Tanggal:05 May 2024

7 Tips Menulis Essay Beasiswa yang Tepat, Pasti Lolos!

Baca Juga | 5 Momen tepat Ucapkan Selamat dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimat!

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Menulis essay merupakan salah satu diantara sekian syarat yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa untuk bisa mengikuti seleksi penerimaan program beasiswa. Hampir semua program beasiswa mewajibkan calon penerimanya untuk menyusun esai.

Essay adalah tulisan singkat yang berisi kurang dari 1000 kata. Essay juga sering disebut sebagai lembar promosi diri, sebab isi essay memang berfungsi untuk memaparkan kepribadian dari penulisnya. Menitik beratkan pada keinginan terbesar atau target yang sedang diperjuangkan sampai titik darah penghabisan.

Baca Juga | Ingin Jadi Peringkat 1 di Kelas? Ikuti 10 Langkah Berikut!

Lewat essay, penyedia program beasiswa bisa menilai dan menentukan mana calon penerima yang benar-benar potensial. Hal ini tentu penting, sebab penyedia beasiswa tentu berharap ilmu dan gelar pendidikan yang diraih calon penerima beasiswa bisa bermanfaat besar. Maka hanya diberikan kepada mereka yang memiliki tujuan hidup yang besar pula. Sebab itu, menulis essay harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Berikut tips menulis essay yang baik dan benar yang dapat kamu terapkan.

1. Cari info tentang pihak pemberi beasiswa

Baca Juga | Fungsi LinkedIn Untuk Karir? Berikut Penjelasannya!

Tips pertama dalam menulis essay beasiswa adalah mencari tahu asal usul pemberi beasiswa. Untuk menulis sebuah essay yang bagus, kamu harus mengetahui aspek yang diinginkan pemberi beasiswa. Cari tahu asal usul dan latar belakang lembaga pemberi beasiswa, karena setiap lembaga pemberi beasiswa mempunyai tujuan dan spesifikasi masing-masing. Selain itu, kalian bisa mendapatkan gambaran mengenai kriteria apa saja yang mereka inginkan. Hal tersebut juga dapat mempermudah kamu dalam menyusun essay yang akan dikirimkan.

2. Cari topik yang kamu gemari

Baca Juga | 5 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Agar Cepat Mahir!

Tips kedua dalam menulis essay beasiswa yaitu mencari topik yang kamu gemari. Pemilihan topik memiliki dampak besar pada seberapa baik hasil esai yang kamu tulis. Sebab itu, cobalah untuk memilih topik yang benar-benar kamu sukai. Tentunya topic tersebut harus disesuaikan dengan passion dan rencana masa depanmu. Misalnya, kamu tertarik mengambil studi sosiologi, maka hubungkanlah dengan realita di sekitar, seperti apa permasalahan yang sedang hangat, dan bagaimana idemu untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan tersebut. Carilah sumber atau referensi yang mendukung topik yang kamu pilih. Jika menyadur suatu sumber data, jangan lupa untuk mencatat referensinya.

3. Buat essay yang menarik

Baca Juga | Cara Tepat Penggunaan Article A, An, dan The dalam Kalimat Bahasa Inggris

Tips selanjutnya dalam menulis essay beasiswa ialah dengan membuat essay yang menarik. Tulislah essay dengan cara penulisan yang berbeda. Sebutkan sisi unik kalian yang sekiranya relevan dan mempunyai nilai lebih di mata penyeleksi beasiswa. Ceritakan latar belakang, apa yang membuat kalian tertarik dengan beasiswa tersebut, hingga jelaskan hal-hal apa yang akan kalian lakukan setelah berhasil terpilih menjadi penerima beasiswa. Buat dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan keadaan dan kondisi, dan usahakan jangan pernah menyalin, karena hal ini akan membuat kalian langsung tereleminasi. Dengan menuliskan essay secara menarik dan unik maka akan memperbanyak peluang untuk dipertimbangkan oleh pihak dewan juri.

Baca Juga | Macam-macam To Be dalam Bahasa Inggris yang Harus Kamu Ketahui!

4. Gunakan teknik penulisan yang baik & jelas

Baca Juga | Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris British Vs American, Ketahui Perbedaannya!

Menggunakan teknik penulisan yang baik & jelas merupakan salah satu tips dalam menulis essay beasiswa yang perlu kamu terapkan. Dengan menggunakan teknik penulisan yang baik, maka kalian akan lebih dipertimbangkan oleh para dewan juri yang membacanya. Walaupun isi essay yang kalian buat bagus, tapi tidak ditulis dengan kaidah yang baik dan benar maka hasilnya pun kurang maksimal. Selain itu, gunakan bahasa yang jelas dan tidak berbelit-belit. Yang perlu kamu ingat bahwasannya dewan juri tidak hanya menilai essay milik kamu saja, tetapi ada beratus-ratus essay yang harus dinilai juga. Disarankan agar kalian menguasai teknik penulisan semenjak dini, supaya saat kalian mengajukan beasiswa sudah tidak perlu repot dalam menyusun kalimat yang baik.

Baca Juga | 5 Tips untuk Branding Diri di Sosial Media, Ciptakan Aura Positifmu!

5. Hindari typo dan kesalahan grammar

Baca Juga | Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan 5 Cara Ampuh Belajar Grammar untuk Pemula

Tips dalam menulis essay beasiswa selanjutnya sangat penting untuk kamu yang menginginkan beasiswa luar negeri yaitu pastikan untuk menghindari typo dan kesalahan-kesalahan pada penulisan grammar. Sebab, kesalahan penulisan tersebut akan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang ceroboh dan kemampuan bahasa Inggris-mu kurang baik.

Baca Juga | 4 Penggunaan Bare Infinitive Tingkatkan Kemampuan Grammar Bahasa Inggris!

Supaya bisa terhindar dari kesalahan ini, kamu bisa menyiasati dengan melakukan double pengecekan pada tulisan. Kamu bisa mencoba periksa ulang tulisanmu dengan aplikasi cek grammar bahasa Inggris. Selain itu, kamu bisa melakukan proofreading atau meminta bantuan teman untuk memeriksa hasil tulisanmu.

6. Hindari pengerjaan dekat deadline

Baca Juga | 8 Cara Manajemen Waktu yang Baik, Terbukti Ampuh !

Tips keenam dalam menulis essay beasiswa ialah hindari menulis esai saat mendekati waktu deadline tanpa adanya persiapan apa pun. Sebaiknya, saat ingin menulis essay beasiswa adalah untuk mempersiapkan draf penulisan dari jauh-jauh hari. Sebab, menurut laman Going Merry, essay yang ditulis mendekati deadline kualitasnya tidak akan sempurna. Topik pembahasan dirasa kurang memadai dan banyak kesalahan penulisan akibat terburu-buru.

Maka dari itu, selalu sediakan waktu untuk refleksi diri. Pikirkan kembali kualitas terbaikmu dan rancang draf sebaik mungkin. Kamu bisa tiru contoh penulisan essay dari pendaftar yang pernah berhasil mendapatkan beasiswa.

7. Tetap percaya diri

Baca Juga | 5 Tips untuk Percaya Diri di Sekolah! Yuk, Bangun Rasa Pede!

Inilah kunci utama sukses dalam menulis essay adalah tetap percaya diri. Dengan rasa percaya diri akan memudahkan kamu dalam memaparkan gagasan pemikiran dan ide yang kamu miliki.   Selain itu tulislah dengan penuh keyakinan bahwa kalian layak menerima beasiswa tersebut. Tulislah sesuai dengan ketentuan penyelenggara beasiswa, jangan melebih-lebihkan. Jika kamu melebih-lebihkan isi dari essay beasiswa, maka akan menimbulkan kesan bahwa kamu tidak jujur.

Baca Juga | Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

Share

4 Comments

  1. CHINTYA PUTRI AMELIA Reply

    Artikel yang sangat informatif yang dijelaskan dengan singkat, padat dan jelas mengenai tips menulis essay untuk beasiswa. Terima kasih atas tips yang yang penulis berikan. Dari ke-7 point teks tersebut, menurut saya “percaya diri” merupakan hal terpenting dalam menulis essay, karena dengan rasa percaya diri yang dimiliki seseorang, maka akan terasa mudah baginya untuk mengembangkan dan menuangkan isi pikirannya ke dalam sebuah tulisan yang mempunya dengan baik dan benar. Untuk perihal penulisan essay beasiswa luar negeri, dalam penulisan untuk memastikan grammar sudah baik dan benarnya, apakah ada rekomendasi aplikasi ataupun website untuk mengecek grammar yang bagus?

    1. Riska Oktaviani Post author Reply

      Terima kasih kembali. Untuk rekomendasi aplikasi cek grammar, kamu bisa mencoba Grammaly atau Hemingway, ya. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga ya😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *