool, mulai dari pengertian hingga cara menggunakannya melalui software CorelDraw dan Adobe Photoshop. Jika kamu merasa tidak cukup hanya dengan membaca dan ingin meningkatkan skill desainmu, kamu dapat mengakses kursus mempelajari CorelDraw dari dasar hingga ahli berikut ini. Ingin menggunakan Photoshop? Tenang! Kamu juga dapat mengakses kursus Photoshop dengan mentor berbakat yang pastinya ahli di bidangnya berikut ini!

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *