Tanggal:02 May 2024
Teamwork adalah

Yuk, Kenali Teamwork dan Pentingnya dalam Dunia Kerja!

Dalam dunia kerja, tentunya kamu harus menguasai banyak skill. Teamwork adalah salah satunya. Ketika kamu membaca sebuah lowongan kerja ataupun sedang  melamar pekerjaan, sering kali kualifikasi  yang disebutkan adalah memiliki kemampuan teamwork.

Kursus online belajar grammar vocasia

Nah, sebenarnya apa sih teamwork itu? Apa pentingnya skill ini hingga sering menjadi salah satu kualifikasi bagi calon pekerja? Artikel ini akan membahas tentang teamwork secara mendetail. Selamat membaca hingga akhir!

Baca Juga | Definisi Partnership Beserta Cara Kerjanya, Yuk Simak!

Pengertian Teamwork

Teamwork adalah

Ilustrasi teamwork (freepik)

Teamwork atau kerja tim adalah upaya kolaborasi suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama dengan cara yang paling efektif dan efisien. Dalam teamwork diperlukan kontribusi terbaik dari setiap anggotanya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan guna mencapai tujuan bersama.

Teamwork dikategorikan sebagai soft skill. Sebenarnya kita sudah tidak asing dengan skill yang satu ini. Sejak di bangku sekolah maupun kuliah, kita sering mempraktikkan skill teamwork dalam kerja kelompok, bukan? Dan ternyata skill tersebut masih dibutuhkan hingga ke dunia pekerjaan, lho.

Dalam dunia kerja, bukan hanya hard skill saja yang diperlukan. Soft skill juga perlu kamu miliki. Baik hard skill maupun soft skill, keduanya memiliki peran yang sama pentingnya. Keduanya harus balance dan wajib untuk kamu kuasai.

Baca Juga | Mengenal Teknik Pomodoro, Solusi Tepat Manajemen Waktu!

Apakah Teamwork itu Penting?

Iya, teamwork merupakan salah satu aspek yang penting dalam dunia kerja. Berikut alasannya:

1. Pekerjaan akan terlaksana lebih efektif

Dikutip dari zippia.com, seseorang yang bekerja dalam tim, 50% lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan, lho. Kita semua tahu bahwa pekerjaan akan terasa ringan apabila dikerjakan secara bersama-sama. Pembagian kerja dalam teamwork tentunya akan sedikit meringankan tekanan beban yang kita rasakan. Tugas yang besar dan berat pastinya membutuhkan beberapa orang untuk menyelesaikannya secara lebih cepat.

Baca Juga | Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

2. Menciptakan ide yang lebih banyak

Dalam menemukan suatu ide tentunya membutuhkan waktu. Ide tidak serta-merta ada dalam sekejap. Adakalanya kamu akan menemui fase kehabisan ide. Dengan menerapkan kerja tim, kamu bisa saling berdiskusi dan bertukar pendapat dengan rekan kerja lainnya. Hal itu akan memunculkan beragam ide baru ataupun pengembangan terhadap ide yang sudah ada sebelumnya. Sehingga, kamu tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu lagi untuk memikirkan suatu ide.

Baca Juga | Yuk Mengenal Apa Itu Journaling Dan 11+ Manfaatnya Untuk Kita

3.  Saling mendukung dan mengandalkan satu sama lain

Tentunya kita tak pernah luput dari masalah. Di dunia kerja, mungkin kita akan menemui hari-hari yang terasa begitu berat. Faktornya pun beragam, seperti stres  akibat beban pekerjaan yang semakin berat, dimarahi oleh atasan maupun klien, dan lain-lain.

Dengan kerja tim, setidaknya kamu bisa mencurahkan uneg-uneg tersebut ke rekan-rekan kerja. Mereka juga tentunya akan memberimu dukungan dan bisa diandalkan untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan. Semangat dan support dari rekanmu tentu sangat berharga.

Baca juga | Kenali Burnout beserta Gejala dan Cara Mengatasinya!

4. Meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah

Setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda. Dengan kerja tim, masalah yang ditemui dalam perusahaanmu akan cepat teratasi. Mengapa? Sebab, keberagaman sudut pandang dan pola pikir setiap anggota tim akan menciptakan satu jalan keluar yang terbaik.

Skill dalam Teamwork

Teamwork adalah

Ilustrasi teamwork (freepik)

Dalam praktik kerja tim, ada beberapa skill yang harus kamu kuasai. Berikut di antaranya:

1. Komunikasi

Dalam teamwork, kemampuan komunikasi adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap anggota tim. Komunikasi yang baik akan meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja. Tidak hanya komunikasi secara lisan, tetapi secara tulisan juga harus dikuasai tiap anggota. Komunikasi adalah kunci agar kerja sama dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya miskomunikasi atau salah paham. Dengan komunikasi yang baik, kamu dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan baik pula.

Baca Juga | Public Relation: Pengertian, Tugas, Dan Fungsinya

2. Kejujuran

Kejujuran adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Tidak terkecuali dalam kerja tim. Setiap anggota tim harus jujur dalam menjalankan pekerjaannya. Selain itu, tiap anggota juga harus jujur dengan perasaan yang  dialami dalam kerja tim tersebut. Contohnya seperti jujur ketika merasakan ketidaknyamanan dan mendiskusikannya secara transparan. Apa pun yang terjadi harus dikomunikasikan dengan rekan tim sejujur-jujurnya agar semuanya jelas.

3. Empati

Setiap anggota tim harus memiliki empati. Empati merupakan kemampuan untuk memahami perasaan orang lain. Dengan saling memahami satu sama lain, tiap anggota akan membangun keharmonisan dalam tim. Selain itu, kondisi tim yang kondusif akan membuat kerja semakin produktif.

4. Toleransi dan saling menghormati

Dalam teamwork dibutuhkan sikap toleransi dan saling menghormati. Hal itu dilakukan agar hubungan baik tetap terjaga dan terhindar dari konflik. Perbedaan pendapat akan selalu ada dalam kerja tim. Maka dari itu, kamu harus menghargai perbedaan pendapat yang ada. Jika tidak sependapat dengan opini rekanmu, kamu bisa menyampaikan secara baik-baik dan tetap menghargainya.

5. Pendengar yang baik

Dalam sebuah diskusi tentunya ada komunikasi dua arah. Tiap anggota tidak hanya mengutarakan pendapat, tetapi harus mendengarkan pendapat dari anggota lainnya. Kamu harus  memahami dan fokus akan informasi yang disampaikan dengan baik. Dengan begitu, kamu juga akan terhindar dari miskomunikasi sekaligus membangun hubungan yang baik dengan rekan kerjamu.

Nah, itu dia penjelasan tentang teamwork. Tentunya sekarang kamu jadi paham bahwa kemampuan teamwork sangat penting untuk dimiliki. Sebab, skill ini sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Yuk, mulai sekarang asah hard maupun soft skill kamu!

Bingung cara mengasahnya seperti apa dan di mana? Kamu bisa mengikuti beragam kursus di Vocasia, lho. Kursus-kursus di Vocasia didampingi oleh instruktur andal di bidangnya. Selain itu, harganya terjangkau dan bisa diakses selamanya! Kamu bisa memilih kursusnya di sini.

Baca Juga | Terjebak Menjadi Generasi Sandwich? Ini Cara Memutus Rantainya!

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *