Tanggal:05 May 2024
loyalty program adalah

Loyalty Program: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kepuasan dan kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan adalah kunci sukses untuk mengembangkan perusahaan. Tanpa kehadiran pelanggan, perusahaan tidak akan mampu menghasilkan keuntungan atas bisnis yang dijalankan. Namun, memiliki pelanggan bukan hanya tentang keuntungan tetapi juga kritikan.

Kritik adalah ungkapan ketidakpuasan pelanggan terhadap kinerja perusahaan, baik terhadap produk maupun layanannya. Berdasarkan kritik inilah perusahaan kemudian dapat melakukan perbaikan dan peningkatan mutu. Oleh karena itu, perusahaan tidak boleh sampai kehilangan pelanggan agar operasionalisasi bisnis mereka dapat terus berjalan dan mengarah pada peningkatan. Tidak heran perusahaan selalu mencari ide-ide unik untuk bisa mempertahankan pelanggan mereka.

Salah satu metode yang kerap diterapkan adalah loyalty program. Loyalty program adalah penghargaan atau kemudahaan yang diberikan oleh perusahaan agar pelanggan mereka tetap setia dalam waktu yang lama. Apakah loyalty program cukup efektif? Lalu, apa contoh pemberian loyalty kepada pelanggan? Simak selengkapnya bersama Vocasia di pembahasan berikut!

Pengertian Loyalty Program

loyalty program adalah

Loyalty program adalah salah satu upaya untuk menjalin relasi dengan pelanggan. Perusahaan dapat memberikan sejumlah keuntungan atau kemudahan dengan tujuan menjaga pelanggan agar tetap setia menggunakan produk atau layanan perusahaan secara terus-menerus. Loyalty program didesain untuk menarik hati pelanggan dan mendorong konsumen agar tetap melakukan interaksi dengan perusahaan.

Alasan utama perusahaan membuat loyalty program adalah agar dapat mempertahankan bisnis dalam kurun waktu yang lama. Maka dari itu, loyalty program harus dirancang semenarik mungkin agar pelanggan merasakan adanya keuntungan yang bisa mereka dapat. Tujuan diadakannya loyalty program bukan hanya untuk mempertahankan pelanggan lama tetapi juga menjerat pelanggan baru. Tawaran loyalty program yang dipandang menguntungkan bagaikan magnet yang menarik pelanggan baru untuk menjadi pelanggan setia.

Baca juga: Mengenal Serba-Serbi Perilaku Konsumen

Jenis dan Contoh Loyalty Program

Dalam penerapannya, ada beberapa jenis loyalty program yang efektif dilakukan untuk menarik minat pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis dan contoh loyalty program yang patut untuk dicoba.

1. Loyalty Point

Dalam loyalty point, pelanggan dapat mengumpulkan poin yang kemudian bisa ditukarkan untuk mendapatkan hadiah dari perusahaan. Cara kerjanya sangat sederhana, pelanggan yang melakukan kegiatan transaksi dalam jumlah tertentu akan mendapatkan poin. Pelanggan dapat melakukan transaksi berulang kali untuk mengumpulkan poin dalam jumlah yang cukup. Poin yang sudah terkumpul kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah menarik yang disediakan oleh perusahaan. Hadiah yang disediakan bisa sangat beragam, mulai dari diskon, cashback, voucher, bahkan sampai liburan gratis.

Contoh perusahaan yang menerapkan loyalty point di antaranya:

  • MyTelkomsel daily check-in
  • Starbucks Reward
  • SOCO Points

2. Event Terbatas

Event terbatas, yakni perusahaan memberikan hadiah atau keuntungan kepada pelanggan saat momen spesial atau hari istimewa tertentu. Program ini dapat diikuti oleh umum ataupun hanya pelanggan setia, bergantung pada kebijakan perusahaan. Event terbatas biasanya dijalankan pada periode atau tanggal tertentu, misalnya Hari Valentine, Hari Ibu, dan lainnya. Pada saat itu, perusahaan akan memberikan keuntungan dengan mengadakan diskon besar-besaran, harga promo, gratis pelayanan tambahan, ataupun hadiah lainnya yang menambah ketertarikan pelanggan.

Contoh perusahaan yang menerapkan program event terbatas di antaranya:

  • Shopee flash sale
  • Lazada 12.12

3. Tiered Loyalty

Tiered loyalty adalah program membership di mana pelanggan bisa mendapatkan benefit berdasarkan tingkatan yang dimiliki. Semakin tinggi tingkatan pelanggan, maka semakin beragam dan ekslusif pula hadiah yang bisa didapatkan. Misalnya, pada awal berlangganan seseorang berada di level bronze. Dengan melakukan berbagai macam transaksi, levelnya naik menjadi silver, lalu gold, platinum hingga diamond.

Contoh tiered loyalty di beberapa perusahaan adalah sebagai berikut.

  • Tokopedia loyalty
  • Shopee loyalty
  • Sephora Beauty Insider

4. Paid Loyalty

Paid loyalty program adalah pelanggan mendapat tawaran untuk bergabung sebagai member atau anggota dari komunitas dengan membayar biaya per bulan atau per tahun. Dengan menjadi member, seseorang akan mendapatkan lebih banyak tawaran keuntungan daripada pelanggan non-member. Keuntungan paid loyalty sangat beragam, tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan perusahaan.

Beberapa contoh perusahaan yang mempunyai paid loyalty program adalah sebagai berikut.

  • Clandy’s: harga khusus (lebih murah) untuk segala jenis produk toko bagi pelanggan yang memiliki membership.
  • Amazon Prime: gratis ongkos kirim tidak terbatas dan akses ke layanan streaming serta Prime Day sales.

5. Kemitraan

Dalam program kemitraan, pelanggan mendapatkan kesempatan untuk menjadi partner atau mitra kerja sama dengan perusahaan. Selain itu, pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya, seperti produk gratis, hadiah khusus, harga spesial dan lain-lain. Loyalty program jenis ini dapat ditemui pada perusahaan yang melakukan distribusi barang secara hand to hand.

Jadi, pelanggan mendapatkan keuntungan atas distribusi produk yang mereka lakukan. Contoh perusahaan yang menerapkan loyalty program kemitraan adalah Oriflame. Para member bisa mendapatkan harga produk lebih murah dari harga katalog. Apabila produk tersebut dijual, maka member mendapatkan keuntungan sebesar selisih harga katalog dan harga member.

6. Value Loyalty

Value loyalty adalah program yang bertujuan untuk menjalin hubungan emosional dengan pelanggan. Perusahaan mengajak pelanggan untuk membeli produk karena sekian persen keuntungan yang didapat akan didonasikan ke yayasan amal atau orang-orang yang membutuhkan. Dari program ini, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dan juga salah satu strategi untuk menarik simpati masyarakat.

Contoh perusahaan yang melakukan value loyalty program adalah:

  • TOMS One for One
  • Sephora Beauty Insider Points untuk National Black Justice Coalition

Baca juga: 5 Indikator Kepuasan Konsumen!

Loyality Program: Membangun Keakraban dengan Pelanggan

Membangun Keakraban dengan Pelanggan

Pada intinya, tujuan loyality program adalah membuat pelanggan senang, betah, dan setia untuk tetap mempercayakan pilihan kebutuhannya pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk bisa membangun keakraban dengan pelanggan. Setiap pelanggan tentu memiliki gaya mereka masing-masing dalam berkomunikasi. Jadi, apa yang harus dilakukan oleh perusahaan menanggapi pelanggan yang berbagai macam gaya? Yap, beradaptasi. Yuk temukan gaya komunikasi yang bisa mendekatkan bisnis kamu dengan pelanggan. Jangan sampai pelanggan kamu kabur hanya gara-gara miskomunikasi. Ikuti kelas: Membangun Keakraban Dengan Pelanggan Melalui Penerapan Gaya Komunikasi

Baca juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *