Tanggal:27 April 2024

Komputer Server: Pengertian, Fungsi, dan Spesifikasinya

Kecanggihan teknologi tentu membuatmu merasakan banyak manfaat. Kamu bisa menggunakan teknologi untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Seperti halnya sekolah, bekerja, mencari hiburan hingga berkomunikasi melalui pesan elektronik.

Kamu pun perlu mengenal lebih dalam tentang komputer server agar lebih paham. Komputer server adalah sebuah perangkat dan program yang berguna untuk mengelola paket sumber daya jaringan. Dalam hal ini komputer server memiliki istilah sebagai pusat jaringan komputer yang digunakan untuk menggerakkan sumber daya lainnya. Misalnya sebagai penggerak dalam memberikan layanan melalui penggunaan komputer client.

Perangkat komputer server mampu membagi dan menjalankan tugas masing – masing sesuai dengan fungsionalitas dan kebutuhan sumber daya yang ada. Peran utama dari penggunaan server adalah untuk mengelola segala aktivitas jaringan yang berguna dalam membantu proses bisnis maupun pekerjaan dari sebuah perusahaan, organisasi, serta instansi. Kamu bisa mengelola jaringan secara terarah dan mampu berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan melalui penggunaan komputer server ini. Seluruh jaringan dapat berjalan dengan baik dalam satu wadah perangkat.

Fungsi Komputer Server

1. Menyediakan resource untuk client

Ilustrasi Penyediaan Resource (pexels)

Fungsi yang pertama tentunya menyediakan sebuah resource atau kebutuhan dari layanan yang dibutuhkan oleh klien. Terkait dengan resource support, terdiri dari kebutuhan untuk software dan hardware. Komputer server harus mampu mengelola seluruh jaringan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jaringan tersebut yang akan menghubungkan layanan satu dengan layanan lain sesuai kebutuhan klien. Kamu bisa mengatur jaringan sesuai dengan kebutuhan sumber daya layanan melalui komputer client sebagai alat penggerak server utama.

2. Menyimpan file dari client

Ilustrasi Pusat Data (pexels)

Fungsi yang kedua yakni mampu untuk menyimpan file dari client. File tersebut juga dan diakses secara bersamaan menggunakan file sharing. Data yang telah tersimpan melalui komputer sharing mempunyai pengaturan backup file dan anti malware. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya virus, spam, atau trash dari internet. Kamu bisa menyimpan sebuah file yang terintegrasi melalui penggunaan server di dalamnya. Dan kamu juga bisa melakukan berbagi sebuah file melalui server tersebut. Tentu penggunaan komputer server sangat efektif dan efesien. 

3. Melayani permintaan dari komputer client

Ilustrasi Melayani Permintaan Melalui Komputer Client (pexels)

Komputer server juga melayani permintaan atas layanan yang digunakan oleh pengguna. Oleh sebab itu, komputer harus memiliki fitur dan sumber daya yang mendukung kebutuhan dari pengguna atau client. Server yang menjadi pusat data digunakan untuk melayani setiap permintaan dari komputer client. Kamu sebagai pengguna dapat meminta sebuah data ataupun aplikasi melalui komputer server. Komputer server pun akan membantu dan memberikan data sesuai yang kamu butuhkan. 

4. Bertanggung jawab dalam konfigurasi data

Ilustrasi Konfigurasi Data (pexels)

Segala jenis data atau informasi dapat disimpan di dalam sebuah komputer server. Untuk keamanan data, setiap komputer server memiliki keamanan yang sangat baik untuk mencegah dari terjadinya kasus hacking atau cracking. Hal ini  berkaitan dengan pencurian data pengguna yang terjadi secara ilegal. Namun, komputer server dinilai memiliki keamanan yang cukup dalam hal konfigurasi data. Kamu dapat menggunakannya secara aman dan nyaman dalam menyimpan data apapun didalamnya.

5. Mampu untuk mengatur hak akses level pada jaringan

Ilustrasi Pengaturan Hak Akses (pexels)

Fungsi yang terakhir adalah memiliki kemampuan untuk mengatur setiap hak akses pengguna atau client dalam menggunakan sebuah komputer server. Untuk setiap level atau tingkatan mempunyai bobot tugas yang berbeda–beda. Hal tersebut sangat memudahkan dalam proses manajemen dan pengelolaan data yang dikerjakan secara berkelompok. Kamu dapat memanfaatkan fitur berbagai file untuk mendapatkan hak akses melalui sebuah server tertentu. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mengerjakan sebuah data dalam file tersebut melalui bantuan server yang terintergrasi.

Spesifikasi Komputer Server

1. Processor

Spesifikasi pertama yang perlu kamu perhatikan adalah prosesor. Saat ini terdapat dua pabrikan pengembang processor terbesar di dunia, yakni Intel dan AMD. Kedua brand ini pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, bagi sebagian besar pengguna lebih memilih untuk menggunakan CPU dari Intel dari pada AMD. Hal ini dilihat dari sudut pandang performance Intel mempunyai kinerja yang lebih cepat. Prosesor dari Intel memiliki kemampuan dalam membaca data lebih cepat dari memory. Kamu pun bisa membandingkan keduanya secara langsung.

2. Storage 

Kamu juga harus mempertimbangkan perangkat penyimpanan untuk server. Tentunya terkait dengan jenis perangkat dan kapasitas penyimpanan yang dimiliki. Terdapat dua jenis penyimpanan dari sebuah storage, yaitu HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive). Kapasitas penyimpanan dinilai sangat mempengaruhi performa sebuah komputer server. Saat kamu bekerja di sebuah perusahaan, biasanya menggunakan storage dengan alokasi penyimpanan yang besar. Tentu saja hal itu karena perusahaan membutuhkan tempat untuk menyimpan berbagai data dalam jumlah yang besar juga.

Baca Lebih Banyak : Fungsi ROM pada Komputer

3. RAM (Random Access Memory)

Penggunaan RAM sangat berpengaruh untuk memproses aplikasi maupun sistem dalam perangkat komputer. Menjalankan RAM sendiri tidak membutuhkan kapasitas yang besar dalam mengoperasikan OS (Operating System) pada Windows Server versi terbaru. Namun, saat kamu ingin menjalankan web server tentunya harus menyediakan alokasi memori yang memadai untuk menjalankan berbagai program di dalamnya. Kapasitas RAM 2GB dinilai cukup. Namun saat kamu ingin mengembangkan jaringan lokal, tentu harus memiliki RAM dengan jumlah yang besar seperti 8GB, ya. Hal ini untuk menunjang performa agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga :

Apa Itu Database Server & Untuk Apa Digunakan?

Mengenal DHCP Server: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

Apa Itu Server? Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya

Apa Itu Hosting Control Panel?

Nah, itu dia penjelasan mengenai komputer server. Kamu bisa mempelajarinya mulai dari pengertian, fungsi, hingga spesifikasi yang dibutuhkan. Hal ini tentu saja untuk menunjang performa di dalamnya. Kamu pun dapat mengoperasikan berbagai hal menjadi lebih mudah. Adanya spesifikasi yang baik sangat mampu menunjang hasil yang kamu inginkan. Seperti halnya berkaitan dengan kecepatan akses maupun hasil dari pelayanan sebuah aplikasi.

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *