Tanggal:25 May 2024
intrapersonal skill adalah

Intrapersonal Skill: Cara Mengasah dan Pentingnya untuk Karier

Kamu bercita-cita untuk menjadi pemimpin yang hebat? Sudahkah kamu mengembangkan intrapersonal skill diri kamu? Intrapersonal skill adalah kemampuan yang wajib kamu kembangkan guna menjadi pemimpin yang bijaksana. Apa itu intrapersonal skill? Yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Intrapersonal Skill

Pengertian Intrapersonal Skill

Intrapersonal skill adalah kemampuan yang meliputi aspek kesadaran, introspeksi, dan refleksi diri yang dapat ditingkatkan oleh mereka yang konsisten melakukannya. Kemampuan intrapersonal wajib dimiliki oleh para pemimpin masa depan karena tidak ada pemimpin yang bisa sukses tanpa menguasai keterampilan ini. Intrapersonal skill juga merupakan pondasi membangun hubungan dengan orang lain. Pada intinya, intrapersonal skill adalah tentang bagaimana seseorang memiliki kesadaran diri dan mengendalikan sikap internal.

Ada berbagai bentuk kompetensi intrapersonal skill, di antaranya adalah:

  • Keingintahuan
  • Pola pikir luas
  • Fleksibilitas
  • Karakter yang kuat
  • Ketekunan

Baca juga: 

Cara Mengasah Intrapersonal Skill

Bagaimana cara mengasah intrapersonal skill? Kamu bisa ikuti beberapa tips berikut!

1. Meluangkan Waktu untuk Refleksi Diri

Cara pertama mengasah intrapersonal skill adalah meluangkan waktu untuk refleksi diri. Dengan melakukan refleksi diri, kamu dapat memahami kebiasaan mana yang baik dan benar untuk untuk produktivitas serta kebiasaan mana yang menjadi tantangan dalam bekerja sehari-hari. Apabila kamu berhasil mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan tersebut, niscaya kamu bisa menentukan bagaimana cara untuk mempertahankan hal yang positif dan memperbaiki hal yang negatif terkait hubungan dengan orang lain serta bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menulis Jurnal

Menurut Healthline, menulis jurnal adalah salah satu cara untuk meningkatkan intrapersonal skill. Menulis jurnal akan sangat membantu kamu mencatat secara nyata tentang perasaan yang kamu alami setiap hari. Selain itu, kamu juga dapat mencatat pengalaman dan evaluasi terhadap diri sendiri.

3. Memberikan Energi Positif pada Diri Sendiri

Memberikan energi positif pada diri sendiri dinilai sangat ampuh oleh berbagai kalangan. Berbicara pada diri sendiri ternyata sangat penting karena dapat memberikan semangat positif dan meningkatkan kepercayaan serta keteguhan diri dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Saat menyemangati diri sendiri, kamu juga harus melatih keyakinan diri untuk mau dan mampu bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu perbuat tanpa menyalahkan diri sendiri secaa berlebihan.

4. Konsultasi dengan Pakar Ahli

Berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya, misalnya terapis psikologis, adalah cara yang tepat untuk meningkatkan intrapersonal skill. Selama konsultasi kamu dapat mencurahkan perasaan memiliki masalah dalam mengelola emosi juga bersikap terhadap orang lain serta segala hal yang kamu hadapi sehari-hari. Terapis psikologis dapat membantu kamu dalam meningkatkan kesadaran diri ketika dihadapkan dengan situasi-situasi yang sulit dan harus dilalui prosesnya, khususnya saat bekerja.

5. Belajar Menempatkan Diri di Posisi Orang Lain

Salah satu tanda lemahnya intrapersonal skill seseorang adalah tidak memiliki rasa empati kepada orang lain. Rasa empati memang tidak mudah untuk ditumbuhkan. Namun, kamu bisa mengawali proses ini dengan mencoba menempatkan diri di posisi orang lain. Hal ini bertujuan agar kamu dapat lebih memahami alasan orang lain melakukan tindakan tertentu terhadap diri kamu. Setiap kejadian pasti ada latar belakangnya.

Baca juga: 

Pentingnya Intrapersonal Skill untuk Karier

Di dunia kerja, selain intellectual intelligence, intrapersonal intelligence juga sangat vital untuk diasah. Tanpa intrapersonal skill yang cukup matang, seseorang akan kesulitan menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan kerja dan menghadapi kejadian tidak terduga dalam hidupnya. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa intrapersonal skill adalah salah satu kunci sukses dalam berkarier. Memiliki intrapersonal skill mendorong seseorang untuk mampu bertanggung jawab atas emosi dan sikapnya yang lebih baik dari rata-rata. Dengan begitu, kehidupan kantor tidak akan terasa menegangkan dan proses pengembangan diri juga dapat berjalan secara optimal.

Baca juga: 

Cara Membangun Komunikasi yang Efektif di Dunia Kerja

Cara Membangun Komunikasi

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa komunikasi adalah kebutuhan dasar manusia dalam bekerja. Cara berkomunikasi dengan atasan tentu berbeda dengan rekan kerja. Tidak jarang orang-orang menyepelekan cara berkomunikasi yang ternyata berdampak buruk terhadap karier lho! Ayo cegah hal-hal yang tidak diinginkan saat berkomunikasi bersama Vocasia!

Vocasia punya penawaran kursus tentang manfaat komunikasi bisnis, bentuk komunikasi, serta hambatan komunikasi di dunia kerja dan bagaimana mengatasinya. Program ini menggunakan metode Self-paced Learning. Keren banget! Selama gadget dan akses internet tersedia, kamu bisa mengikuti kursusnya di mana saja, kapan saja, beli sekali akses seumur hidup, dan bersertifikat lagi! Jangan ragu, segera kunjungan kursusnya: Membangun Komunikasi yang Efektif di Dunia Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *