Tanggal:02 May 2024

Apa itu Bridal Shower? Ketahui Fakta dan Tipsnya!

Salah satu bentuk westernisasi yang sedang tren di Indonesia yakni bridal shower. Kalian sudah tahu belum bridal shower itu apa? Bridal shower adalah ajang berkumpul bersama para sahabat ataupun orang terdekat untuk merayakan pesta bersama calon pengantin wanita sebelum ia melepas masa lajangnya. Perayaan ini biasanya dilakukan dua sampai empat minggu sebelum acara pernikahan. Uniknya, wajah calon pengantin wanita akan dicoret-coret menggunakan alat make up oleh teman-temannya. Lalu, si calon pengantin akan diberikan selempang dengan tulisan yang sangat unik.

Beberapa tahun belakangan ini bridal shower adalah sebuah tren perayaan yang wajib dirayakan oleh sebagian orang. Dalam perayaannya, para teman terdekat yang hadir akan berinteraksi satu sama lain, bertukar informasi, dan bersosialisasi lebih intens. Selain itu, perayaan ini diisi dengan dekorasi bertema lucu, hiasan balon berwarna, dan bunga yang bertebaran pada suatu ruangan tertentu.

Namun, acara bridal shower tidak akan diadakan meriah dan ramai oleh banyak orang. Konsepnya lebih private sehingga mereka dapat lebih banyak quality time bersama. Ingin tahu Lebih detail seputar bridal shower? Mari simak uraiannya dari Vocasia berikut ini!

Apa itu Bridal Shower?

Bridal Shower (Pexels)

Bridal shower adalah perayaan pesta untuk calon pengantin wanita dalam rangka merayakan lepasnya masa lajang sebelum hari pernikahannya tiba. Biasanya acara ini dihadiri oleh kerabat atau sahabat dekat si calon pengantin wanita. Tujuan acara ini adalah bersenang-senang dan juga sebagai momen pemberian hadiah untuk calon pengantin sebelum ia memulai kehidupan barunya.

Dahulu, tradisi bridal shower biasa dilakukan di negara Amerika dan Kanada. Acara ini umumnya digelar pada dua sampai empat minggu sebelum hari pernikahan tiba. Meski akhir-akhir ini venue perayaan bridal shower lebih bervariasi, tapi ada beberapa kebiasaan yang masih tidak berubah. Misalnya, tradisi ini umumnya digelar ketika hari weekend. Teman-teman si calon pengantin biasanya suka memberikan personal gift seperti aksesori yang bisa dipakai untuk pesta pernikahan. Biasanya acara bridal shower akan diisi dengan kuis ataupun games seru, namun bisa juga kegiatan menyenangkan lainnya.

Siapa yang Merencanakan Bridal Shower?

Acara Bridal Shower (Pixebay)

Dikarenakan acara ini dipersembahkan untuk calon pengantin wanita, maka ia sama sekali tidak boleh terlibat dalam perencanaannya. Bridal shower biasanya direncanakan oleh para bridesmaid yang akan sekaligus menjadi host bridal shower. Anggota keluarga perempuan si calon pengantin seperti ibu, saudara perempuan, atau bibi, juga diperkenankan untuk membantu merancang pesta tanpa sepengetahuan si calon pengantin, ya. Bridesmaid akan bertugas mendesain dekorasi dan bertanggung jawab untuk jalannya pesta bridal shower. Bahkan jika perlu, bridesmaid juga mesti merancang games untuk memeriahkan perayaan bridal shower.

Asal Usul Bridal Shower

Pada zaman sekarang, acara bridal shower lebih dikenal sebagai sebuah perayaan sebelum pernikahan yang diadakan oleh calon pengantin wanita bersama para sahabatnya. Bridal shower ini juga dapat diartikan sebagai pesta kecil-kecilan sebelum acara pernikahan untuk merayakan masa lajang calon pengantin yang sebentar lagi akan berakhir.

Akan tetapi, ternyata tradisi bridal shower mempunyai sejarah yang lebih bermakna dibandingkan dengan hanya sekadar pesta merayakan melepas masa lajang, lho! Menurut World Bride Magazine, asal-usul perayaannya berawal pada abad ke-16 di Belanda sekitar tahun 1800-an. Pada saat itu, bridal shower dilaksanakan dengan tujuan membantu calon mempelai perempuan yang tidak mempunyai mahar pernikahan karena kondisi finansial mereka yang terbatas atau karena orang tuanya tidak merestui pernikahannya. Dalam situasi tersebut, semua teman sang calon pengantin berkumpul untuk memberikan hadiah sebagai ganti dari mahar. Hadiah itu nantinya akan diberikan sebagai simbol agar sang mempelai wanita bisa menikahi laki-laki pilihannya.

Baca juga: 7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan!

Faktor Pendukung Terjadinya Bridal Shower

Tema Bridal Shower (Pixebay)

Berikut ada berbagai faktor yang melatarbelakangi acara bridal shower, di antaranya:

  • Sebagai wujud ikut serta dalam kebahagiaan sahabat yang akan menikah. Sebuah pernikahan sebagai tahap dari life cycle yang paling penting. Pernikahan juga menjadi momen spesial yang kebahagiaannya tidak hanya dirasakan oleh calon pengantin, namun juga keluarga, kerabat, dan para sahabat.
  • Adanya tuntutan alamiah dalam kelompok pertemanan. Sebagai orang yang memiliki kedekatan, baik fisik maupun emosional dengan calon pengantin tersebut, tentunya ingin memberikan sesuatu yang berkesan agar dapat selalu dikenang, bukan? Sebagaimana dengan perayaan bridal shower yang dimaknai sebagai persembahan turut berbahagianya mereka melihat sahabatnya yang hendak menikah.
  • Sebagai acara perpisahan masa lajang. Waktu calon pengantin dengan para sahabatnya akan berkurang setelah menikah. Sebab, saat berumah tangga tentunya keluarga akan menjadi prioritas utama.
  • Mengikuti tren pada kehidupan masyarakat, apalagi khusus di kalangan perkotaan. Mereka beranggapan dengan melakukan bridal shower, maka mereka menjadi bagian dari orang kekinian yang selalu up to date dengan perkembangan zaman.

Tips Mengadakan Acara Bridal Shower

Mengadakan Acara Bridal Shower (Pixebay)

Tak ada aturan resmi untuk mengadakan acara ini. Perayaannya bersifat santai layaknya pesta lajang pada umumnya. Berikut tips untuk mengadakan bridal shower:

1. Tentukan planner

Tips pertama dari Vocasia ketika kalian mengadakan bridal shower adalah menentukan siapa yang akan jadi planner atau istilahnya pemimpin acara. Planner ini akan menjadi orang yang akan bertanggung jawab menyusun jalannya acara tersebut.

Biasanya, planner adalah sahabat terdekat atau keluarga dari sang calon mempelai. Bridesmaid juga kerap diminta membantu bridal shower ini, lho! Mereka turut membantu menata hal-hal seperti permainan, hadiah, makanan, dan minuman. Pastikan komunikasi antara planner dan anggota lainnya berjalan dengan baik, ya.

2. Tentukan waktu acara

Hal yang harus diperhatikan berikutnya yaitu menentukan tanggal, mengingat bridal shower diadakan beberapa waktu sebelum hari H pernikahan. Selain itu, perlu diperhatikan agar semua yang diundang bisa menyesuaikan jadwalnya, terutama sang calon pengantin yang tengah sibuk mempersiapkan hari pernikahannya. Terlebih jika acara dilakukan di luar kota, kalian perlu menentukan tanggal keberangkatan dan mengurus kendaraan untuk perjalanan nantinya.

3. Siapkan rangkaian acara

Acara untuk bridal shower ini tidak hanya diisi oleh hal-hal lucu dan canda tawa saja. Supaya terkesan semakin meriah, kalian juga bisa memilih beberapa kegiatan lain seperti menonton film bersama, lomba menghias kue, manicure bersama, mengadakan games, dan juga karaoke. Dengan begitu, acara akan menjadi semakin seru dan pastinya kalian akan semakin akrab. Jangan lupa untuk memasukkan rangkaian acara yang bisa mengingatkan kalian dengan berbagai momen khusus dengan teman-teman. Misalnya saja dengan menampilkan video kompilasi momen bersama teman-teman dan lain sebagainya.

4. Siapkan dresscode khusus

Selanjutnya, perayaan bridal shower semakin terlihat meriah dan menawan pada saat sesi foto. Jangan lupa untuk menggunakan dresscode yang senada. Kalian dan teman-teman bisa menggunakan baju dengan warna yang sama atau warna yang disukai oleh calon pengantin perempuan.

5. Menentukan tema acara

Kalian harus bisa menentukan seperti apa tema yang akan diusung dalam acara ini. Tentukan tema yang spesifik sehingga para sahabat bisa menyesuaikan rangkaian atribut yang akan dipakai. Ada beberapa rekomendasi tema acara bridal shower yang bisa kalian pilih seperti garden party, honeymoon, warna kesukaan, dan lainnya.

6. Harus ada pembagian tugas

Pastikan mengajak semua pihak yang terlibat pada acara ini untuk mendiskusikan perencanaan. Salah satu perencanaan yang bisa dilakukan oleh para sahabat adalah adanya pembagian tugas. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan acara apa saja yang ada dalam bridal shower. Planner yang sudah ditunjuk bisa menetapkan tugas serta peran pada setiap pihak yang terlibat. Jaga komunikasi kepada semua pihak secara terbuka agar tidak ada miskomunikasi. Jangan lupa juga untuk menetapkan anggaran agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

Nah, itulah informasi lengkap seputar bridal shower. Gimana, kalian tertarik untuk mengadakan acara ini?

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *