Tanggal:26 April 2024

Yuk, Ketahui Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client!

Sekarang ini sudah banyak kecanggihan teknologi yang bisa kamu rasakan. Kamu bisa secara langsung menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya pemanfaatan teknologi komputer. Komputer server adalah perangkat jaringan yang utama. Sedangkan komputer client adalah sebuah komputer dengan fungsi untuk meminta ataupun me-request data tertentu. Misalnya, meminta berupa file, aplikasi, resource untuk penggunaan memori, hard disk, maupun printer dari komputer server. Client server adalah perangkat komputer yang saling terhubung atau terkoneksi antar satu sama lain melalui sebuah jaringan. Keduanya saling terhubung dan saling bahu-membahu memudahkan penggunaan sebuah komputer.

Bisa dikatakan, komputer server ini ialah sebuah pusat atau titik tengah yang merupakan bagian penting dan harus ada di dalam sebuah jaringan. Server merupakan jantungnya sebuah jaringan komputer yang menjadi letak pusat data. Saat data disebarkan di dalam sebuah jaringan, hal inilah yang membuat client saling berhubungan. Sedangkan komputer client bisa dikatakan ialah sebuah perangkat komputer yang meminta sebuah layanan tertentu ke suatu server yang ada di dalam sebuah jaringan komputer. Komputer server sebagai pusat jaringan dan komputer client sebagai alat penggerak atau peminta sebuah layanan. Client pun dapat terhubung dengan server secara lebih mudah.

 Jenis-Jenis Server :

1. Server Web

Server web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol) server. Dalam hal ini contohnya adalah Mail Server.

2. Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language).

3. Server Database

Server database ialah perangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server aplikasi. Untuk membuat aplikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya Ms Access, SQL Server, Oracle, atau MySQL.

Fungsi Komputer Server 

1. Pusat dari sebuah jaringan pada komputer

Ilustrasi Jaringan (pexels)

Fungsi atau kegunaan dari komputer server yang pertama adalah komputer server menjadi sebuah titik pusat sebuah jaringan komputer. Maksudnya adalah komputer server nantinya akan terhubung dengan komputer client sehingga dapat mengirimkan data yang dibutuhkan oleh komputer client. Data-data yang terdapat dalam komputer client sendiri berasal dari pusatnya yaitu komputer server. Dalam hal ini, komputer server dapat dikatakan sebagai pusat jaringan dalam menyediakan data-data yang dibutuhkan client.

2. Menyediakan akses data ke komputer client

Client server adalah

Ilustrasi Akses Data (pexels)

Fungsi dari komputer server yang berikutnya adalah dapat menyediakan akses data ke komputer client. Komputer client bisa mengakses semua data yang ada di dalam komputer server. Hal tersebut bisa terjadi karena komputer client sendiri sudah terhubung ke dalam komputer server yang menyediakan akses data untuk komputer client. Sehingga komputer client dapat dengan mudah terhubung dan meminta layanan apa pun sesuai kehendak client yang membutuhkan data.

3. Bertugas melayani permintaan dari komputer client

Client server adalah

Ilustrasi Meminta Layanan (pexels)

Fungsi lain dari komputer server berikutnya adalah bertugas untuk melayani permintaan yang berasal dari komputer client. Salah satu fungsi yang ada dari sebuah komputer server itu sendiri juga untuk melayani permintaan yang sejatinya berasal dari komputer client. Permintaan dari komputer client ini sendiri bisa berupa file, data, aplikasi, dan sebagainya. Komputer server harus mampu tanggap dan cepat saat melayani data-data yang dibutuhkan komputer client. Hal ini dikarenakan komputer client sebagai jembatan sebuah data diluncurkan.

Fungsi Komputer Client 

1. Mengakses data yang disediakan komputer server

Ilustrasi Akses Data (pexels)

Komputer client berfungsi untuk mengakses data dari komputer server. Seperti yang kamu ketahui bahwa mengakses data dan informasi yang disediakan oleh komputer server merupakan fungsi utama dari komputer client. Setiap client memiliki hak akses tertentu untuk mengakses layanan yang dibutuhkan di dalam sebuah jaringan komputer. Seperti halnya email server, aplikasi, maupun data tertentu sesuai kebutuhan client. Komputer client mampu untuk memberikan akses tercepat karena segala sistemnya hanya dilakukan oleh satu komputer pusat atau server. Sehingga, komputer client pun menjadi tidak terbebani dengan pengolahan ataupun tugas-tugas lainnya. Secara sederhananya, fungsi komputer client tidak dapat melakukan tugas yang sama dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga : Apa itu Jaringan Komputer? Kenali Jenis dan Manfaatnya!

2. Sebagai komputer kerja

Ilustrasi Komputer Kerja (pexels)

Komputer client juga dapat digunakan untuk komputer kerja di luar layanan yang ditawarkan oleh server. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah selain mengakses data yang ada pada server, kamu juga bisa mengakses data yang ada pada komputer client lainnya tanpa melalui komputer server. Contohnya adalah kamu bisa saling sharing data antar sesama komputer client di dalam jaringan tanpa harus melalui komputer server. Hal ini dapat dilakukan tanpa menggunakan data atau meminta layanan pada komputer server.

3. Sebagai Administrator

Client server adalah

Ilustrasi Administrator (pexels)

Fungsi komputer client lainnya yaitu digunakan sebagai salah satu sistem keamanan ataupun administrasi pada perusahaan. Komputer client dapat dengan mudah kamu monitor dan batasi aksesnya. Selain itu, komputer client bisa digunakan oleh siapa saja. Namun, orang lain hanya memiliki beberapa akses penggunaan yang bergantung pada pihak pengelola server. Sehingga, komputer client tidak akan beroperasi diluar prosedur yang telah ditetapkan. Melalui penggunaan komputer client, kamu bisa menjadi administrator bagi komputer lain dalam sebuah jaringan sesuai dengan hak akses yang diberikan oleh komputer server.

Nah, itu dia perbedaan seputar komputer server dan komputer client. Perbedaan utamanya adalah sebagai pusat server dan pusat akses data atau layanan yang dibutuhkan. Kamu bisa lebih memahaminya dengan melihat fungsi-fungsi dari perangkat komputer tersebut. Client server pun dapat terhubung dan memenuhi setiap layanan dari kerja sama yang tercipta dengan baik antara komputer server dan komputer client. Semoga bisa membantu menambah pemahaman kamu, ya!

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *