Tanggal:02 May 2024

Pengertian dan Fungsi Komputer Client

Bagi kamu yang bergelut dalam dunia IT, mungkin cukup familiar dengan istilah komputer client. Yap, berbicara mengenai jaringan komputer, pasti tak lekang lagi dari komputer server dan client. Komputer server sendiri digunakan sebagai sistem pusat yang melayani dan mengelola komputer client.

Baca juga: Komputer Server: Pengertian, Fungsi, dan Spesifikasinya

Lalu apa yang dimaksud dengan komputer client dan fungsinya pada jaringan komputer tersebut?

Nah, bagi kamu yang belum familiar dengan jaringan komputer dan bahkan belum pernah mengutak-ngatiknya, mungkin kurang paham dengan istilah komputer client ini. Oleh sebab itu, dalam pembahasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan secara lengkap tentang pengertian komputer client beserta fungsinya. Yuk, disimak!

KOMPUTER CLIENT ADALAH

source: freepik

Pengertian komputer client

Komputer client sendiri sering dikenal sebagai workstation. Sementara itu, pengertian komputer client adalah komputer yang digunakan untuk mengakses layanan yang disediakan oleh komputer server. Layanan tersebut bisa berupa data, file, gambar, printer, maupun yang lainnya. Oleh karena itu, komputer client perlu dilengkapi dengan berbagai aplikasi dari komputer server untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi dan data.

Biasanya, dalam sebuah jaringan komputer terdapat lebih dari satu komputer client atau menyesuaikan dengan jumlah pengguna yang ada dalam sebuah perusahaan atau instansi. Sedangkan, pada kualitas penggunaan hardware dari komputer client tidak setinggi kualitas yang dimiliki oleh komputer server. Hal tersebut terjadi karena beban kerja dari komputer client tidak seberat dari komputer server.

Dari pengertian komputer client di atas, dapat disimpulkan bahwa kumpulan dari komputer client adalah bagian dari suatu komputer server. Sedangkan, jumlah dari komputer client sendiri ditentukan dari jumlah penggunanya.

Fungsi komputer client

Sesuai dengan penjelasan mengenai pengertian komputer client di atas, adapun beberapa fungsi komputer client, antara lain:

1. Untuk mengakses data dan informasi yang disediakan oleh komputer server

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kumpulan dari komputer client adalah bagian komputer server. Pasalnya, komputer server berfungsi sebagai titik pusat di sebuah jaringan komputer. Sehingga, fungsi dari setiap komputer client adalah untuk mengakses data dan informasi yang diberikan dari komputer server.

Sesuai dengan fungsinya, setiap komputer client juga memiliki hak akses tertentu yang berguna untuk mengisi layanan yang diperlukan. Dengan kata lain, setiap komputer client memiliki peran untuk memberikan akses kepada pengguna karena segala sistem pusatnya dikerahkan di komputer server, serta tidak dibebani dengan pengolahan maupun tugas-tugas lainnya.

Baca juga: Apa itu Server? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

2. Sebagai komputer kerja

Selain digunakan untuk mengakses data dan informasi yang diberikan oleh komputer server, komputer client juga berfungsi sebagai komputer kerja. Sehingga, pengguna selain bisa mengakses data dari server, tetapi juga bisa mengakses data dari komputer client lainnya tanpa melalui peran komputer server.

Sebagai contoh ketika kamu bisa saling berbagi data antar sesama komputer client dalam jaringan komputer yang sama tanpa melalui peran komputer server.

3. Sebagai administrator

Fungsi komputer client yang selanjutnya adalah ia diperlukan sebagai satu sistem keamanan maupun administrasi di suatu perusahaan atau instansi tertentu. Hal tersebut karena komputer client mudah untuk dimonitor serta dibatasi aksesnya.

Dalam hal ini, komputer client bisa digunakan oleh siapa saja. Akan tetapi, mereka memiliki batas akses penggunaan tergantung dari pengelola di komputer server. Untuk itu, komputer client tidak dapat beroperasi di luar ketentuan yang telah ditetapkan oleh komputer server.

Bisa disimpulkan bahwa penggunaan komputer client memungkinkan kamu untuk menjadi administrator komputer-komputer lain sesuai dengan hak akses yang diberikan dari komputer server.

Itu dia pembahasan mengenai pengertian dan fungsi komputer client. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Baca juga: Yuk, Ketahui Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client!

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *